Perlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Oktober 2024

“Ada beberapa makanan sehat untuk meningkatkan kualitas sperma pria. Di antaranya adalah taoge dengan kandungan vitamin E dan kacang-kacangan yang kaya asam lemak omega 3.”

Perlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma PriaPerlu Diketahui, Ini 8 Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria

DAFTAR ISI

  1. Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria
  2. Suplemen Kesehatan untuk Meningkatkan Kesuburan
  3. Hubungi Dokter Ini untuk Tips Meningkatkan Kesuburan Pria
    1. dr. Joko Sulistyo Sp.And
    2. dr. Raynaldo Witjaksono Sp.And

Sperma yang sehat dan berkualitas memiliki keterkaitan dengan kesuburan, di mana hal ini memengaruhi kehamilan. 

Jika saat ini kamu dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, mungkin kamu penasaran bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma. 

Sebenarnya hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara. Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma.

Makanan Peningkat Kualitas Sperma Pria

Berikut ini beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma pria

1.  Tauge

Jika dikonsumsi secara teratur, tauge dapat meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya E-alfa merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas.

Rutin mengonsumsi tauge dapat menjaga kesehatan sperma dan mencegah dari berbagai kerusakan dan serangan radikal bebas. Maka, kualitas sperma pun akan meningkat.

2.  Wortel

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, wortel juga meningkatkan kesuburan seorang pria.

Hal ini merujuk pada sebuah studi yang dipublikasikan pada The Journal Fertility and Sterility.

Menurut studi, asupan karotenoid yang terkandung pada wortel dikaitkan dengan motilitas sperma yang lebih tinggi dan morfologi sperma yang lebih baik.

Motilitas adalah istilah menggambarkan kemampuan sperma ‘berenang’ mencapai sel telur. 

Nah, Ini Hal yang Bisa Diketahui dari Hasil Cek Sperma.

3.  Kerang-kerangan

Makanan jenis kerang-kerangan, seperti tiram dan remis kaya kandungan zinc yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sperma dan testosteron.

Di mana keduanya merupakan elemen yang penting dalam kesehatan reproduksi pria. 

Selain itu, kerang-kerangan juga merupakan sumber zat besi yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke alat genital.

Kandungan lainnya, seperti vitamin B12 dan vitamin D dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Oleh karena itu, mengonsumsi kerang-kerangan seperti tiram dalam jumlah yang tepat tentunya dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma. 

Cari tahu juga, 6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Reproduksi.

4.  Biji-bijian

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada biji-bijian (biji labu, biji wijen, dan biji bunga matahari) tak hanya bermanfaat untuk mencerdaskan otak.

Nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk menstimulasi aliran darah ke organ seksual dan meningkatkan kinerja seksual pria. 

Biji-bijian ini bisa dimakan langsung sebagai camilan tanpa harus dimasak dulu.

5.  Asparagus

Tak hanya wanita, pria perlu memenuhi asupan folat dalam tubuhnya. Sebab, tanpa asupan folat yang tepat, pria berisiko menghasilkan sperma abnormal yang mengandung sedikit atau terlalu banyak kromosom.

Nah, asparagus adalah salah satu sumber folat terbaik.

Oleh karena itu, pria dianjurkan untuk mengonsumsi seporsi asparagus yang dapat memenuhi 50% kebutuhan asam folat per hari. 

Pada pria yang memiliki kualitas sperma rendah, mengonsumsi asparagus sangat baik karena kandungan asam amino L-Carnitin yang terdapat di dalamnya dapat menormalkan sel sperma dan memperbaiki motilitas sperma.

6.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesuburan pria. Sebagai contoh, kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3, kenari meningkatkan vitalitas sperma.

Selain kacang kenari, jenis kacang lentil juga menjadi salah satu makanan peningkat kualitas sperma yang direkomendasikan.

Sebab, jenis kacang yang satu ini merupakan sumber folat yang menjadi katalis penting dalam produksi sperma. 

7.  Alpukat

Makanan yang kaya akan lemak tak jenuh, seperti alpukat, biasanya juga kaya antioksidan.

Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi sperma dari kerusakan sel.

Ia juga menjaganya tetap kuat dan lincah sehingga mampu bertahan lebih lama saat harus ‘berenang’ menuju tuba falopi dan membuahi sel telur.

8. Pisang 

Pisang kaya vitamin B1, C, dan magnesium. Beberapa kandungan nutrisi dapat meningkatkan motilitas sperma dan membantu produksi sperma.

Menariknya lagi, pisang juga mengandung enzim langka yang disebut bromelain. Enzim bromelain dapat mengatur hormon seks dan menghibur suasana hati. 

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma yang dapat berpengaruh terhadap kesuburan. Mulai dari tauge, wortel, kerang-kerangan, biji-bijian, asparagus, hingga pisang.

Selain berkhasiat tingkatkan kesuburan, beberapa makanan tersebut diperkaya dengan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa makanan tersebut ke pola dietmu setiap harinya. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kesuburan, sebaiknya tanyakanlah hal ini ke dokter.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk mendapatkan informasi medis yang kamu butuhkan.

Suplemen Kesehatan untuk Meningkatkan Kesuburan

Selain makan makanan sehat, Kementerian Kesehatan RI juga merekomendasikan suplemen dengan kandungan asam folat, dan antioksidan seperti vitamin (C, D, dan E) untuk meningkatkan kesuburan pria. 

Menurut jurnal yang dipublikasikan dalam Reproductive Biomedicine Online,  pria yang mengonsumsi antioksidan dalam bentuk suplemen memiliki risiko kerusakan DNA sperma yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi suplemen sama sekali. 

Nah, Plusfortil adalah salah satu suplemen yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma.

Plusfortil menjadi satu-satunya suplemen kesehatan yang dirancang untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas pada pria dengan formula unik yang telah dipatenkan.

Terbukti melalui 8 uji klinis, Plusfortil meningkatkan kualitas sperma dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Suplemen ini mengandung kombinasi nutrisi penting seperti vitamin E, Asam Folat, Zinc, Selenium, Koenzim Q10, L-Carnitine, L-Arginine, dan Glutation. 

Paduan komposisi tersebut mampu meningkatkan peluang kehamilan dengan cara meningkatkan kualitas dari sperma, sehingga menjadikannya pilihan yang efektif bagi pria yang ingin meningkatkan kesuburan mereka.

Suplemen kesuburan ini bisa diminum dua kapsul sehari 1 kali, dengan atau setelah makan. Selain itu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis dan aturan pakai suplemen yang tepat sesuai kondisimu. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi Plusfortil, antara lain: 

  • Hindari penggunaan suplemen ini bersamaan dengan obat warfarin dan statin. 
  • Penggunaan suplemen harus disertai dengan menjalani gaya hidup sehat.

Hubungi Dokter Ini untuk Tips Meningkatkan Kesuburan Pria

Apabila kamu atau orang terdekat membutuhkan tips untuk meningkatkan kesuburan, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc.

Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan tips yang tepat dan efektif. Selain itu, mereka juga bisa menangani berbagai masalah terkait kesuburan pada pria.

Jangan khawatir, dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Raynaldo Witjaksono Sp.And

Pertama, kamu bisa menghubungi dr. Raynaldo Witjaksono Sp.And. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2007 dan Universitas Airlangga pada 2012.

Ia berpraktik di Samarinda, Kalimantan Timur, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi (PERSANDI) dengan nomor STR 3511806422093849.

Dengan pengalaman selama 16 tahun sebagai dokter andrologi, Ia mampu memberikan saran untuk meningkatkan kualitas sperma melalui Halodoc.

Chat dr. Raynaldo Witjaksono Sp.And mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Joko Sulistyo Sp.And

Selanjutnya, ada dr. Joko Sulistyo Sp.And yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2003 dan 2020. 

Dokter Joko Sulistyo Sp.And  saat ini berpraktik di Bojonegoro, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi (PERSANDI) dengan nomor STR 3511806421075877.

Dengan pengalaman selama 21 tahun yang ia miliki, dr. Joko Sulistyo Sp.And mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara meningkatkan kualitas sperma.

Chat dr. Joko Sulistyo Sp.And mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis andrologi yang bisa kamu hubungi untuk tips meningkatkan kualitas sperma

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tenang saja, privasi kamu pasti terjaga dengan aman di Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2024. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.
Parenting First Cry. Diakses pada 2024. 20 Fertility Foods That Can Help Increase Your Sperm Count. 
Journal of Fertility and Sterility. Diakses pada 2024. Semen quality in relation to antioxidant intake in a healthy male population.
Reproductive Biomedicine Online. Diakses pada 2024. Role of antioxidants in treatment of male infertility: an overview of the literature. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan