Tips Membuat Para Anjing Tetap Akur di Rumah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 November 2021
Tips Membuat Para Anjing Tetap Akur di RumahTips Membuat Para Anjing Tetap Akur di Rumah

“Memiliki anjing lebih dari satu ekor bukanlah perkara mudah. Selain memastikan kondisi kesehatan fisiknya, kamu juga perlu memastikan anjing tinggal dalam kondisi nyaman dan tidak mengalami konflik. Pastikan kesehatan anjing dengan baik, berikan perhatian dan kasih sayang, serta memahami karakter anjing menjadi beberapa tips agar anjing tetap akur di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Bagi pecinta anjing, memiliki lebih dari satu ekor anjing di rumah bukanlah suatu hal yang mustahil. Meskipun hal ini terlihat menyenangkan, terkadang masalah antar anjing tidak bisa dihindari. Apalagi jika kedua anjing tersebut memiliki sifat bawaan yang berbeda satu dengan yang lain.

Hal ini sebaiknya jangan diabaikan oleh para pemilik anjing. Bukan memicu perkelahian antar anjing, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang meningkatkan risiko anjing menjadi stres. Nah, sebaiknya ketahui beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat para anjing tetap akur di rumah!

Tips Para Anjing Tetap Akur di Rumah

Memiliki anjing peliharaan lebih dari satu ekor tentunya membuat rumah terlihat lebih ceria dan ramai. Namun, merawat anjing lebih dari satu ekor bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu memastikan untuk mempersiapkan perawatan yang baik agar hewan peliharaan dapat terpelihara dengan baik.

Bukan hanya masalah tempat tinggal, kamu juga perlu memastikan anjing dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik. Anjing memiliki sifat bawaan yang berbeda-beda tiap jenisnya, kamu perlu memastikan anjing bisa hidup berdampingan dengan nyaman dan terhindar dari berbagai konflik yang mungkin terjadi.

Berikut ini tips anjing tetap akur di rumah, seperti:

1. Latih Perintah Sederhana

Untuk menghindari konflik antar anjing, kamu harus memastikan para anjing paham dan mampu untuk mengikuti perintah sederhana yang kamu ajarkan, seperti “diam” atau “duduk”. Hal ini membantu kamu saat mengatur dan mengontrol para anjing.

2. Penuhi Kebutuhan Makanan dan Minum Anjing

Jangan lupa untuk memastikan kebutuhan makanan dan minum anjing terpenuhi setiap hari dengan baik. Jika anjing menunjukkan hubungan yang baik dengan anjing lain di rumah, tidak ada salahnya memberikan “treat” yang digemari anjing.

3. Berikan Perhatian yang Cukup dan Adil

Selalu berikan kasih sayang yang adil bagi para anjing kesayangan. Memberikan kasih sayang dan perhatian membuat anjing menurunkan kondisi stres yang dapat memicu konflik antar anjing. 

4. Rutin Olahraga

Kamu bisa mengajak anjing bermain bersama atau mengajaknya berjalan-jalan di sekitar rumah. Dengan rutin mengajak anjing berolahraga, kondisi ini membuat anjing memproduksi hormon endorphin lebih banyak, sehingga anjing akan merasa lebih senang dan nyaman.

5. Pahami Karakter Anjing

Pemilik anjing sebaiknya mengerti karakter masing-masing anjing. Hal ini membuat kamu akan lebih mengerti bagaimana mengatur dan mengelola anjing ketika harus berada di satu ruangan yang sama. 

Selalu pastikan anjing merasa nyaman saat berada di sekitar anjing lain. Ada beberapa ciri yang bisa kamu lihat ketika anjing merasa tidak nyaman berada dekat anjing lain, seperti selalu menggerakan tubuh, menguap, menjilat hidung, terlihat tegang, dan lebih sering menggonggong.

6. Pastikan Anjing Sehat

Memastikan kesehatan anjing dalam kondisi sehat menjadi hal penting untuk meningkatkan kualitas hidup anjing. Pastikan melakukan pemeriksaan kesehatan anjing secara berkala di rumah sakit hewan agar kesehatan para anjing terjaga dengan baik. Dengan begitu, anjing akan hidup lebih nyaman dan mampu memiliki hubungan baik dengan anjing maupun anggota keluarga lainnya.

Itulah tips anjing tetap akur di rumah. Jika para anjing kesayangan mengalami beberapa gangguan kesehatan, sebaiknya jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Pet Helpful. Diakses pada 2021. 7 Easy Ways to Train a Dog to Get Along With Other Dogs.
The Dog People. Diakses pada 2021. 8 Tips to Socialize Your Dog With Other Dogs and Humans.
The Dog People. Diakses pada 2021. An Illustrated Guide to Dog Behavior.
Jet Pet Resort. Diakses pada 2021. The Importance Of Exercising Your Dog and Why Your Dog Needs It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan