Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Agustus 2021
Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan TubuhPentingnya Konsumsi Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

“Penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dengan menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi vitamin. Beberapa vitamin diketahui membantu daya tahan tubuh agar bisa berfungsi optimal dalam melawan penyakit. Selain bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat, kebutuhan vitamin untuk daya tahan tubuh juga bisa dilengkapi dengan mengonsumsi suplemen.”

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana berbagai varian baru virus corona yang lebih mudah menular bermunculan, menjaga daya tahan tubuh menjadi penting untuk dilakukan. Sama seperti prajurit, daya tahan tubuh merupakan pertahanan tubuh yang akan mencegah dan melawan bakteri, virus dan “musuh” lainnya, sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Nah, kamu bisa menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dengan menjalani pola hidup sehat. Salah satu contohnya dengan mencukupi kebutuhan vitamin harian yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh keluarga dan menjaga kesehatan tulang dengan baik. Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini Penjelasan Sistem Imun yang Kuat Bisa Lawan Virus Corona

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sebenarnya secara teknis tidak bisa ditingkatkan, karena itu merupakan sebuah sistem dari banyak bagian, bukan sebuah unit. Namun, daya tahan tubuh bisa diperkuat agar bisa berfungsi secara maksimal untuk melawan penyakit.

Berikut ini strategi hidup sehat yang bisa dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh:

  • Berolahraga secara teratur. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit setiap minggu.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang kaya buah dan sayuran. 
  • Menjaga berat badan yang sehat. Jagalah agar indeks massa tubuh berada di kisaran 18,5–24,9. Bila kamu memiliki kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkannya dengan cara yang sehat, seperti olahraga dan diet yang sehat dan seimbang.
  • Usahakan untuk tidur yang cukup setiap malam.
  • Mengurangi stres dengan mekanisme koping yang baik, seperti menghubungi orang-orang yang dikasihi secara virtual, berlatih meditasi secara teratur, berolahraga atau hobi lainnya.
  • Berhenti merokok.
  • Batasi konsumsi alkohol dalam jumlah sedang.
  • Melakukan upaya untuk mencegah infeksi, seperti mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca juga: Waspada, 6 Kebiasaan Ini Menurunkan Kekebalan Tubuh

Vitamin yang Penting untuk Daya Tahan Tubuh Kuat

Selain melakukan gaya hidup sehat di atas, mengonsumsi vitamin juga penting untuk daya tahan tubuh. Berikut ini vitamin dan nutrisi yang penting untuk daya tahan tubuh:

  • Vitamin C adalah salah satu penguat sistem kekebalan yang paling besar. Vitamin yang satu ini membantu mencegah infeksi virus, bakteri, dan lainnya dengan mempercepat penyembuhan dan bertindak sebagai antihistamin alami dan antiinflamasi.

Memenuhi asupan vitamin C harian penting untuk kesehatan yang baik, karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menyimpannya. Kekurangan vitamin C bisa membuat kamu lebih mudah jatuh sakit.

  • Vitamin D juga merupakan salah satu nutrisi yang memperkuat daya tahan tubuh yang penting untuk mencegah pilek dan flu.
  • Vitamin B6 yang membantu tubuh dalam memproduksi antibodi dan sel darah putih untuk meningkatkan imun tubuh. Vitamin B6 juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah. Selain itu, vitamin B6 juga membantu menjaga kesehatan otot dan saluran pencernaan dalam tubuh. 
  • Zinc.  Asupan zinc diperlukan untuk memproduksi sel sistem imun yang baru. Nutrisi ini juga bisa membantu mengurangi jumlah infeksi dan durasi flu biasa bila diminum dalam waktu 24 jam setelah gejala.
  • Echinacea. Bunga yang tumbuh di Amerika Utara ini mengandung senyawa yang bisa memberi banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan peradangan, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi kecemasan.

Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Konsumsi Suplemen Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin penguat daya tahan tubuh di atas dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Namun, bila kamu tidak mendapatkan cukup asupan buah dan sayuran dalam menu makanan, cobalah pertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

Produk suplemen yang baik untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh adalah Protecal dari Konimex. Suplemen yang bebas gula ini juga memiliki sediaan effervescent yang mudah diserap oleh tubuh sehingga bekerja dengan lebih efektif. Selain itu, Protecal juga aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Protecal memiliki dua varian produk untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh, yaitu Protecal Solid dan Protecal Defense. Protecal Solid memiliki komposisi, yaitu vitamin C 1000 mg, kalsium 250 mg, vitamin D 300 IU, dan vitamin B6 15 mg.

Protecal Solid berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan sekaligus berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. 

Protecal Defense adalah minuman suplemen yang mengandalkan triple action, yaitu vitamin C 1000 mg, zinc 10 mg, dan echinacea purpurea extract 25 mg untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Produk ini tersedia dalam kemasan tube isi 10 tablet effervescent dan kemasan dus isi 10 strip @ 1 tablet effervescent

Kamu bisa membeli dua varian dari Protecal ini melalui aplikasi Halodoc. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
University of Maryland Medical System. Diakses pada 2021. Boost the Immune System.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan