Muntah Terus Menerus? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Juli 2024

“Muntah terus menerus bisa menyebabkan kondisi serius apabila tidak segera ditangani. Kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc terkait cara penanganan yang tepat.”

Muntah Terus Menerus? Segera Hubungi Dokter IniMuntah Terus Menerus? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Gejala Muntah yang Perlu Diwaspadai
  2. Dokter di Halodoc untuk Menangani Muntah Berkepanjangan
    1. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD
    2. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD
    3. dr. Vera Bahar Sp.PD
    4. dr. Lingga Pradipta Sp.A
    5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Halodoc, Jakarta – Muntah adalah sebuah kondisi yang menimbulkan ketidaknyamanan, terlebih jika terjadi secara berkepanjangan. Ada sejumlah faktor yang bisa memicunya, mulai dari infeksi, keracunan makanan sampai efek samping obat.

Kamu perlu mengetahui penyebab muntah berkepanjangan untuk mendapat penanganan yang tepat. Sebab, pengobatan muntah bisa berbeda tergantung pengenyebabnya.

Gejala Muntah yang Perlu Diwaspadai

Nah, gejala muntah berkepanjangan yang perlu kamu waspadai meliputi:

  • Muncul gejala dehidrasi, seperti mulut kering, rasa haus yang berlebihan, urin sedikit, urin berwarna gelap, kulit kering, pusing, dan lemas.
  • Muntah mengandung darah yang bisa menjadi tanda adanya masalah serius seperti perdarahan dalam saluran pencernaan.
  • Nyeri perut yang hebat atau berkepanjangan yang dapat menandakan kondisi medis serius seperti pankreatitis, obstruksi usus, atau appendisitis.
  • Muntah yang disertai demam tinggi yang  bisa menunjukkan adanya infeksi serius.
  • Penurunan berat badan yang signifikan tanpa alasan yang jelas. Hal ini dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius.
  • Merasa sangat lelah atau lemah akibat tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi atau cairan karena muntah berkepanjangan.
  • Penurunan kesadaran, seperti kebingungan atau pingsan.
  • Muntah berwarna hijau atau kuning yang menandakan adanya masalah pada saluran empedu atau obstruksi usus.

Hati-hati, ini Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Muntah Darah yang bisa terjadi.

Muntah berkepanjangan bisa mengindikasikan kondisi yang memerlukan penanganan segera untuk mencegah komplikasi serius.

Dokter di Halodoc untuk Menangani Muntah Berkepanjangan

Jika kamu atau orang terdekat mengalami muntah berkepanjangan jangan abaikan dan segera hubungi dokter penyakit dalam di Halodoc.

Berikut beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani sehingga kamu tak perlu ragu untuk menghubunginya:

1. dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD

Kamu dapat menghubungi dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019.

Saat ini, dokter Handoko Tejo Utomo Sp.PD berpraktik di Jebres, Surakarta, dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan muntah berkepanjangan.

Chat dr. Handoko Tejo Utomo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD. Ia adalah lulusan Universitas Andalas pada 2010 dan 2020.

Saat ini, ia berpraktik di Agam, Sumatera Barat, dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi muntah berkepanjangan.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengannya terkait penyakit diabetes, fungsi ginjal, dbd dan penyakit tropis, gangguan pencernaan, kesehatan paru, serta hipertensi.

Chat dr. Yosa Tamia Marisa Sp.PD mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan muntah berkepanjangan.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Sebagai pertolongan pertama, ini Daftar Obat Mual dan Muntah Dewasa yang Bisa Dibeli di Apotik untuk mengurangi gejala muntah. 

4. dr. Lingga Pradipta Sp.A

Jika Si Kecil yang mengalami muntah berkepanjangan, kamu bisa menghubungi dr. Lingga Pradipta Sp.A. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2011 dan Universitas Hassanuddin pada 2021.

Saat ini ia menjalani praktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Lingga Pradipta Sp.A bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait pengobatan muntah berkepanjangan pada anak. 

Kamu juga bisa berkonsultasi dengannya seputar nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, jantung anak, kesehatan remaja, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Lingga Pradipta Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Kamu juga bisa mengubungi dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2008 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Dokter Dwi Lestari Avianti kini berpraktik di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan anak yang mengalami muntah berkepanjangan.

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi tentang penanganan muntah berkepanjangan.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Nausea and Vomiting.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Nausea & Vomiting.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan