Sulit Menelan Akibat Kanker Mulut? Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatannya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juni 2024

“Kanker mulut harus segera diobati sebelum menyebar ke bagian lain. Kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk bertanya seputar pengobatannya, termasuk opsi bedah.”

Sulit Menelan Akibat Kanker Mulut? Dokter Ini Bisa Bantu PengobatannyaSulit Menelan Akibat Kanker Mulut? Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatannya

DAFTAR ISI

  1. Apa Penyebab Kanker Mulut?
  2. Dokter di Halodoc untuk Menangani Kanker Mulut
    1. dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk
    2. dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk
    3. dr. Jemmy Sasongko Sp.B(K)Onk
    4. dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM
    5. dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM

Halodoc, Jakarta – Kanker mulut adalah jenis kanker yang menyerang bagian dalam atau rongga mulut. Area yang bisa terkena meliputi bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut, rahang, dasar mulut, orofaring, kelenjar ludah, sinus maksilaris, serta kanker yang muncul di selaput lendir kulit bagian depan.

Penyakit ini mungkin tampak seperti masalah biasa di bibir atau mulut, seperti bercak putih atau luka yang berdarah. Gejala tersebut terus menetap dan tidak kunjung menghilang.

Jika tidak diobati, kanker ini dapat menyebar ke seluruh bagian mulut dan tenggorokan, serta ke area lain di kepala dan leher.

Apa Penyebab Kanker Mulut?

Hingga saat ini, penyebab pasti kanker mulut belum diketahui. Kanker mulut dapat muncul ketika sel-sel di bibir atau di mulut mengalami perubahan (mutasi) dalam DNA.

Mutasi ini dapat menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh dan membelah secara terus-menerus, meskipun seharusnya sel-sel sehat akan mati pada waktu tertentu.

Penumpukan sel-sel kanker ini dapat membentuk tumor. Jika tidak segera diobati, tumor ini dapat menyebar ke area lain di sekitarnya. Kanker mulut biasanya bermula pada sel-sel datar dan tipis (sel skuamosa) yang melapisi bibir dan bagian dalam mulut.

Sebagian besar kasus kanker mulut adalah karsinoma sel skuamosa. Penyebab mutasi pada sel-sel skuamosa yang menyebabkan kanker mulut masih belum jelas. 

Namun, dokter telah mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Nah, ada 4 Makanan Penyebab Kanker Mulut yang Perlu Diketahui supaya kamu waspada.

Dokter di Halodoc untuk Menangani Kanker Mulut

Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kanker atau telah menerima diagnosis kanker mulut, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk mengetahui perawatan yang tepat.

Mereka juga bisa merekomendasikan gaya hidup untuk pengidap kanker serta obat-obatan untuk meringankan gejalanya. 

Nah, kamu bisa menghubungi dokter spesialis bedah onkologi ataupun dokter penyakit dalam di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Dokter-dokter ini juga telah mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk

Dokter Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2011 dan 2018.

Saat ini, ia berpraktik di Palembang, Sumatera Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah onkologi selama 13 tahun, dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar prosedur bedah dan perawatan kanker mulut lainnya.

Chat dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

Ketika Mengidap Kanker Mulut, Inilah Pilihan Pengobatannya yang mungkin dokter rekomendasikan. 

2. dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk

Dokter lain yang dapat kamu hubungi, yaitu dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya pada 2008. 

Kemudian, ia melanjutkan studinya untuk mendapat gelar spesialis di Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2015.

Saat ini, ia berpraktik di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat. Ia juga menjadi anggota aktif Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI).

Dengan pengalamannya sebagai dokter spesialis bedah onkologi selama 16 tahun, dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang pengobatan kanker mulut, termasuk seperti apa prosedur operasinya.

Chat dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

3. dr. Jemmy Sasongko Sp.B(K)Onk

Dokter Jemmy Sasongko Sp.B(K)Onk adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 1997. 

Selanjutnya, ia melanjutkan studi di universitas yang sama untuk mendapatkan gelar spesialis dan lulus pada tahun 2011.

Ia saat ini berpraktik di Surabaya, Jawa Timur dan termasuk anggota Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah onkologi selama 26 tahun, dr. Jemmy Sasongko Sp.B(K)Onk bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang berbagai opsi pengobatan kanker mulut, termasuk opsi bedah.

Chat dr. Jemmy Sasongko Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 180.000,- di Halodoc.

4. dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM

Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Ia mendapatkan gelar dokter umum pada 2003 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dengan konsentrasi pada bidang Hematologi dan Onkologi Medik pada 2015.

Ia kini praktik di Yogyakarta dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 21 tahun, dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM bisa memberikan saran terkait pengobatan kanker mulut.

Chat dr. Wiwiek Probowati Sp.PD-KHOM, FINASIM mulai dari Rp 200.000,- di Halodoc.

5. dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM

Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Ia menyelesaikan studi kedokteran umum pada 2007 dan kemudian melanjutkan studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam dengan konsentrasi pada bidang Hematologi dan Onkologi Medik di tahun 2013.

Ia kini praktik di Bandung, Jawa Barat dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Berbekal pengalaman selama 17 tahun, dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM bisa memberikan saran terkait pengobatan kanker mulut.

Chat dr. Agung Firmansyah Sumantri Sp.PD-KHOM, MMRS, FINASIM mulai dari Rp 250.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter yang bisa kamu hubungi untuk bertanya seputar opsi perawatan kanker mulut.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2024. Oral Cancer: Risks, Symptoms, and Prevention.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Mouth cancer.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Oral Cancer.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan