Perlu Tahu, Ini 7 Makanan yang Mengandung Estrogen

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 April 2024

“Wanita perlu menjaga keseimbangan hormon estrogen sebab hormon ini memiliki peran penting dalam mengatur reproduksi wanita. Tingkatkan kadar hormon estrogen dengan mengonsumsi buah beri, produk kedelai, dan sayuran hijau.”

Perlu Tahu, Ini 7 Makanan yang Mengandung EstrogenPerlu Tahu, Ini 7 Makanan yang Mengandung Estrogen

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta –  Pada wanita terdapat hormon spesial yang identik dengan hormon reproduksi wanita, yaitu estrogen. Hormon ini memiliki peran untuk mengatur siklus menstruasi, kesehatan reproduksi, dan keseimbangan hormonal.

Tidak hanya memiliki manfaat untuk mengatur dan menjaga reproduksi wanita, hormon estrogen juga memiliki fungsi fisiologis lainnya. Contohnya seperti fungsi otak, kesehatan jantung, dan kesehatan tulang.

Saking pentingnya peran hormon ini, kadar hormon estrogen pun perlu dijaga agar tetap seimbang. Mau tahu apa saja makanan yang dapat membantu untuk menambahkan kadar estrogen?

Makanan yang Mengandung Estrogen

Penting bagi setiap wanita untuk memperhatikan kadar hormon estrogen dalam tubuh, demi kesehatan reproduksi maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Kadar hormon estrogen yang terlalu rendah dapat menimbulkan risiko gangguan menstruasi, osteoporosis, gangguan keseimbangan hormonal, hingga perubahan mood

Ingin tau lebih lanjut mengenai fungsi hormon estrogen pada tubuh wanita? Simak di artikel berikut: “Ini 7 Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh Wanita yang Jarang Diketahui”.

Untuk mencegah kondisi hormon estrogen yang menurun, kamu dapat mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini:

1. Produk kedelai

Produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan produk lainnya memiliki senyawa fitoestrogen. Senyawa ini merupakan senyawa yang cukup mirip dengan estrogen alami dalam tubuh dan mampu untuk berinteraksi dengan reseptor estrogen pada tubuh wanita. 

Interaksi antara fitoestrogen dan reseptor estrogen ini pun dapat menghasilkan estrogen alami.

Baca artikel ini untuk mengetahui kandungan pada kedelai untuk kesehatan tubuh: “Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh”.

2. Ikan

Makanan selanjutnya adalah ikan. Ikan tertentu seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung omega-3 dan asam lemak yang tentunya dapat meningkatkan kadar estrogen sekaligus menjaga keseimbangan hormon.

3. Jagung

Sama seperti kedelai, senyawa lignan yang merupakan salah satu jenis fitoestrogen dapat ditemukan dalam jagung. Oleh karena itu, menambahkan jagung dalam menu harian dapat membantu untuk memengaruhi kadar estrogen dalam tubuh dan mengatur keseimbangan hormonal.

4. Sayuran Hijau

Rekomendasi makanan selanjutnya adalah sayuran hijau. Meskipun terkenal sebagai antioksidan, sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen. Kamu dapat menemukan kandungan fitoestrogen dalam sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun singkong, asparagus, dan kale.

5. Kacang-kacangan

Selanjutnya adalah kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang hijau. Ketiga jenis kacang-kacangan ini mengandung fitoestrogen yang dapat berkontribusi pada regulasi hormon estrogen pada tubuh wanita.

6. Buah-buahan

Buah-buahan, terlebih lagi buah beri seperti stroberi, bluberi, dan rasberi memiliki senyawa lignan yang merupakan jenis fitoestrogen. Buah tersebut memiliki ukuran yang kecil sehingga pas untuk dijadikan camilan. Selain itu, kamu juga bisa mengolah buah-buahan ini sebagai jus yang bisa menjadi pelengkap menu makan harianmu.

7. Gandum utuh

Terakhir adalah gandum utuh. Pasalnya, gandum utuh seperti oat maupun gandum hitam memiliki kadar fitoestrogen yang tinggi dan cukup praktis untuk diolah. Mengingat bahwa gandum merupakan sumber energi, kamu juga bisa memilih gandum utuh sebagai menu sarapan.

Nah, itulah rekomendasi makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Meskipun begitu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan arahan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. 

dengan kondisi tubuh. Tidak perlu khawatir, dokter obgyn di Halodoc selalu siap sedia 24 jam, dan privasimu akan tetap terjaga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2024. 8 Foods High in Estrogen and Why You Need It
Hormones Balance. Diakses pada 2024. How to Use Foods and Herbs to Boost Estrogen
Verywell Health. Diakses pada 2024. 7 Foods with Estrogen: How to Balance Your Levels.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan