Resep Getuk Lindri, Kue Basah Jadul yang Banyak Penggemarnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Agustus 2023

“Penggemar kue basah tentu tak asing dengan getuk lindri. Kudapan berbahan dasar singkong ini punya rasa manis dan gurih, serta tekstur yang lembut.”

Resep Getuk Lindri, Kue Basah Jadul yang Banyak PenggemarnyaResep Getuk Lindri, Kue Basah Jadul yang Banyak Penggemarnya

Halodoc, Jakarta – Salah satu kue basah jadul yang enak tapi kini sulit ditemui adalah getuk lindri. Kudapan ini terbuat dari singkong, gula pasir, dan kelapa parut sebagai bahan utamanya. 

Biasanya, adonan getuk lindri akan diberi pewarna untuk meningkatkan penampilan, seperti warna coklat, hijau, dan merah muda. Bentuknya memanjang menyerupai mi, sehingga beberapa orang menyebutnya mi lindri. Yuk, cek resep kue basah yang satu ini!

Resep Kue Basah: Getuk Lindri

Bahan-Bahan:

  • 1 kg singkong, bersihkan, potong 4 cm
  • 100 g kelapa parut setengah tua, kukus
  • 100 g gula pasir
  • 3 sdm margarin
  • ½ sdt ekstrak vanilla
  • ¾ sdt pasta stroberi
  • ¾ sdt pasta pandan

Bahan Taburan, Kukus Sebentar:

  • 100 g kelapa parut setengah tua
  • ½ sdt garam

Cara Membuat:

  • Kukus singkong hingga matang. Kemudian tumbuk selagi panas, hingga halus dan lembut.
  • Setelah itu, tambahkan kelapa parut, gula pasir, margarin, dan ekstrak vanilla, dan tumbuk lagi hingga rata.
  • Selanjutnya, bagi adonan menjadi 3 bagian. Kemudian beri pasta stroberi dan pasta pandan pada dua dari tiga bagian adonan, biarkan satu bagian tetap berwarna putih.
  • Setelah itu, ambil satu bagian adonan dan masukkan ke dalam alat giling getuk lindri atau bisa juga menggunakan penggiling daging. Proses hingga adonan berbentuk seperti mie, dan potong-potong sesuai selera. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan.
  • Tata kue basah ini dalam piring saji, tambahkan taburan di atas getuk, dan sajikan.

Tips Membuat Getuk Lindri yang Lebih Sehat

singkong untuk kue basah getuk lindri

Berikut ini adalah tips membuat getuk lindri yang lebih sehat:

1. Pilih Singkong Berkualitas

Pilihlah singkong yang segar dan berkualitas tinggi. Pastikan singkong yang kamu gunakan telah kamu cuci bersih, ya.

2. Gunakan Bahan Pemanis Alami

Bagi pengidap diabetes, sebagai pengganti gula pasir, kamu dapat menggunakan pemanis alami seperti madu, gula kelapa, atau stevia. Pemanis alami ini akan memberikan rasa manis yang lezat tanpa meningkatkan kadar gula berlebihan.

3. Kelapa Parut Segar dan Tanpa Tambah Gula

Gunakan kelapa parut segar yang tidak mengandung tambahan gula atau bahan pengawet. Kamu juga bisa memproses kelapa parut sendiri untuk memastikan kesegarannya.

4. Pakai Pewarna Alami 

Jika ingin memberikan variasi warna pada kue basah ini, gunakanlah pewarna alami yang berasal dari sari buah atau sayuran. Seperti pandan, ubi ungu, atau cokelat dari bubuk kakao alami.

5. Tambahkan Bahan Bergizi

Tambahkan bahan-bahan bergizi seperti biji-bijian (contohnya biji wijen atau chia), kacang-kacangan (seperti kacang almond cincang), atau potongan buah-buahan segar. Bahan tambahan ini akan meningkatkan kandungan nutrisi pada getuk lindri.

6. Jangan Berlebihan

Nikmatilah camilan ini dengan porsi yang seimbang. Meskipun telah kamu olah lebih sehat, tetap konsumsi dengan bijak untuk menjaga asupan nutrisi harian tetap seimbang.

Itulah resep kue basah getuk lindri yang enak dan praktis. Jika kamu ingin membuat kue ini untuk orang tua kamu yang memiliki kondisi kronis, pastikan ikuti tips-tips pengolahan yang lebih sehat, ya. Selamat mencoba!

Cek juga resep-resep kue basah lainnya dalam artikel ini:

Jaga selalu kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc. Dapatkan sekarang secara praktis dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Endeus TV. Diakses pada 2023. Resep Getuk Lindri yang Lembut dan Kenyal, Cocok Untuk Camilan Sore.
Simple Most. Diakses pada 2023. 7 Easy Tips For Making Healthier Desserts.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan