Resep Sehat: Sayur Asin Nikmat untuk Lancarkan Pencernaan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2023

“Selain melancarkan pencernaan, sayur asin bermanfaat sebagai sumber vitamin K yang baik hingga menurunkan risiko penyakit kronis. Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut, cobalah untuk mengolahnya menjadi makanan lezat dengan resep sehat berikut.”

Resep Sehat: Sayur Asin Nikmat untuk Lancarkan PencernaanResep Sehat: Sayur Asin Nikmat untuk Lancarkan Pencernaan

Halodoc, Jakarta – Ada banyak sayuran yang kurang memiliki peminat, padahal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sayur asin atau sawi asin sebagai istilah yang merujuk pada produk fermentasi sawi. Sawi dapat menjadi sayur asin karena pengolahannya terjadi secara alami dengan air pekat yang diambil dari air untuk menanak nasi. 

Nah, manfaat mengonsumsi sayur sawi asin tak kalah hebat dari makanan fermentasi lainnya. Salah satunya adalah membantu melancarkan pencernaan. Namun tak hanya itu, nyatanya sayur asin juga masih memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa manfaatnya, sekaligus resep sehat untuk mengolahnya. 

Manfaat Sayur Asin

1. Sumber Vitamin K

Sayur asin atau sawi asin adalah sumber vitamin K yang bagus. Sebab, dalam 56 gram sawi hijau segar atau 140 gram sawi asin mengandung vitamin K sebanyak 120 DV (angka kebutuhan harian). Vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Disebut juga bahwa vitamin K pun turut berpengaruh pada kesehatan tulang dan jantung. 

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Sama halnya dengan sayuran hijau lainnya, sawi asin juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.  Secara khusus, dua senyawa ini mampu melindungi retina dari kerusakan oksidatif sekaligus mampu menyaring paparan blue light atau cahaya biru yang berbahaya. 

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Sayuran sawi mengandung berbagai antioksidan nabati yang kuat. Antioksidan nabati ini melindungi sel tubuh dari stres oksidatif. Khususnya akibat paparan radikal bebas yang terakumulasi oleh tubuh dari penuaan, lingkungan, dan perilaku gaya hidup. Seiring waktu, kerusakan sel ini berkaitan dengan peningkatan risiko sejumlah masalah kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dapat meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko banyak penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, gangguan autoimun, masalah jantung dan penurunan fungsi kognitif. 

Rekomendasi Resep Sehat Sayur Asin

Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, tidak ada salahnya menjadikan sawi asin sebagai salah satu menu sehat. Namun, rasa sayur asin yang unik mungkin dapat membuat sebagian orang enggan untuk mengonsumsinya langsung. Jika kamu adalah salah satunya, kamu tidak perlu khawatir. Lantaran ada resep sup ayam sayur asin yang bisa kamu coba untuk menyajikannya secara lezat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • 1/2 ekor ayam kampung, potong 4 hingga 6 bagian. 
  • 2 sdm air jeruk nipis. 
  • 2 liter air. 
  • 3 sdm minyak sayur.
  • 3 siung bawang putih, memarkan atau geprek.
  • 1/2 cm jahe, memarkan atau geprek. 
  • 1 batang daun bawang, iris kasar.
  • 200 g sayur asin, bilas air matang, iris kasar.
  • 1 sdm kaldu jamur.
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • 1 sdt garam.

Cara Membuatnya 

Adapun cara membuat resep sayur asin ini adalah:

  • Langkah pertama, cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air jeruk nipis, lalu sisihkan sebentar.
  • Kemudian, masak air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan potongan ayam dan masak dengan api kecil hingga mendidih dan kaldu bening.
  • Tumislah bawang putih dan jahe hingga layu dan kekuningan. Angkat, masukkan ke dalam rebusan ayam.
  • Selanjutnya, tambahkan sayur asin, kaldu jamur, daun bawang, garam dan merica. 
  • Masak sup ini dengan api kecil hingga bumbu meresap, jika sudah terlihat matang, matikan api dan sajikan sup sawi kuning selagi hangat.

Itulah resep sehat sayur asin yang dapat kamu coba. Makanan sehat tentunya dapat memenuhi segala kebutuhan nutrisi setiap harinya. Namun, kamu juga dapat memaksimalkan asupan nutrisi penting tersebut melalui konsumsi suplemen kesehatan. Nah, jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Mustard Greens. 
Kompas. Diakses pada 2023. 5 Manfaat Sawi Asin bagi Kesehatan, Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh
Detikfood. Diakses pada 2023. Resep Sup Ayam Sayur Asin yang Asam Segar, Cocok Buat Makan Siang. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan