Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISFP

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Oktober 2021
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISFPMengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISFP

“Orang dengan kepribadian ISFP punya karakter yang kuat. Mereka berhati-hati dalam mengambil keputusan, suka fokus pada detail, dengan pembawaan yang tenang. Namun, mereka juga ramah, perhatian, dan suka berbaur dengan kelompok kecil terdekatnya.”

Halodoc, Jakarta – Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) mengklasifikasikan kepribadian menjadi 16 tipe. Salah satu tipe yang menarik untuk dibahas adalah kepribadian ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving). 

Disebut sebagai kebalikan dari ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, and Judging), seorang ISFP digambarkan sebagai sosok yang tenang, santai, dan pecinta damai. Yuk ketahui lebih lanjut tentang karakter tipe kepribadian ini!

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

Karakter Tipe Kepribadian ISFP

Setiap kepribadian yang diklasifikasikan menurut MBTI itu punya keistimewaan masing-masing. Berikut ini beberapa karakter dari tipe kepribadian ISFP yang menarik untuk disimak:

  1. Suka Menunda Pengambilan Keputusan

Bukan karena plin-plan, seorang ISFP suka membiarkan pilihan mereka tetap terbuka. Jadi, sebisa mungkin mereka akan menunda pengambilan keputusan, untuk melihat apakah ada perubahan atau opsi baru yang muncul. 

  1. Si Pendiam yang Ramah dan Suka Berbaur Dengan Kelompok Kecil

Pada dasarnya, seorang ISFP itu pendiam dan sensitif. Seperti layaknya orang introvert lain, mereka membutuhkan waktu untuk sendiri. Namun, mereka juga ramah dan suka berbaur dengan kelompok kecil, seperti teman dekat dan keluarga. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFP

  1. Peduli dan Perhatian

Meski pendiam, orang dengan kepribadian ISFP terkenal cinta damai, serta peduli dan perhatian terhadap orang di sekitarnya. Pembawaan yang tenang dan santai membuat mereka juga dapat menerima orang lain apa adanya. 

  1. Fokus pada Detail

Seorang ISFP suka fokus pada detail. Mereka juga senang menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan yang terjadi saat ini, daripada mengkhawatirkan masa depan.

  1. Bukan Seorang Pemimpi

Alih-alih jadi seorang pemimpi yang suka berandai-andai, orang dengan kepribadian ISFP lebih suka melakukannya. Mereka tidak menyukai teori abstrak dan lebih suka situasi belajar yang membuat mereka mendapatkan pengalaman langsung.

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTP

Itulah pembahasan mengenai karakter dari tipe kepribadian ISFP. Dapat diketahui bahwa pemilik kepribadian ini pada dasarnya pendiam, menyukai detail, tetapi juga ramah dan perhatian pada orang lain.

Namun, apa yang dijelaskan hanyalah garis besarnya. Bila kamu merasa kesulitan untuk memahami kepribadian dan karakter diri sendiri, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan psikiater di rumah sakit.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. ISFP: The Artist (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving).
16Personalities. Diakses pada 2021. Adventurer Personality.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan