Resep Kue Cucur Gula Merah, Dijamin Bersarang dan Anti Gagal!

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juli 2023

“Manis dan legit, kue cucur gula merah paling enak disantap hangat-hangat. Daripada beli, kamu bisa bikin sendiri kue ini di rumah, dan buat versi yang lebih sehat.”

Resep Kue Cucur Gula Merah, Dijamin Bersarang dan Anti Gagal!Resep Kue Cucur Gula Merah, Dijamin Bersarang dan Anti Gagal!

Halodoc, Jakarta – Kue cucur gula merah adalah salah satu camilan tradisional Indonesia, yang telah menjadi bagian penting dari warisan kuliner negara ini selama berabad-abad. Camilan yang lezat ini tidak hanya memiliki rasa manis yang menggugah selera. 

Untuk membuat kue cucur gula merah yang enak, lembut, dan bersarang, kamu hanya memerlukan bahan-bahan sederhana. Adonan umumnya terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan sedikit garam, yang memberikan cita rasa dan tekstur unik pada camilan ini. Yuk simak selengkapnya!

Resep Kue Cucur Gula Merah

Bahan-bahan:

  • 250 gr terigu
  • 1 gelas tepung beras
  • 125 gr gula merah
  • 125 gr gula pasir
  • Garam
  • Secukupnya air kelapa
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Langkah 1

Rebus air kelapa dan gula sampai gula larut, kemudian saring dan sisihkan.

2. Langkah 2

Dalam wadah, masukkan tepung terigu, tepung beras, kemudian garam.

3. Langkah 3

Setelah campuran air kelapa dan gula agak dingin, masukkan ke dalam tepung secara perlahan sambil diaduk menggunakan whisk. Pastikan adonan tidak menggumpal, dengan tekstur tidak terlalu kental ataupun encer.

4. Langkah 4

Istirahatkan adonan selama 15 menit. 

5. Langkah 5

Setelah 15 menit, panaskan minyak dalam wajan dan goreng kue cucur dengan menggunakan api kecil, sampai matang.

Tips Membuat Kue Cucur Lebih Sehat

tips membuat kue cucur

Kue cucur memang camilan yang enak, terlebih jika kamu makan hangat-hangat. Namun, makanan ini mengandung banyak gula, dan digoreng, sehingga tidak bisa dianggap sehat. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat kue cucur untuk orang tua kamu yang memiliki penyakit kronis, penting untuk membuat versi yang lebih sehat. Bagaimana caranya? Cek tips-tipsnya di sini:

1. Kurangi Penggunaan Gula

Kurangi jumlah gula dalam resep kue cucur kamu atau gunakan pemanis alami seperti madu atau gula kelapa yang lebih sehat.

2. Pilih Jenis Minyak yang Lebih Sehat

Gantikan minyak goreng dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang lebih sehat. Minyak kelapa juga memberikan rasa lezat dan aroma khas pada camilan ini.

3. Tambahkan Bahan Sehat

Tambahkan bahan-bahan sehat seperti bubuk kayu manis atau jahe, agar memberikan aroma dan rasa tambahan pada kue buatan kamu.

4. Panggang di Teflon

Coba alternatif cara memasak lain seperti memanggang kue ini di atas teflon. Karena ini akan mengurangi jumlah lemak dalam camilan tersebut.

5. Sajikan dengan Minuman Sehat

Sajikan kue ini dengan minuman sehat seperti teh herbal atau minuman buah alami, daripada minuman bersoda atau minuman tinggi gula lainnya.

6. Perhatikan Porsi yang Sesuai

Selain tips-tips tadi, nikmati kue ini dalam porsi yang sesuai. Hindari mengonsumsi terlalu banyak camilan ini untuk menjaga pola makan yang seimbang.

Itulah resep kue cucur gula merah yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu dapat menikmati kudapan ini dengan lebih sehat tanpa mengorbankan kenikmatan dan kelezatannya. Selamat mencoba!

Cek juga aneka resep kue yang tak kalah enak di sini:

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Kue Cucur Gula Merah.
Eatwell101. Diakses pada 2023. 6 Tips to Prepare Healthy and Balanced Desserts.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan