Mudah Dibuat di Rumah, Ini Resep Ayam Kremes yang Gurih dan Nikmat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Juli 2023

“Ayam kremes mudah ditemukan di berbagai warung makan, restoran, atau pedagang kaki lima di seluruh Indonesia. Keberadaannya yang mudah diakses membuatnya menjadi hidangan yang populer dan menjadi favorit bagi banyak orang.”

Mudah Dibuat di Rumah, Ini Resep Ayam Kremes yang Gurih dan NikmatMudah Dibuat di Rumah, Ini Resep Ayam Kremes yang Gurih dan Nikmat

Halodoc, Jakarta – Ayam kremes adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang menyukainya karena beberapa alasan yang membuatnya menjadi favorit di berbagai kalangan. 

Ayam kremes umumnya dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah, sehingga memberikan rasa gurih dan sedap pada daging ayam. Tepung kremes yang dilapisi pada ayam juga mengandung bumbu, sehingga menambah citarasa yang kaya dan menggugah selera. Bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Ayam Kremes

Ada berbagai variasi rasa dan topping untuk ayam kremes, seperti rasa pedas, manis, atau bumbu khas daerah tertentu. Beberapa tempat bahkan menambahkan saus atau taburan spesial untuk memberikan sentuhan tambahan pada hidangan ini.  Bagaimana resep simpelnya?

Bahan-bahan:

  •  500 gram daging ayam (potong sesuai selera).
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam.
  • 1/2 sendok teh merica bubuk.
  • 2 siung bawang putih (haluskan).
  • 2 butir telur.
  • 100 gram tepung terigu.
  • 50 gram tepung maizena.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • 5 butir bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 buah cabai merah (sesuai selera).
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1/2 sendok teh merica bubuk.

Cara membuat:

1. Potong daging ayam sesuai selera dan cuci bersih. Lalu lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis, garam, merica bubuk, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Selanjutnya diamkan selama sekitar 30 menit agar bumbu meresap.

2. Sambil menunggu daging ayam meresap, siapkan bumbu halus dengan cara menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk.

3. Setelah daging ayam meresap, masukkan bumbu halus ke dalam wadah yang berisi daging ayam. Aduk rata hingga bumbu merata menempel pada daging ayam. Kemudian diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap lebih dalam.

4. Selanjutnya, kocok dua butir telur hingga rata dalam wadah terpisah. Sediakan juga campuran tepung terigu dan tepung maizena dalam wadah terpisah.

5. Gulingkan potongan daging ayam yang sudah dibumbui ke dalam campuran telur, pastikan seluruh permukaan daging tertutupi dengan telur.

6. Setelah itu, gulingkan daging ayam yang sudah dilumuri telur ke dalam campuran tepung terigu dan tepung maizena. Pastikan daging ayam terbalut dengan tepung secara merata.

7. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng daging ayam hingga berwarna keemasan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan ayam kremes dari minyak.

8. Ayam kremes siap disajikan. Hidangkan ayam kremes dengan nasi hangat dan sambal atau saus pilihan untuk menambah cita rasa.

Selain ayam kremes, kamu juga bisa mengolah ayam dengan berbagai resep berikut ini:

Tips Memasak Ayam Kremes yang Lebih Sehat

Jangan asal lezat, tapi juga harus sehat. Nah, ini adalah tips cara memasak ayam kremes biar lebih menyehatkan!

1. Pilih bagian ayam yang lebih sehat

Saat memilih daging ayam, pilihlah bagian ayam yang lebih sehat seperti dada atau paha tanpa kulit. Bagian-bagian ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada bagian ayam yang berlemak seperti sayap atau kulit.

2. Gunakan minyak zaitun atau kelapa 

Hindari minyak yang tinggi lemak jenuh, seperti minyak kelapa sawit atau minyak goreng curah.

3. Batasi penggunaan tepung 

Tepung yang terlalu tebal dapat menyerap minyak lebih banyak. Ada baiknya gunakan tepung secukupnya. Kamu bisa menggunakan tepung beras atau tepung jagung. karena teksturnya lebih ringan dan tidak terlalu banyak menyerap minyak. 

4. Goreng dengan api sedang

Penggorengan dengan api yang terlalu tinggi akan menyebabkan minyak cepat diserap oleh ayam, sehingga membuatnya lebih berlemak.

5. Gunakan kertas merang 

Setelah menggoreng ayam, alasi dengan kertas merang untuk menyerap kelebihan minyak. Ini membantu mengurangi kadar minyak pada hidangan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menyajikan ayam kremes yang lebih sehat dan tetap nikmat untuk dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba memasak ayam kremes yang lebih sehat dan lezat!

Selain dengan asupan makanan sehat, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas. Dapatkan secara mudah melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Detik Food. Diakses pada 2023. Resep Ayam Goreng Kremes yang Gurih Renyahnya Bikin Nagih.
Brilio Food. Diakses pada 2023. 18 Resep kreasi ayam kremes sederhana, gurih, dan nikmat.
Kompas.com. Diakses pada 2023. Resep Ayam Kremes Renyah dan Gurih untuk Bekal Sekolah Anak.
Halodoc. Diakses pada 2023. 5 Tips Gunakan Minyak Goreng yang Sehat.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan