Muncul Gejala Tifus? Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatannya

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Agustus 2024

“Tifus terjadi ketika adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia atau Orienta menginfeksi tubuh melalui kutu atau tungau yang terinfeksi. Jika mengalami gejala seperti demam atau muncul ruam kulit, segera hubungi dokter di Halodoc untuk tangani kondisi tersebut.”

Muncul Gejala Tifus? Ini Dokter yang Bisa Bantu PerawatannyaMuncul Gejala Tifus? Ini Dokter yang Bisa Bantu Perawatannya

DAFTAR ISI

  1. Gejala Tifus yang Perlu Diwaspadai
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Muncul Gejala Tifus
    1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD
    2. dr. Hafiziani Sp.PD
    3. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM
    4. dr. Rae Fernandez Sp.A
    5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Halodoc, Jakarta – Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia atau Orientia yang ditularkan oleh tungau atau kutu yang terinfeksi. Penyakit ini umumnya terjadi di lingkungan dengan sanitasi yang buruk atau dari hewan yang terinfeksi. 

Serangga dan parasit juga dapat menularkan bakteri tifus ketika mereka menggigit tubuh dan meninggalkan kotoran yang mengandung bakteri di kulit. Karena itu, sangat disarankan untuk tidak menggaruk area yang gatal akibat gigitan hewan tersebut untuk mencegah bakteri semakin masuk ke aliran darah.

Gejala Tifus yang Perlu Diwaspadai

Secara umum tanda-tanda tifus biasanya mulai muncul dalam waktu 1 hingga 2 minggu setelah tubuh terinfeksi bakteri.

Gejalanya meliputi demam tinggi, sakit kepala, dan ruam kulit yang bisa semakin parah dalam beberapa minggu.

Berikut gejala umum penyakit tifus:

Selain itu, gejala tifus juga biasanya berbeda-beda bergantung pada jenis tifus yang diidap. 

Terdapat tiga jenis tifus, yaitu epidemik, endemik, dan scrub. Jenis tifus yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah tifus jenis scrub.

Jenis ini merupakan salah satu yang paling berbahaya dan dapat menyebabkan gagal organ bila tidak segera mendapat penanganan. 

Gejala dari tifus scrub, yaitu:

  • Sering merasa kebingungan atau mengalami gangguan mental lainnya.
  • Adanya bekas luka atau jaringan yang mengeras dan berwarna gelap yang muncul di area kulit yang telah terinfeksi.
  • Mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala tersebut sangat berbahaya dan harus segera memerlukan pertolongan medis. Karena itu, jika sudah mengalami gejala awal tifus, segera lakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mendapat penanganan yang tepat agar kondisi segera membaik.

Hubungi Dokter Ini Jika Muncul Gejala Tifus

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala tifus seperti di atas, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah dampak yang tidak diinginkan sehingga kondisi bisa segera membaik.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2009 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini ia menjalani praktik di Bekasi, Jawa Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 7111401422105298.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan tifus. 

Chat dr. Ian Elnathan Himawan Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Catat, Ini Berbagai Pengobatan Tifus yang Bisa Dilakukan.

2. dr. Hafiziani Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Hafiziani Sp.PD yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2010 dan kemudian melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2022.

Ia kini berpraktik di Pasaman Barat, Sumatera Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR 1321401422112839.

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Hafiziani Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk tifus.

Chat dr. Hafiziani Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc. 

Tifus sering kali dianggap sama dengan tipes, padahal keduanya berbeda. Karena itu, Kenali Perbedaan Demam Tifoid dan Tifus.

3. dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM

Kamu juga bisa menghubungi dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM. Ia adalah lulusan Universitas Brawijaya pada 2010 dan 2018.

Saat ini, ia berpraktik di Tangerang Selatan dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dengan nomor STR HN00000374979867.

Berbekal pengalaman selama 15 tahun, dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengatasi tifus.

Chat dr. Dedy Indra Praja Sp.PD, FINASIM mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Rae Fernandez Sp.A

Pilihan lainnya, kamu bisa menghubungi dokter Rae Fernandez Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan pada 2013.

Ia kemudian melanjutkan studinya di Universitas Sam Ratulangi hingga mendapat gelar dokter spesialis pada 2021 silam.

Saat ini, ia menjalani praktik di Jakarta Barat, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR 7121201321143926.

Sebagai dokter spesialis anak yang punya pengalaman selama 12 tahun, dr. Rae Fernandez Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan tifus pada anak.

Chat dr. Rae Fernandez Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

5. dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A

Kamu juga bisa menghubungi dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 2017 dan 2023.

Dokter Almira Muthia Deaneva Sp.A kini berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dengan nomor STR GP00000766729720.

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar menangani anak yang mengalami tifus.

Chat dr. Almira Muthia Deaneva Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi untuk bantu atasi gejala tifus. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter tersebut agar gejala tifus yang kamu alami dapat segera diobati. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Typhus.
WebMD. Diakses pada 2024. Typhus.
Very Well Health. Diakses pada 2024. What Is Typhus?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan