Obat Asam Lambung Naik yang Mudah Ditemukan di Apotik

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Juli 2024

“Kamu dapat meredakan gejala asam lambung yang tiba-tiba muncul dengan menggunakan obat asam lambung. Beberapa rekomendasi obatnya yaitu Promag Suspensi, Polysilane Suspensi, Plantacid Sirup, Magalat Sirup, dan Strocain P yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Obat Asam Lambung Naik yang Mudah Ditemukan di ApotikObat Asam Lambung Naik yang Mudah Ditemukan di Apotik

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Asam Lambung Naik di Apotek

  1. Promag Suspensi 60 ml
  2. Polysilane Suspensi 100 ml
  3. Plantacid Sirup 100 ml
  4. Magalat Sirup 100 ml
  5. Strocain P 400 mg 10 Tablet

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung atau GERD yang tidak ditangani bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Contohnya seperti rasa tidak nyaman di perut dan tenggorokan, esofagitis, hingga esofagus barrett yang bisa memicu timbulnya sel-sel kanker. 

Nah, selain dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah asam lambung yakni dengan menggunakan obat-obatan. 

Berikut ini beberapa rekomendasi obat asam lambung yang bisa dibeli di apotek. Simak selengkapnya, ya!

Pilihan Obat Asam Lambung Naik

Berikut ini beberapa pilihan obat asam lambung paling ampuh di apotek yang bisa segera kamu dapatkan:

1. Promag Suspensi 60 ml 

Obat asam lambung naik yang bisa dibeli di apotek pertama ada Promag Suspensi 60 ml. Obat ini mengandung hydrotalcite, magnesium hydroxide, dan simethicone, yang bisa bantu meringankan gejala sakit maag karena kelebihan asam lambung seperti mual, perih, serta nyeri di ulu hati. 

Obat ini bisa diminum dengan dosis sebagai berikut: 

  • Dewasa: 1-2 sendok takar atau setara 5-10 ml, 3-4 kali sehari. 
  • Anak usia 6-12 tahun: 1 sendok takar atau setara 5 ml, 3-4 kali sehari. 

Promag Suspensi bisa diminum segera saat gejala timbul. Namun akan lebih baik jika diminum 1-2 jam sebelum makan atau sebelum tidur. Selain itu, kocok terlebih dahulu sebelum diminum ya. 

Kisaran harga: Rp14.600 per botol. 

Dapatkan Promag Suspensi 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Polysilane Suspensi 100 ml

Obat asam lambung berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah Polysilane Suspensi. 100 ml.

Polysilane Suspensi merupakan obat dengan kandungan dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida dalam bentuk sirup.

Penggunaannya bisa mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari, mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh pada lambung.

Untuk orang dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun, dosis konsumsi adalah 5-10 ml sebanyak 3-4 kali sehari. Sementara itu, untuk anak-anak usia 6-12 tahun, dosis konsumsinya adalah 2.5-5 ml sebanyak 3-4 kali sehari.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan kocok dahulu botolnya dan konsumsi sebelum makan atau 1-2 jam setelah makan dan menjelang tidur.

Kisaran harga: Rp31.000 per botol.

Dapatkan Polysilane Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Plantacid Sirup 100 ml

Jika kamu mengalami masalah asam lambung naik, Plantacid Sirup jadi salah satu obat yang bisa dikonsumsi. Obat ini mengandung aluminium hydroxide, magnesium hydroxide, serta simethicone. 

Seluruh kandungan tersebut akan bekerja mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, tukak lambung, serta tukak usus 12 jari. Misalnya perut kembung, perih, dan mual. 

Obat asam lambung ini bisa diberikan 1 jam setelah makan atau menjelang tidur malam, dengan dosis 5-10 ml. Namun saat menggunakan obat ini, kamu perlu berhati-hati terhadap efek sampingnya berupa konstipasi dan diare

Kisaran harga: Rp16.500 per botol. 

Dapatkan Plantacid Sirup 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Magalat Sirup 100 ml 

Magalat Sirup jadi salah satu rekomendasi obat untuk mengatasi masalah asam lambung. Obat asam lambung ini masuk dalam golongan obat bebas ini mengandung magaldrate dan simethicone, yang mampu mengatasi gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, perut kembung, hiatus hernia, maag, dispepsia, hingga masalah pada usus dua belas jari. 

Magalat sirup bisa diberikan di antara waktu makan dan menjelang tidur malam. Dosis awal yang bisa diberikan yakni 1-2 sendok takar, sebanyak 3-4 kali sehari. 

Obat ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Sebab, bisa memicu efek samping seperti gangguan fungsi usus, hipofosfatemia, konstipasi, dan diare. 

Kisaran harga: Rp44.000 per botol. 

Dapatkan Magalat Sirup 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Strocain P 400 mg 10 Tablet 

Terakhir ada Strocain P 400 mg 10 tablet yang bisa dikonsumsi untuk meredakan masalah asam lambung. Ini merupakan obat yang mengandung polymigel untuk mengatasi kelebihan asam lambung, yang ditandai dengan mual, kembung, serta heartburn.

Untuk pengobatan dewasa, Strocain P bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 tablet. Caranya dengan meminumnya 30-60 menit sebelum makan atau sebelum tidur. 

Obat ini tidak disarankan untuk diberikan pada penderita disfungsi ginjal dan hiperkalsemia. Selain itu, waspadai juga efek samping Strocain P berupa diare, konstipasi, mual, dan muntah. 

Kisaran harga: Rp33.200 per strip. 

Dapatkan Strocain P 400 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat asam lambung naik yang ampuh dan bisa kamu beli di apotek. Kamu dapat mengunjungi Toko Kesehatan Halodoc untuk mendapatkan obat-obatan tersebut secara online tanpa repot.

Selain itu, baca juga artikel: Gaya Hidup Sehat Bisa Membantu Mengatasi Penyakit Asam Lambung.

Bila asam lambung yang kamu alami masih sering kambuh meski sudah mengonsumsi obat di atas, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mencari tahu perawatan lain yang lebih efektif.

Hanya dengan smartphone yang kamu miliki, kini kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Penn Medicine News. Diakses pada 2024. Should You Be Afraid of Stomach-Acid Medicine?
MSD Manual Professional Version. Diakses pada 2024. Medications for the Treatment of Gastric Acidity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan