Mengenal Skala Scoville untuk Mengukur Tingkat Kepedasan Cabai

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Mei 2023

“Skala scoville merupakan metode untuk mengukur tingkat kepedasan cabai, dengan satuan bernama SHU. Adapun, caranya dengan melarutkan kandungan capsaicin dalam cabai, menggunakan air dan gula hingga rasa pedasnya hilang.”

Mengenal Skala Scoville untuk Mengukur Tingkat Kepedasan CabaiMengenal Skala Scoville untuk Mengukur Tingkat Kepedasan Cabai

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa pedas cabai yang kamu makan? Atau mengapa beberapa cabai terasa sedikit manis sementara cabai yang lain terasa begitu pedas? Nah, skala scoville dapat membantu kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Skala scoville adalah teknik mengukur pedasnya cabai dalam satuan Scoville Heat Unit atau SHU. Dan, kalau kamu masih asing dengan istilah ini, yuk simak informasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai skala scoville.

Apa Itu Skala Scoville?

Skala scoville adalah metode untuk mengukur tingkat kepedasan dari cabai, paprika, atau produk makanan pedas lainnya seperti saus dan lada. Ukuran skala merujuk pada konsentrasi capsaicin, yaitu komponen aktif dalam cabai yang menghasilkan sensasi pedas, terbakar, atau panas saat kamu memakannya.

Untuk mengukur sensasi pedas pada cabai, menggunakan satuan Scoville Heat Units atau SHU. Adapun, SHU berguna untuk mengukur berapa jumlah air gula dalam melarutkan capsaicin, hingga rasa pedasnya hilang.

Misalnya, jalapeno memiliki 2.000-8.000 SHU, artinya butuh 2.000-8.000 air gula untuk melarutkan capsaicin dalam jalapeno. Semakin banyak air gula, semakin tinggi pula kandungan capsaicin dalam cabai. Jika kandungan capsaicin tinggi artinya cabai tersebut memiliki rasa yang sangat pedas. 

Siapa yang Menemukan Skala Scoville?

Skala scoville pertama kali muncul melalui seorang apoteker yang bernama Wilbur Scoville pada 1912 silam. Uniknya Scoville tidak menciptakan skala ini untuk kebutuhan kuliner, melainkan untuk menemukan dosis capsaicin yang tepat, untuk bahan ke dalam krim penghilang rasa sakit.

Selain memberikan sensasi panas di lidah, capsaicin juga memiliki efek analgesik yang dapat menghilangkan rasa nyeri pada kulit. Nah, skala scoville mengukur jumlah capsaicin dalam cabai yang berbeda, sehingga, ia dapat menemukan rasio yang sempurna untuk krim medis.

Cara Kerja untuk Mengukur Tingkat Kepedasan

Untuk mengukur tingkat kepedasan, Scoville membutuhkan minyak capsaicin dari cabai yang telah melalui proses ekstraksi, larutan air gula, dan lima orang untuk menguji rasa. Minyak capsaicin tersebut bercampur dengan larutan air gula, sampai titik para penguji sudah tidak dapat mendeteksi sensasi pedasnya lagi.

Kemudian, skor SHU diberikan pada berapa banyak air gula yang dibutuhkan. Misalnya jika cabe rawit memiliki 30.000-50.000 SHU, maka ekstrak capsaicin dari cabe rawit perlu dilarutkan sebanyak 30.000 hingga 50.000 kali. Ketahui juga bahaya makanan pedas, di laman berikut, “Ini Bahaya Banyak Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh.”

Apakah Skala Scoville Akurat?

Meskipun terkenal, tetapi skala scoville sebenarnya merupakan tes yang subjektif. Sebab, meskipun tes ini melibatkan lima penguji, tetapi keakuratan tes bergantung pada kemampuan masing-masing individu untuk merasakan panas (jumlah reseptor) dan seberapa mudah mereka menjadi tidak peka terhadap sensasi tersebut.

Jadi, hasil tes scoville yang khas dapat bervariasi sebanyak 50 persen dari satu lab ke lab lainnya. Selain itu, yang menjadi masalah lain, yaitu penggunaan sampel. Kondisi kelembapan dan komposisi tanah sangat berpengaruh pada rasa pedas cabai.

Jadi, bisa saja ada kemungkinan satu jenis cabai yang sama memiliki tingkat SHU yang berbeda, karena cara penanaman dan lingkungan yang berbeda.

Metode Baru untuk Mengukur Tingkat Kepedasan

Saat ini, ukuran tingkat kepedasan masih dalam satuan SHU. Namun, metodologi untuk menentukan tingkat kepedasan kini telah banyak berubah. Para ilmuwan saat ini menggunakan prosedur High-Performance Liquid Chromatography atau HPLC untuk mengukur kadar capsaicinoids dalam cabai.

Prosedur ini dengan mengeringkan atau menggiling cabai, lalu mengekstraksi bahan kimia yang menyebabkan sensasi panas atau pedas. Kemudian, ekstrak cabai disuntikkan ke dalam HPLC untuk dianalisis. Metode ini memungkinkan penentuan jumlah masing-masing capsaicinoids secara lebih akurat. 

Itulah hal-hal mengenai skala scoville. Apabila kamu memerlukan obat atau vitamin, kini kamu bisa mengaksesnya dengan lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Tentunya obat dan vitamin yang tersedia dalam Halodoc sudah terjamin originalitasnya dan berlabel BPOM. Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Spice and Life. Diakses pada 2023. The Scoville Scale: A Comprehensive Guide.
Webstaurantstore. Diakses pada 2023. What Is Scoville Scale? 
Science Notes. Diakses pada 2023. Scoville Scale for Peppers and Other Hot Chemicals.
Chilli Pepper Madness. Diakses pada 2023. The Scoville Scale. 
Chilli Pepper Madness. Diakses pada 2023. Cayenne Peppers – All About Them.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan