Resep Choi Pan Khas Pontianak, Kue Isi Sayur dengan Kulit Lembut

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Agustus 2023

“Tak perlu pergi jauh ke Pontianak, kamu bisa memasak choi pan sendiri di rumah dengan rekomendasi resep ini. Namun, pastikan untuk memperhatikan porsi, kualitas bahan dan pilihan isiannya, ya.”

Resep Choi Pan Khas Pontianak, Kue Isi Sayur dengan Kulit LembutResep Choi Pan Khas Pontianak, Kue Isi Sayur dengan Kulit Lembut

Halodoc, Jakarta – Choi Pan adalah camilan isi sayuran khas Tionghoa. Kue ini populer di Kalimantan Barat, khususnya Pontianak. Makanan ini juga biasanya dihidangkan dengan taburan bawang putih goreng dan saus khusus. Dengan rasanya yang gurih dan unik, choi pan memiliki banyak penggemar. 

Sayangnya, camilan satu ini mungkin agak sulit untuk kamu temui di kota besar. Nah, jika kamu adalah penggemar hidangan ini, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Sebab, ada rekomendasi resep choi pan khas pontianak yang bisa kamu coba.

Rekomendasi resep Choi Pan Pontianak 

Bahan-Bahan

Bahan Adonan Kulit:

  • 130 gram tepung beras.
  • 25 gram tepung tapioka. 
  • 1 sdt garam. 
  • 2 sdm minyak goreng. 
  • 250 mililiter air. 

Bahan Minyak Bawang:

  • 10 siung bawang putih, cincang halus.
  • 50 ml minyak goreng baru. 

Bahan Isian Bengkuang

  • 500 gram bengkuang.
  • 2 sdt bawang putih yang sudah dicincang dan digoreng (ampas dari minyak bawang putih).
  • 25 gram ebi kering. 
  • 1 sdm gula pasir. 
  • 1,5 sdt garam.
  • 1 sdt merica bubuk. 

Bahan Sambal Choi Pan:

  • 3 siung bawang putih.
  • 1 sdm saos sambal.
  • 25 gram cabe rawit merah.
  • 2 sdm gula pasir.
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdm cuka. 
  • 100 mililiter air. 

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Siapkan bahan-bahan, cuci bersih semuanya, cincang halus bawang putih, kupas bengkoang. Lalu, goreng bawang putih bersama minyak goreng sampai golden brown saring sisihkan untuk membuat minyak bawang. Pisahkan bawang putih dengan minyaknya kemudian saring. 

Langkah 2

Untuk isian bengkuang, sangrai ebi, kemudian blender. Lalu, potong bengkuang seperti korek api (iris panjang). Setelah ebi halus, oseng ebi dengan sedikit minyak bawang, kemudian masukkan bengkuang aduk rata, tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk aduk rata masak sebentar saja, Koreksi rasa, tambahkan bawang goreng aduk, Matikan api, sisihkan.

Langkah 3

Untuk membuat kulitnya, campur semua bahan kulit kecuali air. Didihkan air, kemudian tuang ke bahan Kulit sedikit demi sedikit Sambil diaduk, uleni hingga bisa dibentuk, setengah kalis. Kemudian, pindahkan adonan ke alas yang diberi sedikit tepung beras, gilas dan ratakan dengan bentuk memanjang. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bulatkan.

Langkah 4

Ambil satu adonan, kemudian pipihkan, beri isian bengkoang, kemudian tutup. Bentuk adonan tersebut seperti Pangsit, lakukan sampai habis. Sementara membentuk, kamu bisa memanaskan kukusan selama 10 menit.

Langkah 5

Oles alas kukusan dengan minyak bawang, susun choi pan dan semprot atau tetesi Choi pan dengan air secara acak. Kemudian kukus Selama 15 menit atau sampai matang. Setelah matang, keluarkan choi pan dari kukusan, olesi dengan minyak bawang dan beri taburan bawang lagi [jika terasa kurang]. 

Langkah 6

Siapkan bahan sambal, haluskan bawang putih dan cabai sampai agak kasar saja. Lalu, campur bawang dan cabai yang telah halus dengan air ke dalam panci. Tambahkan garam, gula, saos sambal dan cuka makanan, lalu aduk rata. 

Langkah 7

Masak saos hingga mendidih, cek rasa dan matikan api. Choi pan isi bengkoang siap kamu nikmati sebagai camilan bersama sambalnya.

Tips Sehat Mengonsumsi Choi Pan

Resep Choi Pan Khas Pontianak, Kue Isi Sayur dengan Kulit Lembut

Meski dikukus, camilan satu ini juga dapat menjadi makanan tidak sehat jika konsumsinya sembarangan. Karena itu, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu terapkan sebelum mengonsumsinya:

1. Perhatikan Porsinya

Saat menikmati Choi pan, perhatikan porsi yang kamu konsumsi. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya untuk menghindari asupan kalori berlebih dan menjaga berat badan yang sehat. Jika bingung, kamu bisa berdiskusi dengan dokter spesialis gizi terlebih dahulu. 

2. Pilih Bahan Berkualitas

Saat membuat Choi pan, pastikan bahan yang digunakan berkualitas dan segar. Gunakan bahan-bahan tanpa bahan pengawet atau tambahan bahan kimia yang berbahaya.

3. Variasi Isian

Cobalah variasi isian untuk Choi pan yang lebih sehat. Selain bengkuang, kamu bisa mencoba isian sayuran lainnya seperti wortel, jamur, atau rebung yang lebih rendah kalori.

Itulah resep choi pan khas Pontianak beserta tips sehat konsumsinya. Selain choi pan, masih ada rekomendasi resep camilan lainnya yang juga lezat, seperti: 

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc. Dapatkan sekarang secara mudah dan praktis dengan klik gambar berikut:

Referensi: 
Cookpad. Diakses pada 2023. Choipan tepung beras isi bengkuang dengan sambalnya #138. 
VOI. Diakses pada 2023. Choipan, A Famous Savory Snack In Pontianak. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan