Mengenal Iris pada Mata, Fungsi dan Anatominya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Desember 2023

"Iris mata memiliki fungsi penting dalam proses penglihatan manusia. Bagian ini berfungsi mengatur masuknya cahaya ke bagian mata melalui pupil."

Mengenal Iris pada Mata, Fungsi dan AnatominyaMengenal Iris pada Mata, Fungsi dan Anatominya

Halodoc, Jakarta – Mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memungkinkan kamu untuk melihat dunia sekitar. Salah satu bagian mata yang memiliki peran penting dalam penglihatan manusia adalah iris.

Iri adalah bagian dari mata yang berwarna dan berbentuk cakram. Warna iris bervariasi antara satu individu dengan individu lainnya, mulai dari cokelat, biru, hijau, hingga abu-abu. Warna ini ditentukan oleh jumlah dan tipe pigmen dalam iris.

Yuk, kenali fungsi dan anatominya berikut ini!

Fungsi Iris Mata

Iris terletak di bagian depan mata, di antara kornea dan lensa. Fungsinya tidak hanya estetis, tetapi juga memiliki peran penting dalam mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Berikut berbagai fungsi iris mata yang perlu kamu ketahui: 

1. Mengatur jumlah cairan mata

Iris memiliki peran dalam mengatur jumlah cairan yang terdapat di dalam mata. 

Cairan ini, yang dikenal sebagai humor aqueous, membantu mempertahankan bentuk bola mata dan memberikan nutrisi ke bagian-bagian mata yang tidak mendapat suplai darah langsung.

2. Regulasi cahaya

Fungsi utama iris adalah mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata melalui pupil.

Ketika cahaya terlalu terang, otot-otot di iris akan menyebabkan pupil mengecil (miosis) untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk. 

Sebaliknya, ketika cahaya redup, otot-otot tersebut akan membuat pupil membesar (midriasis) agar lebih banyak cahaya dapat masuk.

3. Membantu proses identifikasi

Selain fungsi-fungsi fisik, iris juga memiliki peran dalam identifikasi individual. Setiap orang memiliki pola unik di iris mereka, mirip dengan sidik jari. 

Teknologi pengenalan iris digunakan dalam berbagai sistem keamanan dan identifikasi, termasuk dalam sistem akses keamanan dan kontrol identitas.

Selain mengenal iris mata, Ketahui Bagian-Bagian pada Mata dan Fungsi lainnya!

Anatomi Iris Mata

Iris mata bukan hanya elemen estetis pada organ penglihatan manusia, tetapi juga memiliki fungsi yang sangat penting.

Kemampuannya untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata melalui pengaturan pupil sehingga membantu kita beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang berbeda. 

Selain mengetahui fungsinya, ketahui pula anatomi bagian mata yang satu ini:

1. Stroma

Iris terdiri dari beberapa lapisan, yang paling luar adalah stroma. Stroma adalah jaringan ikat yang mengandung pigmen yang menentukan warna mata.

Kamu juga perlu tahu kalau Warna Mata Bisa Tunjukkan Kesehatan, Ini Buktinya.

Di bagian dalam stroma terdapat otot-otot yang membentuk cincin di sekitar pupil. Otot-otot ini disebut otot sfingter dan otot dilatator.

2. Pupil

Pupil adalah lubang tengah di iris yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

Ukuran pupil dikendalikan oleh kontraksi dan relaksasi otot-otot iris.

Ketika membesar, cahaya akan lebih banyak masuk ke mata, sedangkan pupil yang lebih kecil mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

3. Saraf dan pembuluh darah

Iris juga terdiri dari jaringan saraf dan pembuluh darah yang menyediakan nutrisi dan menjaga kesehatan iris.

Saraf-saraf ini membantu mengontrol otot-otot iris dan memberikan sinyal kepada otak mengenai kondisi pencahayaan sekitar.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain tentang iris mata, jangan ragu menghubungi dokter di Halodoc, bisa dari mana saja dan kapan saja.

Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2023. Iris.
Kellogg Eye Center. Diakses pada 2023. Anatomy of The Eye.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan