Pertolongan Pertama Cedera saat Pencak Silat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 September 2021

“Cedera sangat rentan terjadi saat melakukan aktivitas fisik seperti pencak silat. Meski begitu, kamu bisa menanganinya dengan pertolongan pertama berikut ini.”

Pertolongan Pertama Cedera saat Pencak SilatPertolongan Pertama Cedera saat Pencak Silat

Halodoc, Jakarta – Olahraga merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, aktivitas fisik satu ini sangat rentan dengan cedera, terutama pada olahraga bela diri seperti pencak silat.

Apabila mendapatkan penanganan yang baik, cedera biasanya tidak akan membuat kamu kesulitan atau membutuhkan waktu lama untuk kembali berolahraga.  Sayangnya, tidak sedikit orang yang menyadari bahwa penanganan cedera itu sangat penting.

Padahal, cedera kecil bisa berkembang menjadi hal yang besar jika tidak mendapatkan penanganan yang semestinya. Maka dari itu, yuk simak pembahasan berikut!

Pertolongan Pertama Cedera Pencak Silat

Olahraga bela diri pencak silat dapat menyebabkan cedera pada bagian sendi kaki, lutut, lipatan paha atau selangkangan, sendi pada tangan, siku, atau bahu, bagian lengan, kepala, perut, muka, pinggang, dan dada.

Cedera ini biasanya terjadi karena pengidap merupakan pemula yang belum berpengalaman dalam seni bela diri pencak silat, tidak melakukan pemanasan maupun pendinginan, dan melakukan teknik atau gerakan yang keliru. 

Ketahui jenis pemanasan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari cedera melalui artikel berikut: “7 Jenis Pemanasan yang Baik Dilakukan sebelum Berolahraga”. 

Saat cedera terjadi, hal penting yang perlu kamu ketahui adalah melakukan pengamatan kondisi tubuh, seperti apakah terjadi gangguan pernapasan, peredaran darah, hingga masalah kesadaran. 

Jika terdapat salah satu dari beberapa kondisi tersebut, tentu tindakan pertama yang harus kamu lakukan adalah menyelamatkan nyawa pengidapnya. 

Selanjutnya, jika tidak ada kondisi gawat darurat atau hal tersebut berhasil ditangani, penanganan berikutnya adalah berfokus pada cedera yang terjadi.

Penanganan terkait kondisi ini bisa dengan melakukan tindakan RICE, yaitu:

  • Rest atau beristirahat.
  • Ice atau menggunakan kompres dingin pada area yang mengalami cedera.
  • Compression, menggunakan perban pada area yang cedera guna mencegah terjadinya pembengkakan.
  • Elevation, memosisikan area yang cedera lebih tinggi untuk mengurangi risiko pembengkakan.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa meringankan cedera yang terjadi akibat pencak silat dengan mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi nyeri yang muncul. 

Kamu bisa membaca dua artikel berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi obat nyeri pinggang yang ampuh:

Opsi lainnya adalah dengan melakukan fisioterapi. Namun, kamu tentu perlu mendapatkan persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan fisioterapi.

Mencegah Cedera saat Olahraga

Sebenarnya, mencegah terjadinya cedera ketika kamu berolahraga itu tidak sulit, kok! Begini caranya:

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Wajib sebelum kamu memulai olahraga dan sebelum mengakhiri sesi olahraga. 

Pemanasan akan membantu tubuh lebih siap memulai aktivitas yang lebih berat, seperti membantu meningkatkan detak jantung, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kelenturan otot serta sendi.

Sementara itu, pendinginan akan membantu otot tubuh menjadi kembali rileks setelah digunakan.

2. Tidak berolahraga berlebihan.

Jika kamu baru mulai membiasakan diri berolahraga, jangan pernah memaksakan diri.

Mulailah dengan intensitas yang ringan, lalu tingkatkan secara perlahan. Sesuaikan saja dengan kemampuan sehingga tubuh pun bisa beradaptasi dengan aktivitas dan rutinitas ini dengan lebih baik.

Bingung mulai berolahraga dari mana? Kamu bisa mencoba olahraga ringan pada artikel berikut ini: “4 Olahraga Ringan di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan”.

3. Tidak berolahraga ketika sedang sakit.

Saat sakit, kamu sebaiknya menghentikan rutinitas olahraga terlebih dahulu. Pasalnya, tubuh kamu tidak akan terasa lebih bugar, justru lebih nyeri.

Apalagi kalau kamu sedang mengalami cedera, sebaiknya hentikan aktivitas berat terlebih dahulu dan berilah waktu untuk tubuh, terutama bagian yang mengalami cedera, beristirahat, dan pulih. 

Nah, itu tadi tindakan pertolongan pertama sekaligus cara mencegah cedera saat berlatih bela diri pencak silat yang bisa kamu terapkan. Ingat, perhatikan selalu kondisi tubuh kamu, ya! Segera tangani jika mengalami cedera dan hentikan aktivitas jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa.

Kamu juga bisa mendapatkan obat nyeri pinggang akibat cedera dan produk kesehatan lainnya dari Toko Kesehatan Halodoc. Tanpa repot, obat akan dikirim langsung ke lokasimu!

Referensi: 

WebMD. Diakses pada 2021. Workout Injuries: Prevention and Treatment.
Siloam Hospitals. Diakses pada 2021. Pertolongan Pertama Cedera Ringan dengan RICE.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan