Ternyata Mudah, Ini 7 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Agustus 2023

“Bintik-bintik hitam di wajah dapat membuat kepercayaan diri berkurang. Kamu bisa menghilangkannya dengan metode alami, atau perawatan di dokter kulit.”

Ternyata Mudah, Ini 7 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di WajahTernyata Mudah, Ini 7 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

Halodoc, Jakarta – Jika kamu memiliki bintik-bintik di wajah yang mengganggu penampilan, tenang, ada beberapa cara menghilangkan masalah ini. Mulai dari bahan alami yang bisa dicoba di rumah, hingga perawatan medis di dokter. 

Dalam medis, bintik-bintik di wajah ini bernama milia. Kondisi ini seringkali dialami oleh berbagai kelompok usia mulai dari bayi baru lahir, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bintik-bintik di wajah yang bisa kamu coba:

1. Bersihkan Wajah secara Rutin

mencuci wajah

Menjaga kebersihan wajah merupakan langkah pertama dalam mengatasi bintik-bintik di wajah. Pilihlah sabun cuci muka yang lembut dan bebas dari bahan paraben untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 

Proses membersihkan wajah secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran yang tersumbat di pori-pori, membantu mengurangi milia, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

2. Gunakan Uap Air Hangat

Menggunakan uap air hangat adalah cara lain untuk membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah. Uap air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit dengan lembut, membantu melepaskan sel kulit mati dan kotoran yang terjebak di bawahnya. 

Cukup dekatkan wajah kamu ke atas wadah berisi air panas selama beberapa menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan kulit.

3. Lakukan Eksfoliasi Wajah

cara menghilangkan bintik bintik di wajah

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati adalah langkah penting dalam perawatan kulit untuk menghilangkan bintik-bintik di wajah. Metode ini membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang dapat memperburuk kondisi kulit. Pastikan untuk tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering, agar kulit tidak menjadi iritasi.

4. Coba Masker Madu

Masker madu dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki penampilan kulit. Campurkan madu dengan kayu manis, lalu oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. 

Masker madu dapat membantu menyegarkan kulit dan bisa jadi cara efektif menghilangkan bintik-bintik wajah. 

Selain untuk perawatan kulit, madu juga punya banyak manfaat lain untuk kesehatan, cek selengkapnya di sini → 6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Reproduksi

5. Semprotkan Air Mawar

semprot air mawar sebagai cara menghilangkan bintik bintik di wajah

Air mawar memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Semprotkan air mawar pada area yang terdapat bintik-bintik beberapa kali sehari untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan meredakan bintik-bintik yang tidak diinginkan.

6. Gunakan Krim Retinoid

Krim retinoid juga dapat menjadi cara efektif untuk menghilangkan bintik-bintik di wajah. Kandungan retinoid membantu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 

Namun, banyak yang masih keliru bedanya retinoid dan retinol. Kamu bisa cek penjelasannya di sini → Samarkan Tanda Penuaan, Ini Beda Retinol dan Retinoid

7. Cryotherapy

Metode medis seperti cryotherapy dapat menjadi pilihan jika bintik-bintik di wajah kamu tidak merespon metode perawatan lainnya. Adapun, Cryotherapy melibatkan pembekuan bintik-bintik menggunakan nitrogen cair. 

Namun, metode ini dapat menyebabkan efek samping seperti lepuhan atau bengkak, sehingga konsultasi dengan dokter kulit sebelumnya sangat penting.

Itulah beberapa cara menghilangkan bintik-bintik wajah yang kamu coba. Apapun metodenya memang memerlukan kesabaran dan konsistensi. Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter di Halodoc sebelum mencoba metode baru untuk memastikan bahwa langkah yang diambil sesuai dengan kondisi kulit.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Milia: 7 Ways.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How can I get rid of milia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan