Redakan Gatal Tenggorokan, Ini 4 Manfaat Daun Sambung Nyawa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Agustus 2022

“Daun sambung nyawa sudah lama dipercaya sebagai obat herbal. Tanaman ini bisa mencegah gangguan jantung hingga mengatasi luka pada tubuh.”

Redakan Gatal Tenggorokan, Ini 4 Manfaat Daun Sambung NyawaRedakan Gatal Tenggorokan, Ini 4 Manfaat Daun Sambung Nyawa

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai jenis tanaman herbal yang telah dipercaya oleh masyarakat memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah daun sambung nyawa. Tanaman ini banyak ditemukan di beberapa negara Asia, seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, China hingga Thailand.

Daun yang memiliki nama latin Gynura procumbens dipercaya mampu mengatasi tenggorokan yang gatal. Namun bukan itu saja, daun sambung nyawa memiliki banyak manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan. 

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Manfaat Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa dikenal memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan. Mulai dari flavonoid, alkaloid, hipoglikemin, fenolik, saponin, terpenoid, vitamin K, dan glikosida. 

Selain itu, tanaman herbal ini juga bersifat antibakteri sehingga mampu membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Tidak hanya itu, daun sambung nyawa memiliki sifat anti peradangan, diuretik hingga analgesik.

Tanaman herbal ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang mampu mencegah dan memperbaiki sel yang mengalami kerusakan dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Dan berikut ini beberapa manfaat lain daun sambung bagi kesehatan yang dipercaya oleh masyarakat, yaitu:

  1. Mencegah Gangguan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital pada tubuh. Hal ini membuat kamu perlu menjaga kesehatan jantung secara optimal. Gangguan jantung yang dialami juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang berbahaya, salah satunya kematian.

Selain berolahraga, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat dan obat herbal. Salah satu obat herbal yang bisa kamu konsumsi adalah air rebusan daun sambung nyawa. 

Cuci bersih daun sambung nyawa, kemudian campurkan dengan air yang mendidih. Rebus beberapa saat dan keluarkan airnya saat dingin. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan dengan menambahkan madu untuk membuat rasanya lebih manis.

  1. Mencegah Tekanan Darah Meningkat

Daun sambung nyawa memiliki sifat antihipertensi di dalamnya. Kandungan ini bisa membantu kamu mencegah peningkatan tekanan darah dalam tubuh. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Pharmacology menghasilkan pemberian suplemen daun sambung nyawa pada tikus yang hipertensi mengalami penurunan tekanan darah. 

  1. Meningkatkan Fungsi Seksual dan Reproduksi

Daun sambung nyawa dipercaya mampu meningkatkan fungsi seksual dan reproduksi. Tanaman herbal ini dinilai mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria. 

  1. Mengatasi Luka

Manfaat lain dari tanaman ini bisa membantumu mengatasi luka, baik luka bakar maupun luka ringan pada tubuh. Kamu bisa menghaluskan daun sambung nyawa terlebih dahulu. Kemudian, letakkan daun sambung nyawa yang telah dihaluskan di atas luka hingga mengering. Kamu bisa mengulangi proses ini hingga luka pada tubuh membaik.

Itulah beberapa manfaat daun sambung nyawa yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan. Namun, pengobatan dengan daun sambung nyawa sebaiknya jangan dijadikan pengobatan utama untuk gangguan kesehatan yang kamu alami. 

Tentunya penelitian ini masih perlu dilakukan terus menerus untuk memastikan manfaat daun sambung nyawa pada manusia secara langsung. Pastikan kamu menggunakan obat-obatan yang disarankan oleh dokter terlebih dahulu untuk mengatasi keluhan kesehatan yang kamu rasakan. 

Kamu bisa cek kebutuhan medis yang diperlukan melalui aplikasi Halodoc sekarang juga. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play agar obat yang kamu perlukan langsung diantarkan ke tempat kamu.

Referensi:
Frontiers in Pharmacology. Diakses pada 2022. Gynura procumbens: An Overview of the Biological Activities.
Dr. Health Benefits. Diakses pada 2022. 18 Health Benefits of Gynura Leaves #Longevity Spinach.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan