Tulang Dada Terasa Sakit, Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juli 2021
Tulang Dada Terasa Sakit, Bagaimana Mengatasinya?Tulang Dada Terasa Sakit, Bagaimana Mengatasinya?

“Untuk kondisi nyeri dada yang tidak intens, kamu bisa melakukan pengobatan sederhana, seperti makan almond atau minum susu almond. Mengompres area dada dengan kompres dingin juga bisa membantu mengatasi nyeri dada. Meski begitu, tidak semua nyeri dada bisa ditangani dengan sederhana.”

Halodoc, Jakarta – Tulang dada terasa sakit atau nyeri dada terkadang bisa menjadi gejala masalah jantung, tetapi jantung tidak menjadi satu-satunya penyebab masalah nyeri dada. Ada banyak kemungkinan penyebab nyeri dada lainnya. 

Beberapa di antaranya adalah kondisi serius, tetapi sebagian besar tidak berbahaya. Kamu bisa tahu kondisi nyerimu adalah sesuatu yang serius bila kamu merasakan sensasi tertekan seperti diremas yang terjadi secara tiba-tiba di bawah tulang dada, nyeri menyebar ke rahang, lengan kiri, atau punggung yang disertai sesak napas. Bagaimana cara mengatasi tulang dada yang terasa sakit?

Makan Almond sampai Posisi Berbaring yang Tepat

Untuk kondisi nyeri dada yang tidak intens, kamu bisa melakukan pengobatan sederhana, seperti:

Baca juga: Manfaat Minyak Almond untuk Wajah

1. Makan Almond

Ketika refluks asam menjadi penyebab nyeri dada atau tulang dada terasa sakit, makan beberapa almond atau minum secangkir susu almond dapat membantu. Walaupun belum banyak bukti ilmiah terkait kondisi ini, beberapa orang yang mengalaminya justru merasakan manfaat dari makan almond. 

2. Kompres Dingin 

Penyebab umum nyeri atau dada adalah ketegangan otot. Dalam kasus ini, seseorang dapat mengalami nyeri di dada karena ketegangan dari olahraga, aktivitas lain, atau trauma tumpul. Dalam kasus ini, mengompres dengan kompres dingin adalah metode yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghentikan rasa sakit.

3. Minuman Panas

Minuman panas dapat membantu menghilangkan gas ketika rasa sakit seseorang disebabkan oleh gas atau kembung. Air hangat juga dapat membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa minuman hangat mungkin lebih baik daripada yang lain seperti  teh kembang sepatu ternyata memiliki beberapa manfaat selain membantu mengatasi kembung. Teh kembang sepatu juga dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Manfaat tambahan lainnya adalah dapat membantu mencegah komplikasi jantung.

Baca juga: Inilah Manfaat Minum Air Hangat yang Perlu Diketahui

4. Bawang Putih

Bawang putih diklaim bisa menjadi obat sakit dada, meski belum ada penelitian lebih jelas yang mendukung fakta tersebut. Biasanya, mencampurkan satu atau dua siung bawang putih cincang dengan segelas susu hangat dapat meredakan nyeri dada. Tidak hanya dicampurkan dengan susu hangat, mengunyah bawang putih bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk mengurangi nyeri dada. Penelitian menunjukkan kalau bawang putih dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

Baca juga: Benarkah Bawang Putih Ampuh Mengatasi Hipertensi?

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat rumah lain yang dimaksudkan untuk membantu nyeri dada akibat refluks asam. Tapi perlu diingat kalau cuka sari apel memiliki efek samping. Untuk orang dengan masalah kesehatan tertentu direkomendasikan untuk menghindari cuka sari apel, karena konsumsi cuka sari apel dapat mengencerkan darah.

6. Posisi Berbaring yang Tepat

Saat sakit jantung menyerang, berbaring dengan kepala ditinggikan di atas tubuh dapat memberikan sedikit kelegaan. Posisi sedikit tegak membantu ketika rasa sakit disebabkan oleh refluks.

7. Jahe

Sama halnya dengan herbal lainnya, jahe dipercaya memiliki efek anti inflamasi. Lebih penting lagi, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meringankan masalah perut dan mencegah muntah.

Inilah penanganan rumahan yang bisa dilakukan untuk atasi nyeri dada. Kalau kondisimu serius, kontak Halodoc untuk mendapatkan penanganan profesional. Kalau butuh membeli obat juga bisa dilakukan lewat Halodoc ya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to get rid of chest pain at home.
Healthline. Diakses pada 2021. Why Am I Having Chest Pain?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan