Si Pahit yang Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Daun Sambiloto

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Oktober 2021
Si Pahit yang Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Daun SambilotoSi Pahit yang Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Daun Sambiloto

“Daun sambiloto menjadi salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi flu, menjaga kesehatan jantung dan pencernaan, mencegah diabetes, hingga menyembuhkan infeksi. Sebaiknya gunakan sesuai dosis agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Andrographis paniculata adalah tanaman herbal yang berasal dari negara-negara di Asia Selatan, seperti India dan Sri Lanka. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai sambiloto. Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan bagian daun dan batang sambiloto untuk dijadikan ramuan tanaman herbal yang dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Meskipun bermanfaat, tetapi daun sambiloto memiliki rasa yang pahit. Selain itu, daun sambiloto dipercaya memiliki berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan, seperti zat antibakteri, antioksidan, anti peradangan, hingga merangsang kekebalan imun tubuh. 

Baca juga: Mulai Dilirik untuk Pengobatan, Apakah Herbal Aman?

Berikut ini manfaat daun sambiloto yang dipercaya bagi kesehatan:

  1. Mengatasi Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Biasanya, saat mengalami flu, pengidapnya akan mengalami berbagai gejala, seperti pilek dan hidung tersumbat.

Daun sambiloto dipercaya bisa mengatasi pilek yang disebabkan oleh flu. Hal ini berkaitan dengan manfaat daun sambiloto yang bisa merangsang kekebalan imun tubuh, sehingga infeksi virus penyebab flu dapat diatasi dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sambiloto juga dipercaya sebagai tanaman herbal yang bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chinese Medical Journal, daun sambiloto dinilai mampu mencegah pembentukan gumpalan dan penyempitan pembuluh darah.

Selain mengonsumsi daun sambiloto, kamu bisa menjaga kesehatan jantung dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, membatasi mengonsumsi makanan asin, perbanyak sayur dan buah, memenuhi kebutuhan tidur, hingga membatasi makanan berlemak.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Prosedur Uji Klinik Obat Herbal

  1. Mencegah Diabetes

Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah faktor genetik. Hal ini menyebabkan penyakit diabetes selalu dikaitkan dengan penyakit keturunan. Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes, tidak ada salahnya untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit ini.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba tanaman herbal, seperti daun sambiloto untuk mencegah diabetes. Sebuah penelitian pada hewan yang ditulis dalam Indian Journal of Pharmacology menunjukkan daun sambiloto mampu menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol pada seekor tikus yang telah diberikan asupan lemak dan gula tinggi.

  1. Menyembuhkan Infeksi

Daun sambiloto memiliki sifat antibakteri yang dapat membantumu mengatasi infeksi bakteri yang sedang kamu alami. Penyakit sakit tenggorokan menjadi salah satu infeksi bakteri pada tenggorokan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun sambiloto dinilai efektif dalam mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu penyakit pencernaan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto adalah kolitis ulseratif

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Itulah manfaat daun sambiloto yang bisa diketahui. Biasanya, tanaman herbal ini bisa ditemukan dalam bentuk ekstrak. Selain itu, ketahui dosis yang tepat penggunaan ekstrak daun sambiloto agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan, seperti mual, sakit kepala, reaksi alergi, hingga diare.

Sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2021. Andrographis.
Very Well Health. Diakses pada 2021. What is Andrographis?
Chinese Medical Journal. Diakses pada 2021. Prevention of Atherosclerotic Arterial Stenosis and Restenosis After Angioplasty with Andrographis Paniculata Nees and Fish Oil. Experimental Studies of Effects and Mechanisms.
Indian Journal of Pharmacology. Diakses pada 2021. Antidiabetic and Antihyperlipidemic Effect of Andrographis Paniculata (Burm. f.) Nees and Andrographolide in High-Fructose-Fat-Fed Rats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan