Resep Sehat: Menu Makanan Bergizi Berprotein Hewani untuk Balita

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Februari 2023

“Balita memerlukan makanan bergizi yang mengandung protein hewani untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Ketahui resep sehat membuat makanan dari telur hingga daging sapi untuk balita.”

Resep Sehat: Menu Makanan Bergizi Berprotein Hewani untuk BalitaResep Sehat: Menu Makanan Bergizi Berprotein Hewani untuk Balita

Halodoc, Jakarta –  Anak balita perlu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang pada setiap menu makannya. Bukan hanya mineral dan vitamin, sebaiknya perhatikan pengonsumsian protein hewani pada Si Kecil setiap harinya.

Selain mengoptimalkan tumbuh kembang anak, memenuhi kebutuhan protein hewani bagi anak juga membantu dalam meningkatkan fungsi otak hingga pencernaan anak. Untuk itu, ketahui berbagai menu makanan bergizi yang mengandung protein hewani untuk balita!

Menu Makanan Bergizi dengan Kandungan Protein Hewani

Pada usia 0-5 tahun, anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Salah satu nutrisi yang tidak boleh dilewatkan adalah protein hewani.

Sebaiknya ketahui berbagai makanan bergizi yang mengandung protein hewani yang baik untuk Si Kecil, yaitu:

1. Telur

Telur menjadi salah satu makanan dengan kandungan protein hewani yang sangat baik untuk balita. Ada berbagai menu makanan bergizi yang bisa ibu buat menggunakan telur, seperti:

  • Scramble egg

Scramble egg atau telur orak arik adalah salah satu menu telur yang cocok untuk anak-anak.

  • Omelette

Omelette menjadi menu telur yang cocok untuk anak-anak yang sulit mengonsumsi sayur. Ibu bisa menambahkan keju, tomat, hingga potongan daging ham ke dalam campuran telur.

  • Telur kukus

Telur kukus menjadi salah satu menu yang terbuat dari telur dengan pembuatan yang terbilang praktis. Ibu hanya perlu menyiapkan telur, wortel, bumbu dapur (bawang merah dan bawang putih), garam, hingga santan.

Pertama, tumis hingga harum bumbu dapur. Kemudian, campurkan bumbu dapur yang ditumis dengan telur, wortel, garam, dan santan. Aduk hingga rata dan masukkan ke dalam wadah untuk dikukus.

Kukus selama 20 menit hingga telur benar-benar matang dan siap dihidangkan.

2. Dada ayam

Dada ayam menjadi makanan bergizi dengan kandungan protein tinggi. Selain protein, dada ayam juga mengandung zat besi, vitamin B6, dan B12. Berikut menu sehat yang bisa ibu ciptakan dari dada ayam, seperti:

  • Dada ayam panggang

Siapkan dada ayam yang telah dimarinasi menggunakan bumbu dapur. Kemudian, panggang dada ayam hingga merata. Ibu bisa memberikan anak berupa potongan kecil. Berikan juga sayuran yang telah dikukus untuk menambahkan asupan nutrisi pada anak.

  • Chicken puree

Untuk membuat menu ini, ibu bisa mengukus dada ayam dan sayuran. Setelah semuanya matang optimal, haluskan bersama dengan tambahan air kaldu. Tingkat kehalusan bisa ibu sesuaikan dengan usia anak.

3. Ikan

Ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat baik. Bukan hanya protein, ikan juga memiliki kandungan lainnya, seperti vitamin A, D, E, dan K.  

Ibu bisa memberikan menu ikan secara bertahap. Hal ini untuk memastikan anak tidak mengalami alergi makanan.

Puree ikan dan sayur menjadi menu yang paling sering diberikan untuk balita. Berikut resepnya:

  • Siapkan ikan. Jangan lupa pastikan ikan dalam kondisi segar dan bersih.
  • Siapkan sayuran, seperti brokoli dan wortel. Bersihkan dari kotoran yang menempel.
  • Kukus ikan dan sayur bersamaan. Setelah matang, haluskan dengan tambahan sedikit mentega.

4. Daging sapi

Daging sapi menjadi makanan bergizi dengan kandungan protein tinggi. Selain itu, daging sapi juga mengandung zink dan zat besi yang baik untuk tumbuh kembang bayi. 

Ibu bisa memberikan daging sapi sesuai dengan tekstur makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil. Mulai dari puree daging sapi dan sayur hingga irisan tipis daging sapi bisa menjadi pilihan.

Namun, saat anak sudah lebih besar, ibu bisa coba untuk membuat menu bakso sehat menggunakan daging sapi. Berikut caranya:

  • Siapkan daging sapi cincang, sayuran, kejung, tepung tapioka, dan bawang putih yang sudah halus. 
  • Campurkan semua bahan. Setelah itu, buatlah bentuk bulat-bulat.
  • Rebus adonan bakso hingga mengambang pada permukaan air yang menandakan telah matang.

Itulah berbagai menu makanan bergizi yang mengandung protein hewani untuk balita. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter menggunakan Halodoc, mengenai makanan sehat lainnya yang bisa membantu dalam mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak.

Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2023. Protein for Babies & Toddlers – Importance and Requirements.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2023. Fish for Babies – When to Introduce, Benefits and Recipes.
Parents. Diakses pada 2023. 7 Best Protein-Packed Foods for Babies.
MJ and Hungryman. Diakses pada 2023. Beef Recipes for Babies.
MJ and Hungryman. Diakses pada 2023. Chicken for Babies (With Recipes).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan