Resep Spaghetti Carbonara Gurih dan Creamy Ala Restoran Italia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Agustus 2023

“Spaghetti carbonara menjadi salah satu hidangan pasta khas Italia yang cukup populer. Bahan menu ini terdiri dari irisan daging asap, keju, dan telur dengan rasa yang gurih dan creamy.”

Resep Spaghetti Carbonara Gurih dan Creamy Ala Restoran ItaliaResep Spaghetti Carbonara Gurih dan Creamy Ala Restoran Italia

Halodoc, Jakarta – Rasa creamy dan gurih yang begitu kentara menjadi daya tarik utama menu spaghetti carbonara. Tak heran jika hidangan ala Italia ini selalu menjadi menu andalan dan favorit segala usia. Belum lagi dengan tambahan taburan keju sebagai topping yang membuat rasa dari menu satu ini semakin enak.

Pada negara asalnya, saus carbonara terbuat dari empat bahan utama, yaitu telur, keju, lada hitam dan daging pipih. Faktanya, masyarakat Italia tidak memakai krim dalam membuat saus carbonara. Tekstur creamy dari menu satu ini berasal dari telur kocok bercampur pasta panas yang tidak dimasak memakai wajan. 

Resep Spaghetti Carbonara Gurih dan Creamy

Tertarik untuk membuat spaghetti carbonara yang gurih dan creamy untuk hidangan bersantap keluarga? Simak bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan: 

  • 400 gr spaghetti.
  • 200 gr bacon sapi.
  • 4 kuning telur ayam.
  • 80 gr keju parmesan Parmigianino.
  • 250 ml fresh cream.
  • ½ sdt merica bubuk.
  • 1 sdt garam.

Cara membuat:

  • Pertama, rebus air sampai mendidih, lalu masukkan spaghetti dan masak sampai lebih lunak. Jangan lupa beri taburan garam secukupnya.
  • Iris daging dalam bentuk panjang dan panaskan wajan yang sebelumnya sudah kamu beri sedikit minyak. Lalu, tumis daging sampai sedikit kering. 
  • Kemudian, campur keju, kuning telur, fresh cream dan 2 sdm air panas. Kocok semua bahan tersebut sampai rata. 
  • Selanjutnya, tambahkan merica dan garam, lalu kocok kembali sampai rata.
  • Berikutnya, panaskan wajan dan masukkan campuran krim, lalu masak sampai teksturnya berubah mengental.
  • Lalu, masukkan spaghetti dan daging. Aduk sampai rata dan angkat.
  • Sajikan spaghetti carbonara dengan tambahan parmesan dan lada hitam. Santap selagi hangat.

Alternatif Spaghetti Rendah Kalori

Faktanya, spaghetti carbonara menjadi salah satu menu pasta dengan kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi. Dalam 100 gram olahan ini, terdapat sekitar 174 kal, kandungan lemak sebesar 8,7 gram, karbohidrat sebesar 16 gram, dan kandungan protein sebesar 7,1 gram.

Sebenarnya, asal kamu tidak mengonsumsinya terlalu banyak, menu satu ini cukup menyehatkan karena terbuat dari bahan sumber protein seperti telur dan keju. Sebaliknya, asupan yang berlebihan tentu bisa meningkatkan berat badan, terlebih jika kamu tidak mengimbanginya dengan olahraga.

Sementara itu, kamu bisa mengganti bahan carbonara menjadi lebih rendah kalori untuk mendukung diet sehat. Misalnya, menggunakan krimer khusus masakan, mentega, dan sedikit minyak. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengurangi takaran keju dan tidak memakai susu. Sebab, kombinasi semua bahan tersebut menyumbang kalori yang tinggi. 

Selain carbonara, kamu juga bisa membuat resep spaghetti lain untuk menu keluarga. Cari tahu resepnya melalui artikel Ini Resep Spaghetti Aglio Olio ala Restoran yang Mudah Dibuat di Rumah.

Sementara itu, jika kamu sedang diet dan ingin menyantap carbonara yang lezat dan creamy, jangan ragu untuk bertanya pada ahli gizi porsi yang sesuai. Biar mudah, kamu bisa mengubungi dokter ahli gizi melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Spaghetti carbonara sehat untuk diet (549 Kalori).
FatSecret UK. Diakses pada 2023. Spaghetti Carbonara.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan