Mengenal Sodium Dehydroacetate, Pengawet Makanan Berbahaya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Juli 2024

“Sodium dehydroacetate merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan untuk mengawetkan atau memperpanjang masa simpan produk kosmetik. Penggunaan senyawa ini pada makanan masih belum bisa dipastikan tingkat keamanannya.”

Mengenal Sodium Dehydroacetate, Pengawet Makanan BerbahayaMengenal Sodium Dehydroacetate, Pengawet Makanan Berbahaya

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Sodium Dehydroacetate?
  2. Mengapa Sodium Dehydroacetate dalam Makanan Berbahaya?

Halodoc, Jakarta – Pengawet makanan terbagi menjadi dua, yaitu pengawet alami dan pengawet kimia. Keduanya sama-sama berperan untuk memperpanjang masa penyimpanan suatu makanan dengan cara mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Meski terdapat pengawet alami, tak jarang produsen suatu makanan memilih menggunakan pengawet kimia. Sebab, pengawet kimia dapat menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama, termasuk pengawet dalam makanan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, yaitu sodium dehydroacetate.

Apa Itu Sodium Dehydroacetate?

Sodium dehydroacetate merupakan garam natrium dari asam dehydroacetic yang berbentuk bubuk putih yang tidak berasa dan tidak berbau. 

Umumnya, senyawa ini digunakan pada produk kosmetik, seperti losion atau skin care

Selain pada kosmetik, senyawa yang memiliki rumus kimia C8H7NaO4 ini juga digunakan untuk produk perawatan pribadi, seperti produk perawatan kuku, rambut, dan parfum.

Penggunaan sodium dehydroacetate dalam produk kosmetik berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan ragi sehingga dapat memperpanjang masa simpan produk kosmetik tersebut.

Bahkan, senyawa ini bekerja dengan efektif pada konsentrasi yang sangat rendah untuk mencegah pertumbuhan mikroba bakteri dan jamur.

Cosmetic Ingredient Review (CIR) di Amerika telah meninjau dan memastikan bahwa penggunaan senyawa kimia ini aman untuk digunakan dalam produk kosmetik. 

Namun, penggunaan sodium dehydroacetate tidak hanya orang gunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik, tetapi juga pada makanan.

Sama seperti halnya pada produk kosmetik, efek antimikroba pada sodium dehydroacetate dapat menghambat aktivitas ragi, jamur, dan bakteri pada makanan sehingga dapat memperpanjang masa simpan makanan tersebut.

Mengapa Sodium Dehydroacetate dalam Makanan Berbahaya?

Sebenarnya penggunaan sodium dehydroacetate telah mendapat persetujuan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika, tetapi FDA menyetujui penggunaan senyawa berkode E266 ini untuk labu siam potong atau kupas.

Karena itu, penggunaan sodium dehydroacetate pada makanan lainnya belum bisa dipastikan tingkat keamanannya.

Terlebih, penggunaan senyawa kimia khususnya pengawet makanan pada suatu makanan harus sesuai atau memiliki batas maksimum tersendiri agar tidak menimbulkan dampak yang berbahaya.

Karena itu, penggunaan sodium dehydroacetate pada jenis makanan apa pun harus memiliki aturan dan batas maksimum yang terkandung untuk memastikan bahwa tidak ada risiko kesehatan bagi yang mengonsumsi.

Catat, Ini 7 Jenis Bahan Pengawet Makanan yang Aman untuk Kamu Konsumsi.

Artinya, penggunaan sodium dehydroacetate pada makanan harus memiliki aturan yang mengatur kandungannya pada setiap makanan yang menggunakan pengawet tersebut.

Di samping itu, terdapat beberapa pengawet makanan lain yang bisa berbahaya bagi kesehatan, yaitu:

Formalin

Senyawa ini bersifat karsinogenik yang berarti mengonsumsi formalin dalam jumlah banyak atau dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Sebab, biasanya senyawa ini orang gunakan untuk produk pembasmi serangga dan pembersih pakaian.

Boraks

Boraks mengandung zat yang beracun bagi manusia. Jika tertelan, boraks dapat menyebabkan dampak negatif pada ginjal, hati, sistem saraf, hormon, dan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan risiko kanker. 

Natrium benzoate

Meskipun masih ada perdebatan mengenai dampak negatif sodium benzoate pada tubuh setelah kamu konsumsi, penelitian menunjukkan bahwa pengawet makanan natrium benzoat dapat memicu kanker jika bercampur dengan minuman asam. 

Natrium nitrat

Senyawa ini berfungsi untuk mengawetkan jenis-jenis daging, seperti daging sapi.

Dokter merekomendasikan kadar natrium nitrat tidak melebihi 3,7 miligram per kilogram berat badan.

Kelebihan zat ini dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, gastroenteritis, gagal ginjal, masalah hati, dan hipertensi.

Tert-Butylhydroquinone (TBHQ)

Zat ini biasanya orang gunakan pada minyak sayur, lemak hewan, mi, dan makanan beku.

Jika kandungan zat ini melebihi 0,02 persen dari minyak yang terdapat dalam produk, dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan.

Misalnya, seseorang bisa mengalami masalah penglihatan, gangguan hati, dan gangguan saraf.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan-makanan yang mengandung pengawet kimia. 

Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan efek samping apabila kamu mengonsumsinya secara terus-menerus. 

Karena itu, Kamu Harus Kenali Bahan Pengawet Makanan yang Berbahaya.

Sementara itu, jika kamu mengalami gejala suatu penyakit setelah konsumsi makanan tertentu, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc. 

Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan dan juga memberikan rekomendasi obat atau vitamin yang kamu butuhkan untuk menunjang kesehatan.

Tunggu apa lagi? Yuk pakai Halodoc sekarang!

Referensi:
Ataman Chemicals. Diakses pada 2024. Sodium Dehydroacetate. 
Food Additives. Diakses pada 2024. What is Sodium Dehydroacetate in food: Uses and Safety. 
Newseed Chemical. Diakses pada 2024. Sodium Dehydroacetate Side Effects. 
Lotion Crafter. Diakses pada 2024. Sodium Dehydroacetate (SDHA). 
Ultrus Prospector. Diakses pada 2024. Sodium Dehydroacetate. 
INCIGuide. Diakses pada 2024. Sodium Dehydroacetate
Cosmetics Info. Diakses pada 2024. Sodium Dehydroacetate
Badan Litbang Kesehatan RI. Diakses pada 2024. Identifikasi Senyawa Produk Reaksi Formalin dengan Protein Hewani dan Nabati dalam Bahan Makanan.
Healthline. Diakses pada 2024. The Potential Dangers of TBHQ; Is Sodium Nitrate Bad for You?; What Is Sodium Benzoate? Everything You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2024. Borax.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan