Perlu Tahu, Ini 9 Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Januari 2023

“Ada banyak pilihan makanan sehat untuk ibu hamil muda, agar anak cerdas. Salah satunya adalah ikan berlemak, seperti salmon.”

Perlu Tahu, Ini 9 Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak CerdasPerlu Tahu, Ini 9 Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Halodoc, Jakarta – Jika ingin anak cerdas, Ibu bisa mulai mengusahakannya sejak Si Kecil dalam kandungan. Ada beberapa makanan untuk ibu hamil muda, agar anak cerdas dan tentunya sehat. 

Makanan yang dimaksud adalah yang mengandung berbagai vitamin, mineral, omega-3, dan berbagai nutrisi lain yang bisa membantu perkembangan kognitif bayi.

Pilihan Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Ada banyak faktor yang bisa membantu perkembangan kognitif dan kecerdasan anak. Salah satunya adalah kecukupan nutrisi Ibu selama hamil. Nah, bagi ibu hamil muda, berikut ini beberapa makanan terbaik agar anak cerdas:

1. Ikan Berlemak

Asam lemak omega-3 merupakan bagian integral dari perkembangan otak bayi. Mengonsumsi ikan berlemak saat hamil muda dapat membantu meningkatkan perkembangan otak anak. Salah satu contoh ikan berlemak yang kaya omega-3 adalah salmon. 

2. Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan tertentu penting untuk ibu hamil muda. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat membantu melindungi otak bayi dari kerusakan jaringan. 

Asam folat dalam sayuran juga bermanfaat untuk mengurangi risiko  cacat tabung saraf, mencegah bibir sumbing dan berbagai cacat jantung pada bayi. Ibu juga mengurangi risiko preeklampsia selama kehamilan dengan memastikan untuk menjaga asupan makanan atau suplemen yang kaya asam folat.

3. Blueberry

Pilihan makanan lainnya yang bagus untuk ibu hamil muda agar anak cerdas adalah blueberry. Buah ini kaya akan antioksidan, yang akan membantu perkembangan kognitif bayi. Alternatif lain yang tak kalah bagus adalah stroberi, raspberry, blackberry, dan tomat.

4. Telur

Telur kaya akan protein dan rendah kalori, terutama telur rebus. Ini mengandung asam amino bernama kolin, yang dapat membantu perkembangan otak dan juga meningkatkan daya ingat. 

Namun, untuk ibu hamil muda, pastikan untuk mengonsumsi telur yang telah dimasak hingga matang. Ini untuk menghindari risiko infeksi bakteri yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

5. Almond

Almond sarat akan lemak sehat, magnesium, vitamin E, dan protein. Oleh karenanya, kacang-kacangan ini termasuk salah satu makanan yang bagus untuk ibu hamil muda, agar anak cerdas. Asam lemak omega-3 dalam almond dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Mau tahu camilan ibu hamil yang bergizi dan lezat? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Rekomendasi Camilan Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi“.

6. Greek Yoghurt

Makanan kaya protein seperti greek yoghurt sangat penting untuk pembentukan sel saraf yang sehat di dalam rahim Ibu, untuk perkembangan kognitif bayi. Selain itu, greek yoghurt juga mengandung probiotik dan kalsium yang juga bagus untuk ibu hamil dan bayinya.

7. Keju

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi. Jadi, ibu hamil muda harus memenuhi kebutuhan vitamin D harian, agar anak cerdas. Salah satu makanan yang mengandung nutrisi ini adalah keju. 

8. Biji Labu

Biji labu kaya akan kandungan zinc. Ini adalah mineral yang dapat membantu pembentukan struktur otak yang tepat, serta mendukung pemrosesan informasi kognitif. Selain itu, biji laku juga tinggi nutrisi dan juga merupakan sumber antioksidan.

9. Susu

Kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh ibu hamil menyebabkan keterlambatan pertumbuhan mental dan sangat memengaruhi perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan. Susu membantu mengembangkan fungsi kognitif yang sehat dan mendukung perkembangan otak pada bayi sebelum lahir.

Itulah beberapa pilihan makanan ibu hamil muda agar anak sehat. Selain mengonsumsi berbagai makanan tadi, jangan lupa juga untuk makan variasi makanan sehat lainnya, ya. 

Selain itu, penting juga untuk rutin memeriksakan kondisi kandungan selama hamil. Agar mudah, Ibu bisa download Halodoc untuk membuat janji dengan dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan.

Homelab Halodoc
Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2023. What Foods to Eat During Pregnancy for an Intelligent Baby.
Parents. Diakses pada 2023. The Best Foods for Baby Brain Development.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan