Resep Keripik Pisang Manis Gurih untuk Camilan Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Agustus 2023

“Pisang menjadi salah satu jenis buah yang bisa diolah menjadi berbagai menu camilan yang lezat untuk keluarga. Salah satunya yaitu keripik pisang dengan rasa manis dan gurih.”

Resep Keripik Pisang Manis Gurih untuk Camilan KeluargaResep Keripik Pisang Manis Gurih untuk Camilan Keluarga

Halodoc, Jakarta – Keripik pisang merupakan camilan khas Indonesia yang berbahan dasar pisang iris tipis dan digoreng. Kudapan satu ini umumnya mempunyai rasa asin dan gurih dengan aroma bawang putih yang khas. Namun, sekarang kamu bisa menjumpai camilan ini dengan rasa yang lebih beragam, termasuk manis. 

Ada banyak jenis pisang yang bisa kamu pilih untuk membuat olahan satu ini. Mulai dari pisang ambon, pisang kepok, sampai pisang raja bulu yang rasanya manis dan lezat. Cara mengolah keripik pisang juga sangat sederhana karena tidak memerlukan banyak bahan. 

Resep Keripik Pisang Manis Gurih

Langsung saja, berikut ini bahan dan cara membuat camilan keripik pisang manis gurih untuk keluarga yang bisa kamu coba buat sendiri:

Bahan:

  • 8 buah pisang raja, iris tipis.
  • 100 ml air.
  • Garam.
  • Gula.
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat:

  • Pertama, masak gula dan air hingga larut dan teksturnya mengental. Jika sudah, sisihkan.
  • Lalu, siapkan minyak secukupnya dan goreng pisang sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, masukkan pisang yang sudah kamu goreng dalam larutan gula dan aduk sampai rata.
  • Kemudian, siapkan minyak panas dan goreng kembali pisang yang sudah tercampur gula sampai minyak tidak berbusa. 
  • Angkat, tiriskan, dan sajikan. 

Alternatif Pengolahan yang Lebih Sehat

Cara paling mudah mengolah keripik pisang yaitu menggoreng dengan minyak panas. Namun, cara ini akan membuat kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam darah meningkat. Dampak yang mungkin terjadi tentu saja meningkatnya risiko masalah kesehatan kardiovaskular, salah satunya penyakit jantung. 

Selain itu, camilan satu ini juga menggunakan gula tambahan untuk menambah rasa manis, bisa berupa sirup atau madu. Jika kamu mengonsumsi keripik pisang dalam jumlah yang lebih banyak, kamu bisa berisiko lebih tinggi mengalami obesitas dan terserang penyakit diabetes.

Lalu, bagaimana cara menikmati camilan ini dengan cara yang lebih sehat? Tentunya, ganti cara pengolahan. Jika sebelumnya kamu menggunakan minyak, sekarang kamu bisa menggoreng keripik pisang dengan bantuan air fryer yang minim pemakaian minyak goreng. Atau, bisa juga mengolah camilan ini dengan cara memanggang atau menggunakan oven.

Selain itu, sebaiknya kurangi pemakaian gula pada camilan ini supaya kamu tidak rentan terserang penyakit kencing manis. Bagaimana, sangat mudah bukan membuat camilan keripik pisang? Kamu juga dapat mencoba kreasi kudapan lain untuk keluarga yang tak kalah enak dan praktis, misalnya:

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi produk kesehatan berkualitas secara rutin. Kamu dapat cek rekomendasinya di Halodoc dengan klik gambar ini:

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Resep Keripik Pisang Enak dan Mudah.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan