Selain Trauma, Ini 5 Penyakit yang Bisa Sebabkan Memar pada Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Maret 2024

“Memar biasanya terjadi karena tubuh mengalami cedera akibat benturan yang keras. Perlu diingat, dalam beberapa kasus memar juga bisa terjadi karena kamu sedang mengidap penyakit tertentu.”

Selain Trauma, Ini 5 Penyakit yang Bisa Sebabkan Memar pada TubuhSelain Trauma, Ini 5 Penyakit yang Bisa Sebabkan Memar pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Saat kamu mendapati adanya bercak hitam, biru, atau ungu yang muncul di permukaan kulit, itu menandakan adanya perdarahan di bawah kulit. Kondisi ini dinamakan dengan memar. 

Pada umumnya, memar adalah hal yang biasa terjadi karena merupakan respons alami dari tubuh terhadap cedera yang dialami. Namun, memar bisa saja disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu. 

Mau tahu apa saja penyakit yang bisa sebabkan memar pada tubuh? Baca ulasan berikut ini!

Penyakit yang Bisa Sebabkan Memar

Ada beberapa penyakit yang bisa sebabkan memar pada tubuh, antara lain:

1. Sindrom cushing

Sindrom cushing terjadi ketika tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol. Itulah kenapa kondisi ini juga dikenal sebagai hiperkortisolemia. 

Produksi kortisol yang tinggi menyebabkan terjadinya penipisan pada kulit. Ini juga akan merusak pembuluh darah kecil yang ada di bagian bawah kulit. Akibatnya, darah bocor ke jaringan lain dan membeku. Pembekuan darah ini akan menyebabkan pengidapnya rentan mengalami memar. 

Namun, tidak perlu khawatir, kamu bisa gunakan beberapa rekomendasi obat memar berikut ini: “Ini 4 Pilihan Obat Memar yang Manjur di Apotek”.

2. Leukemia

Leukemia adalah kanker darah yang disebabkan oleh pertumbuhan sel darah putih yang tidak normal di sumsum tulang belakang. Pertumbuhannya yang sangat cepat ini dapat menekan jumlah sel darah sehat lainnya. 

Salah satunya trombosit yang merupakan sel keping darah yang terlibat dalam proses pembekuan darah. Itulah kenapa pengidapnya rentan mengalami trombositopenia. 

Trombositopenia adalah kondisi yang ditandai dengan jumlah trombosit kurang dari 150.000 per mikroliter. Kurangnya sel keping darah ini membuat pengidapnya mengalami memar dan berdarah tiba-tiba. 

3. Hemofilia

Salah satu kondisi yang langka ditemui adalah hemofilia. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gangguan pada sistem pembekuan darah. Sebagian besar orang mengidap penyakit ini karena diturunkan dari faktor genetik.

Pengidapnya sangat rentan mengalami perdarahan yang sulit berhenti ketika terjadi luka, goresan, hingga mimisan. Bahkan, pengidapnya juga sering mengalami buang air besar berdarah. 

Selain kondisi di atas, hemofilia bisa menyebabkan memar yang membuat warna kulit berubah jadi ungu, biru, hingga merah. 

4. Penyakit Von Willebrand

Penyakit Von Willebrand adalah kondisi ketika darah tidak bisa membeku dengan baik. Ini disebabkan karena pengidapnya memiliki faktor von willebrand yang rendah. Von willebrand adalah protein yang terlibat dalam pembekuan darah. 

Banyak orang yang tidak menyadari ia sedang mengidap penyakit ini, karena gejalanya ringan dan sulit dikenali. Nah, salah satu gejala yang bisa terjadi adalah darah yang bisa menggumpal tiba-tiba hingga menyebabkan munculnya memar. 

5. Sindrom Ehlers Danlos

Sindrom ehlers danlos termasuk kelainan bawaan yang memengaruhi jaringan ikat, terutama bagian persendian, dinding pembuluh darah, dan kulit. 

Gangguan pada pembuluh darah ini bisa membuatnya sulit untuk membentuk pembekuan darah sehingga menyebabkan memar. Memar juga bisa terjadi pada pengidap Ehlers Danlos karena kondisi kulitnya yang terlalu rapuh dan tipis. 

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan memar pada tubuh. Jika kamu khawatir dengan kondisi memar yang dialami, bisa konsultasikan secara online bersama dokter spesialis tepercaya di Halodoc yang selalu tersedia 24 jam. 

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. How Hemophilia is Inherited.
Halodoc. Diakses pada 2024. Mengenal Ehlers Danlos, Sindrom Langka yang Dialami Penyanyi Sia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Von Willebrand Disease. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Ehlers-Danlos Syndrome. 
Moffitt Cancer Center. Diakses pada 2024. Symptoms of Leukemia. 
News Medical & Life Sciences. Diakses pada 2024. Cushing’s Syndrome and Skin Problems. 
UCSF Benioff Children’s Hospitals. Diakses pada 2024. Hemophilia. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan