Waspada, Ini 6 Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan Anak

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Mei 2023

​“Asap rokok dapat berbahaya untuk orang dewasa, apalagi untuk anak-anak yang masih dalam pertumbuhan."

Waspada, Ini 6 Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan AnakWaspada, Ini 6 Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan Anak

Halodoc, Jakarta – Merokok tidak hanya berbahaya untuk dirimu sendiri tetapi juga orang-orang di sekitarmu. Terutama bagi bayi dan anak-anak. Asap rokok mengandung sekitar 4.000 bahan kimia, yang banyak di antaranya termasuk bahan berbahaya. Dari bahan tersebut, kira-kira ada 50 bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker pada orang dewasa.

Bayi dan anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, sehingga asap rokok lebih berbahaya apabila terhirup. Menghirup asap rokok dalam waktu singkat saja dapat membahayakan tubuh bayi dan anak-anak, apalagi jika mereka menghirup dalam jangka waktu yang lama. 

Bukan tidak mungkin anak dapat mengembangkan berbagai macam penyakit, dan kemungkinan terburuknya, kematian pada anak.

Bahaya Asap Rokok bagi Anak

Berikut macam-macam bahaya asap rokok yang dapat mempengaruhi kesehatan anak:

1. Bahaya asap rokok sebabkan asma

Asma terjadi ketika saluran udara kecil di paru-paru mengalami peradangan. Peradangan ini membuat saluran napas menjadi lebih sensitif terhadap pemicu. Ketika si kecil menghirup pemicunya, otot-otot di sekitar saluran napas akan menegang. 

Jika hal ini terjadi, anak lebih sulit bernapas dan alhasil menyebabkan batuk-batuk, mengi, dan sesak dada. Nah, asap rokok adalah salah satu pemicu yang dapat menyebabkan asma kambuh pada anak. Bahan kimia dalam asap rokok meningkatkan frekuensi dan gejala yang lebih parah bagi anak yang mengidap asma.

2. Infeksi saluran pernapasan

Bahaya asap rokok selanjutnya masih seputar masalah pernapasan. Menurut Environmental Protection Agency (EPA) paparan asap rokok meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan bagian bawah, seperti bronkitis dan pneumonia. 

Hal tersebut karena asap rokok dapat merusak pertahanan alami tubuh, dalam melawan bakteri dan virus penyebab pneumonia dan bronkitis. Bayi yang ibunya merokok, 50 persen lebih mungkin terkena infeksi pernapasan selama tahun pertama kehidupannya. 

Risiko ini bisa meningkat jika ibu merokok sambil menggendong bayi atau menyusui. Secara keseluruhan paparan asap rokok sejak dini, kemungkinan besar dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut pada anak.

3. Gangguan kognitif

Jika selama ini bahaya asap rokok sering berkaitan dengan masalah pernapasan, asap rokok juga berdampak bagi kemampuan belajar anak. Alasannya karena asap rokok dapat menyebabkan neurotoksik pada tingkat yang sangat rendah. 

Neurotoksik sendiri merupakan zat yang mengganggu sistem saraf pusat. Lebih dari 21,9 juta anak berisiko kekurangan kemampuan membaca karena menjadi perokok pasif. 

Sementara itu, tingkat paparan asap rokok yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan penurunan kemampuan yang lebih besar dalam mempelajari matematika dan penalaran visuospasial. 

Ibu bisa mengetahui cara meningkatkan kemampuan kognitif anak, dengan mengunjungi laman ini, “Ibu, Begini Cara Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak.”

4. Infeksi telinga bisa menjadi bahaya asap rokok

Infeksi telinga juga merupakan salah satu bahaya asap rokok yang umum terjadi pada anak-anak. Kondisi ini sering dikenal dengan penyakit telinga bagian tengah yang meliputi otitis media akut dan otitis media efusi. 

Penyebabnya, asap rokok yang dihirup dapat mengiritasi tuba eustachius yaitu bagian yang menghubungkan bagian belakang hidung dengan telinga tengah.

Sehingga, menyebabkan pembengkakan dan penyumbatan yang mengganggu pemerataan tekanan di telinga tengah. Alhasil menimbulkan rasa nyeri, kelebihan cairan, dan infeksi.

5. Masalah perilaku

Masalah perilaku akibat paparan asap rokok, dapat terjadi ketika bayi masih dalam kandungan. Ibu hamil yang tidak merokok tetapi menjadi perokok pasif, lebih mungkin melahirkan bayi yang memiliki ADHD dan gangguan perilaku. 

Risiko ini umumnya lebih tinggi pada anak perempuan dibanding anak laki-laki. Namun, di sisi lain, anak laki-laki kemungkinan memiliki masalah perilaku yang lebih besar, seperti hiperaktif, agresi, depresi, dan masalah perilaku lainnya.

6. Sindrom bayi mati mendadak atau SIDS

Bayi yang terpapar asap rokok setelah lahir, lebih berisiko mengalami kematian akibat sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Risiko ini biasanya lebih besar pada bayi yang ibunya merokok selama kehamilan. 

Bahan kimia dalam asap rokok diperkirakan mempengaruhi cara kerja otak sehingga mengganggu pengaturan pernapasan bayi. Bayi yang meninggal karena SIDS memiliki konsentrasi nikotin dan coticine yang lebih tinggi di paru-parunya.  

Itulah berbagai macam bahaya asap rokok yang dapat menyerang anak. Mulai sekarang yuk lindungi anak dari asap rokok, agar kesehatan mereka tetap terjaga.

Nah, apabila ibu masih punya pertanyaan seputar bahaya asap rokok atau pertanyaan mengenai kesehatan anak, ibu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak lewat aplikasi Halodoc. Yuk download Halodoc sekarang, untuk sesi konsultasi yang lebih mudah.  

Referensi:
ANRF. Diakses pada 2023. HEALTH EFFECTS OF SECONDHAND SMOKE ON CHILDREN.
CDC. Diakses pada 2023. Health Problems Caused by Secondhand Smoke.
RaisingChildren.net. Diakses pada 2023. Second-hand and third-hand smoke and vapour: effects on children.
ENT Health. Diakses pada 2023. Secondhand Smoke and Children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan