Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Peony untuk Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Oktober 2022

“Bunga peony adalah salah satu kandungan yang terdapat pada skincare dengan banyak manfaat pada kulit. Salah satunya adalah mampu menahan kelembapan pada kulit.”

Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Peony untuk Kesehatan KulitTak Hanya Cantik, Ini Manfaat Peony untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Bunga peony adalah salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai dekorasi rumah. Bukan hanya bentuknya yang cantik, ternyata bunga ini juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit, lho.

Bunga ini kaya akan kandungan antioksidan alami yang kerap ditemukan pada formula perawatan kulit. Maka dari itu, penerapan ekstrak dari bunga peony secara rutin untuk mendapatkan berbagai macam manfaatnya.

Berbagai Manfaat Bunga Peony untuk Kesehatan Kulit

1. Membantu Menahan Kelembapan Kulit

Manfaat pertama dari ekstrak bunga peony adalah membantu dalam memperkuat penghalang kulit, yang berguna untuk menjaga kelembapan dan melindungi dari iritasi. 

Saat penghalang kulit tersebut berfungsi dengan maksimal, kulit dapat menahan air dan bahan hidrasi lainnya dengan lebih baik. Sehingga, kulit tetap lembut dan ternutrisi.

2. Menenangkan Kulit

Bunga peony diketahui mengandung paeoniflorin, senyawa kimia yang menenangkan kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan tersebut memiliki kandungan antimikroba dan antijamur, sehingga bermanfaat untuk kulit yang lebih sehat.

3. Antioksidan yang Kuat

Antioksidan sangat penting dalam melindungi kulit dari lingkungan yang dapat memberikan dampak buruk, salah satunya adalah penuaan kulit. 

Zat hasil ekstrak akar peony ini terbukti membantu dalam melindungi kulit dari radikal bebas yang diinduksi UV, atau dikenal juga dengan kerusakan akibat sinar matahari. Maka dari itu, penggunaannya pada kulit dapat meminimalisir risiko alami kulit kusam dan bintik-bintik gelap.

4. Membuat Kulit Lebih Cerah

Bunga peony juga sangat baik dalam menghilangkan sel kulit mati, sehingga mendorong pembentukan sel kulit baru. Hal ini membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat cerah.

Kandungan flavonoid pada bunga ini juga sangat baik dalam melindungi kulit dari sinar UV, caranya dengan meningkatkan jumlah melanin pada sel kulit.

5. Menghambat Penuaan Dini

Ekstrak bunga peony juga mampu menghambat terjadinya penuaan dini pada kulit. Hal ini disebabkan oleh senyawa paeoniflorin yang efeknya mirip dengan vitamin E pada kulit. Sifat antioksidannya sangat baik agar kulit terlihat awet muda.

6. Membantu Penyembuhan Kulit

Sifat menghidrasi dan menyembuhkan dari bunga peony membuatnya kerap digunakan sebagai salah satu kandungan pada krim dan serum. Saat ekstrak bunga ini dicampurkan dengan retinol yang telah disesuaikan, berbagai masalah kulit ringan bisa disembuhkan. Bahkan cocok untuk digunakan setiap hari agar mendapatkan kulit yang mulus.

Itulah berbagai manfaat peony pada kulit yang perlu diketahui. Maka dari itu, ada baiknya untuk memilih produk kecantikan yang mengandung ekstrak dari bunga ini. 

Dengan penerapan secara rutin, tentu berbagai manfaat yang disebutkan sebelumnya bisa didapatkan. Tentu banyak sekali orang yang menginginkan kulit yang halus, lembut, dan bersinar, terutama wanita.

Untuk menggunakan produk kecantikan dengan kandungan bunga peony ini, ada baiknya mengikuti instruksi dari dokter kulit atau petunjuk yang tertera. Jika mengalami efek samping, segera hentikan penggunaannya dan temui dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Nah, kamu bisa lho berinteraksi dengan dokter kulit kapan dan dimana saja melalui aplikasi Halodoc dengan fitur tanya dokter. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
My Kirei. Diakses pada 2022. 3 Ways Peony Improves Your Skin.
SE Spring Skin. Diakses pada 2022. The Benefits of Peony in Skincare.
AVYA. Diakses pada 2022. Benefits of Peonies in Skincare.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan