Pentingnya Memberikan Afirmasi Positif untuk Anak

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2022

“Cara orang tua berbicara dengan anak-anak akan menjadi dialog batin mereka. Inilah sebabnya, orang tua perlu selalu memberikan afirmasi positif kepada sang buah hati.”

Pentingnya Memberikan Afirmasi Positif untuk AnakPentingnya Memberikan Afirmasi Positif untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Anak-anak membutuhkan afirmasi positif. Sebagai orang tua, ibu dan ayah pasti mengetahui pentingnya anak mendapatkan nutrisi, minum, tidur, dan olahraga yang mereka butuhkan. Sementara hal tersebut penting untuk kelangsungan hidup fisik, afirmasi positif sama pentingnya untuk kesejahteraan emosional dan mental anak-anak.

Apa yang orang tua masukkan ke dalam anak diri anak adalah apa yang ibu dan ayah dapatkan dari anak. Jika anak hanya mendengar komentar negatif tentang diri mereka sendiri, sebenarnya ibu dan ayah justru akan melihat lebih banyak sifat negatif tersebut.

Pentingnya Memberikan Afirmasi Positif untuk Anak

Pikirkan betapa senangnya perasaan ibu ketika seseorang memberi ibu pujian. Anak-anak juga merasakan hal tersebut di dalam diri mereka. Ketika masih belia, anak memperoleh begitu banyak anggapan terhadap diri mereka dari orang tua. 

Anak akan memperhatikan dan mendengarkan bahkan ketika ibu dan ayah tidak menyadarinya. Bagaimanapun juga, ibu dan ayah adalah pendukung terbesar anak selama tumbuh kembang mereka. Jadi, berikan afirmasi positif untuk anak setiap saat, karena beberapa alasan berikut ini. 

1. Anak menjadi lebih percaya diri

Seorang anak yang percaya diri merasa seolah-olah mereka dapat menghadapi dunia. Ketika orang dewasa mengucapkan kata-kata yang kuat dan positif, mereka merasa lebih mampu dan lebih bersedia untuk menghadapi tantangan baru.

Afirmasi positif lebih dari sekadar kata atau kalimat. Justru, mereka berkontribusi pada pola pikir yang berkembang dan membantu membentuk siapa yang anak percayai.

Ibu adalah dialog batin anak ibu sendiri. Ini berarti mereka akan percaya apa yang ibu katakan tentang mereka. Jika ibu mengatakan mereka besar, kuat, dan luar biasa, maka mereka akan mempercayai hal itu.

2. Cara orang tua bicara dengan anak akan menjadi dialog batin untuk diri mereka

Coba pikirkan kembali, apakah kata-kata yang ibu ucapkan kepada Si Kecil sekarang, adalah kata-kata yang ibu ingin mereka ucapkan sendiri bertahun-tahun berikutnya? Memang benar, betapa berbahayanya kata-kata dan tekanan yang ada pada diri orang tua untuk tidak melontarkannya pada anak-anak. 

Sejatinya, tidak ada orang tua yang sempurna. Setiap orang tua mungkin pernah mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya ibu katakan. Namun, ibu dapat menangkal beberapa efek negatif dari kalimat tersebut dengan menuangkan hal-hal positif.

3. Afirmasi positif membangun ketangguhan anak

Memberikan umpan balik positif tentang upaya dan pencapaian adalah cara yang bagus untuk membangun ketangguhan dan ketekunan. Bahkan saat anak berjuang untuk suatu tugas atau tujuan, memberikan dukungan secara positif akan memotivasi mereka untuk terus maju. 

Semakin orang tua memberikan dorongan dan keyakinan, semakin baik peluang anak untuk mencapai tujuan. Bukan rahasia lagi bahwa membangun kepercayaan diri memiliki peran besar dalam membangun ketangguhan anak-anak untuk terus maju, bahkan jika mereka merasa kesulitan.

4. Membantu memberikan pikiran dan perilaku positif pada anak

Menemukan sesuatu yang positif untuk ibu apresiasi setiap hari adalah cara termudah untuk mempraktikkan kepositifan. Ini merupakan bentuk latihan untuk selalu bersyukur atas hal kecil sekalipun. 

Menegaskan upaya, pencapaian, dan perilaku anak secara positif setiap hari membantu ibu mulai mengenali hal-hal positif. Selain itu, ibu akan lebih berfokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan, daripada hal-hal yang tidak bisa mereka lakukan. 

Selain itu, berfokus dan mengapresiasi hal positif juga mendorong anak untuk menemukan hal serupa dalam hidup mereka. Ini adalah keterampilan penting yang akan membantu anak sepanjang hidup mereka.

5. Melawan semua pikiran dan perilaku negatif

Memberi afirmasi positif pada anak setiap hari akan sangat membantu untuk melawan hal-hal negatif yang mungkin mereka temui. Anak-anak dengan kebutuhan khusus lebih cenderung mendapatkan intimidasi, perlakuan yang berbeda, bahkan mengarah pada hal yang negatif.

Memberikan penguatan positif akan membantu anak mengatasi tantangan. Selain itu, berusaha memberikan afirmasi positif secara teratur akan membantu anak-anak menjaga harga diri, mengenali kekuatan mereka, dan mengembangkan pandangan yang lebih sehat tentang diri mereka sendiri.

Membesarkan anak-anak dengan afirmasi positif secara teratur sangatlah penting. Pola asuh anak ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, orang tua juga harus tetap waspada dengan kesehatan fisik sang buah hati. 

Penuhi semua kebutuhan kesehatan anak dan keluarga lebih mudah dan praktis dari Halodoc, segera download Halodoc secara gratis dari App Store atau Play Store. 

Referensi:
Inclusive parenting. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Using Positive Affirmations With Your Kids.
The Chaos and The Clutter. Diakses pada 2022. Why Kids Need Positive Affirmations.
Zing! Diakses pada 2022. The Importance of Positive Affirmations for Kids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan