Simpel dan Lezat, Ini Resep Iga Bakar Kecap Ala Restoran

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Juli 2023

“Beberapa cara supaya iga bakar tidak amis, pastikan merendamnya untuk menghilangkan bau amis. Kemudian marinasi minimal dua jam, semakin lama, maka semakin meresap bumbunya.”

Simpel dan Lezat, Ini Resep Iga Bakar Kecap Ala RestoranSimpel dan Lezat, Ini Resep Iga Bakar Kecap Ala Restoran

Halodoc, Jakarta – Iga bakar kecap adalah hidangan yang memiliki berbagai keistimewaan. Contohnya dalam kombinasi rasa yang menggoda, tekstur daging yang empuk, aroma yang menggugah selera, keunikan budaya, dan variasi penyajian. 

Kombinasi antara daging iga yang dipanggang dengan sempurna dan kecap manis yang kental menciptakan hidangan yang tak terlupakan. Jika kamu ingin mencoba memasak iga bakar, simak resep rekomendasinya di sini!

Resep Iga Bakar Kecap yang Simpel tapi Enak

Berikut adalah bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

  • 1 kg iga sapi.
  • 4 sendok makan kecap manis.
  • 2 sendok makan saus tiram.
  • 2 sendok makan kecap inggris.
  • 3 sendok makan madu.
  • 3 siung bawang putih, cincang halus.
  • 1 sendok teh merica bubuk.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh minyak wijen.
  • 2 sendok makan minyak sayur.
  •  Air secukupnya.

Cara pembuatan:

1. Pertama, rendam iga sapi dalam air hangat selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Cek 5 Cara Mengolah Daging Kurban agar Tidak Amis. Setelah itu, tiriskan iga sapi.

2. Dalam sebuah wadah, campurkan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, madu, bawang putih cincang, merica bubuk, garam, minyak wijen, dan minyak sayur. Aduk rata hingga semua bahan tercampur menjadi bumbu marinasi.

3. Masukkan iga sapi ke dalam wadah dengan bumbu marinasi. Pastikan semua bagian iga sapi terbalut dengan bumbu. Biarkan iga sapi meresap dalam bumbu marinasi selama minimal 2 jam. Jika memungkinkan, biarkan semalaman di dalam kulkas agar bumbu meresap lebih dalam.

4. Setelah iga sapi telah terendam dalam bumbu marinasi, panaskan panggangan atau grill dengan api sedang.

5. Panggang iga sapi di atas panggangan yang telah dipanaskan selama sekitar 15-20 menit atau hingga matang. Bolak-balik iga sapi secara teratur dan olesi dengan sisa bumbu marinasi agar daging tetap lembut dan beraroma.

6. Jika ingin iga sapi lebih empuk, kamu dapat memasukkan iga sapi ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius selama 30-40 menit setelah proses pemanggangan. 

7. Setelah matang, angkat iga sapi dari panggangan dan sajikan dengan nasi hangat atau lalapan segar.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memasak Iga Bakar Kecap

Saat memasak iga bakar kecap, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal. 

1. Kualitas daging iga

Pilihlah daging iga sapi yang segar dan berkualitas baik. Pastikan daging tidak berbau atau terlihat busuk. Daging yang baik akan memberikan hasil yang lebih lezat dan empuk.

2. Rendam daging iga

Sebelum memasak, rendam daging iga dalam air hangat selama beberapa saat. Hal ini akan membantu menghilangkan bau amis dan membuat daging lebih empuk.

3. Marinasi yang cukup

Pastikan daging iga terendam sepenuhnya dalam bumbu marinasi. Biarkan daging meresap dalam bumbu selama minimal dua jam atau lebih lama jika memungkinkan. Semakin lama daging direndam, semakin dalam rasa bumbu akan meresap.

4. Suhu panggangan yang tepat

Panaskan panggangan atau grill dengan api sedang sebelum memasak iga. Suhu yang terlalu tinggi dapat membuat daging cepat gosong di luar namun belum matang di dalam. Pastikan suhu panggangan cukup tinggi untuk memanggang daging dengan baik, tetapi tidak terlalu tinggi sehingga daging terbakar.

5. Bolak-balik daging secara teratur

Selama proses pemanggangan, bolak-balik daging secara teratur agar matang secara merata dan tidak terlalu gosong di satu sisi. Olesi daging dengan sisa bumbu marinasi setiap kali dibalik agar daging tetap lembut dan beraroma.

6. Jangan terlalu lama memanggang

Iga sapi yang terlalu lama dipanggang bisa menjadi kering dan keras. Pastikan untuk memantau proses memasak dan mengambil iga dari panggangan saat sudah matang sesuai dengan selera.

Meski enak dan menggiurkan, menurut Harvard Health Publishing kamu perlu  membatasi konsumsi daging merah. Konsumsi daging merah yang terlalu banyak dapat memicu sembelit, bau badan, hingga sakit kepala. Informasi lebih lanjut mengenai efek samping konsumsi daging merah bisa dibaca di artikel Inilah Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Daging Merah.

Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat bergizi, kamu bisa konsultasi dengan dokter gizi di Halodoc✔️ untuk mendapatkan rekomendasi nutrisi harian yang sehat dan dibutuhkan oleh keluarga. Klik gambar di bawah ini.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. What’s the beef with red meat?
Bustle. Diakses pada 2023. 9 Possible Effects Of Eating Too Much Meat.
Kompas.com. Diakses pada 2023. Resep Iga Bakar Kecap ala Restoran, Rebus Dulu Pakai Presto.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan