Mengenal Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 November 2021
Mengenal Manfaat Tamanu Oil untuk WajahMengenal Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

“Tamanu oil dipercaya memiliki banyak manfaat untuk wajah. Mulai dari mengatasi jerawat dan bekas jerawat, meringankan gejala sunburn dan eczema, hingga mengatasi kerutan pada wajah.”

Halodoc, Jakarta – Tamanu oil atau minyak tamanu adalah minyak hasil olahan dari pohon tamanu atau yang dikenal sebagai nyamplung. Tamanu oil sudah banyak digunakan masyarakat karena dianggap manfaatnya yang baik untuk kesehatan, terutama untuk kulit wajah.

Tamanu oil sudah banyak digunakan di berbagai benua, seperti Asia dan Afrika. Yuk, simak lebih banyak mengenai manfaat tamanu oil untuk wajah dalam artikel ini!

Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit Wajah

Tamanu oil atau minyak tamanu adalah minyak yang dihasilkan dari biji buah tamanu. Buah tamanu yang berbentuk kacang-kacangan harus dipecah dan dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari langsung selama 1-2 bulan. Proses ini dilakukan untuk mengumpulkan minyak dalam biji.

Setelah melalui proses penjemuran yang cukup lama, biji yang telah kering kemudian diambil ekstrak minyaknya hingga menjadi tamanu oil. Tamanu oil yang baru saja diproses dikenal sebagai minyak alami yang kaya akan asam lemak. 

Inilah yang membuat minyak tamanu dipercaya bermanfaat bagi kulit. Kandungan asam lemak banyak ditemukan dalam tubuh untuk melumasi kulit dan menjaganya tetap sehat. Kekurangan kandungan asam lemak dapat menyebabkan gangguan fungsi dan struktur dari kulit, seperti kulit kering atau bersisik.

Lalu, apa saja manfaat tamanu oil untuk kulit wajah? Berikut ini manfaat tamanu oil yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. Meringankan Efek Sunburn pada Wajah
meringankan efek sunburn

Jika kamu mengalami kemerahan dan iritasi akibat sunburn pada area wajah, kamu bisa coba menggunakan tamanu oil atau produk kecantikan yang mengandung ekstrak minyak ini. Hal ini disebabkan tamanu oil memiliki sifat anti peradangan yang baik untuk mengurangi gejala sunburn yang kamu alami.

  1. Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat
mengatasi jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah dua kondisi gangguan kulit yang cukup mengganggu. Selain dapat menyebabkan iritasi, kondisi ini membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan penurunan percaya diri. 

Sebuah penelitian di tahun 2015 yang tertulis dalam artikel yang berjudul “The Wound Healing and Antibacterial Activity of Five Ethnomedical Calophyllum inophyllum Oils: An Alternative Therapeutic Strategy to Treat Infected Wounds”, mengatakan bahwa tamanu oil memiliki sifat anti bakteri dan penyembuhan luka yang cukup baik terhadap bakteri yang memicu munculnya jerawat.

Tamanu oil juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah.

  1. Mengatasi Kerutan pada Wajah
mengatasi kerutan wajah

Kandungan asam lemak pada tamanu oil dipercaya mampu mencegah gejala penuaan dini, seperti kerutan pada wajah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam tamanu oil juga membuat kulit wajah terhindar dari berbagai radikal bebas yang bisa memicu gangguan pada kesehatan kulit.

  1. Meringankan Gejala Eczema
meringankan gejala ekzema

Eczema pada wajah dapat menyebabkan kemerahan, kulit bersisik, dan gatal pada wajah. Kandungan anti peradangan pada tamanu oil dapat meringankan gejala eczema.

Meskipun sudah lama dipercaya sebagai obat herbal, tetapi masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat tamanu oil secara medis. Jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap kacang, sebaiknya hindari penggunaan tamanu oil untuk menghindari reaksi alergi.

Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penggunaan tamanu oil atau obat herbal lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Plos One. Diakses pada 2021. The Wound Healing and Antibacterial Activity of Five Ethnomedical Calophyllum inophyllum Oils: An Alternative Therapeutic Strategy to Treat Infected Wounds.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Tamanu Oil.
Web MD. Diakses pada 2021. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan