Mengenal Olahraga Cricket, Aturan Permainan dan Tekniknya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juni 2023

“Olahraga cricket adalah jenis olahraga yang berasal dari Inggris dan kini sudah cukup mendunia. Permainan ini melibatkan dua tim yang bertanding melawan satu sama lain untuk mencetak poin terbanyak dan mengalahkan tim lawan.”

Mengenal Olahraga Cricket, Aturan Permainan dan TekniknyaMengenal Olahraga Cricket, Aturan Permainan dan Tekniknya

Halodoc, Jakarta – Meski bukan merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia, cricket atau kriket adalah olahraga yang cukup terkenal di berbagai belahan dunia lainnya. Ini adalah olahraga yang berasal dari Inggris, namun kini sudah menjadi salah satu cabang olahraga di Australia, India, Pakistan, dan banyak negara lainnya.

Permainan ini melibatkan dua tim yang bertanding melawan satu sama lain untuk mencetak poin terbanyak dan mengalahkan tim lawan. Dalam olahraga kriket, terdapat aturan yang ketat yang harus permain ikuti serta berbagai teknik khusus untuk bermain dengan baik. Simak informasi lebih lanjutnya berikut ini! 

Aturan Permainan Cricket

Tidak bisa sembarangan, olahraga ini juga memiliki aturan khusus seperti olahraga sepak bola, basket, hingga hoki. Aturan ini akan seragam untuk semua permainan di seluruh dunia dan mencakup berbagai aspek olahraga, antara lain:

1. Tim

Kriket terdiri dari dua tim dan tiap timnya terdiri dari sebelas pemain. Kedua tim ini kemudian akan bertanding dengan salah satu sebagai bowling dan tim satunya lagi sebagai batting.

Akan terdapat pergantian peran setelah jangka waktu tertentu jadi kedua tim akan mendapat giliran untuk menjadi tim yang melakukan bowling dan batting. 

2. Skor

Skor dalam permainan cricket dihitung dalam dua bentuk, yaitu run dan over. Ketika pemain dari tim batting berhasil melakukan perpindahan antara dua tiang kecil bernama wicket dan mencetak poin, ini akan terhitung sebagai run.

Sementara itu, over adalah satuan waktu yang terhitung sejak seorang bowler melemparkan bola. Setelah satu over selesai, bowler lainnya harus melakukan bowling.

Pemenang dari permainan tersebut adalah tim yang menghasilkan skor lebih banyak dengan batasan waktu yang ada. Umumnya, lama permainan tergantung dengan mode permainannya.

Saat ini terdapat Tes Match, One-Day Internationals (ODIs), dan Twenty20 (T20) match. Tes Match adalah mode permainan yang berlangsung selama lima hari, sedangkan ODI dan T20 match memiliki batasan waktu yang lebih pendek.

3. Lapangan

Lapangan untuk bermain olahraga ini juga harus khusus. Bentuknya oval dengan area permainan di tengah yang bernama pitch. Pada bagian pitch ini, terdapat dua tiang kecil atau wicket di kedua ujungnya. Di depan dua tiang kecil akan terdapat tiang besar yang harus dijaga oleh pemain tim bowling. 

Teknik Bermain

Untuk bermain cricket dengan benar, tekniknya akan berbeda tergantung dengan peran timnya, betting atau bowling. Ketika berperan menjadi tim yang memukul atau batting, ada beberapa teknik pukulan yang bisa pemain lakukan, yaitu:

  • Forward defense, yaitu menggunakan alat pemukul untuk menghalangi bola agar tidak mengenai wicket. Tujuannya adalah untuk menghadapi bola yang datang langsung ke arah pemain.
  • Drive, yaitu memukul bola dengan gaya penuh ke arah jauh dari pemain. Gerakan ini pemain lakukan dengan gerakan lengan yang kuat untuk mengirim bola ke area terbuka di lapangan.
  • Pull shot, yaitu melempar bola di sekitar pinggang pemain. Pemain menggunakan gerakan tangan dan lengan yang kuat untuk memukul bola ke area yang ia inginkan.

Sementara itu, teknik untuk tim bowling yang melempar bola akan sedikit lebih kompleks, yaitu:

  • Fast bowling, yaitu melempar bola dengan kecepatan tinggi agar pihak batting susah menangkapnya. 
  • Spin bowling, yaitu melempar bola dengan gerakan rotasi yang menghasilkan perubahan arah atau pergerakan di udara maupun setelah bola mendarat. 
  • Swing bowling, yaitu melempar bola agar menghasilkan gerakan udara yang membuat bola berubah arah secara tiba-tiba. 
  • Yorkers, yaitu teknik yang pemain lakukan dengan cara melempar bola dengan cepat dan sangat dekat dengan kaki pemain. Bola ini bergerak rendah ke arah kaki sehingga membuat pemain sulit untuk memukulnya dengan baik.

Itulah aturan dan teknik bermain olahraga cricket. Jika olahraga ini terlalu sulit, kamu bisa mencari alternatif melalui Macam-Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh.

Kalau kamu ingin tetap fit meskipun sering berolahraga, kamu bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kini kamu bisa beli obat dan vitamin secara praktis melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Britannica. Diakses pada 2023. Cricket.
My Active SG. Diakses pada 2023. Rules of Cricket.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan