Mengenal Gejala Batu Ginjal pada Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Agustus 2024

“Batu ginjal dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Pada wanita, gejalanya meliputi sakit di area perut, sakit saat buang air kecil, urine berdarah, hingga urine yang keruh dan berbau.”

Mengenal Gejala Batu Ginjal pada WanitaMengenal Gejala Batu Ginjal pada Wanita

Halodoc, Jakarta – Batu ginjal adalah kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal, yang membentuk padatan keras dari kalsium atau asam urat. Ketika batu ini memadat, ia dapat mengganggu fungsi ginjal dan berpindah ke bagian lain dari saluran kemih. 

Masalah ini dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Gejala batu ginjal dapat bervariasi antara setiap individu. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali tanda-tanda awal dari kondisi ini agar dapat memperoleh penanganan yang tepat dan cepat.

Untuk mengetahui gejala batu ginjal pada wanita, simak informasi lengkapnya di sini! 

Gejala Batu Ginjal pada Wanita yang Perlu Diketahui

Jika tidak segera kamu tangani, masalah batu ginjal dapat menimbulkan banyak masalah sehingga harus segera mendapatkan penanganan.

Ukuran batu yang terbentuk dapat bervariasi, bisa kecil maupun besar. Pada ukuran yang lebih besar, beberapa batu ginjal dapat menjadi sangat besar dan bahkan memenuhi seluruh ginjal. 

Maka dari itu, penanganan dini perlu kamu lakukan agar masalah ini tidak menimbulkan komplikasi berbahaya. Salah satunya dengan mengetahui gejala yang dapat timbul agar dapat segera mendapatkan diagnosis.

Berikut ini gejala batu ginjal pada wanita yang dapat muncul pada wanita, yaitu: 

1. Perasaan sakit di area perut dan punggung

Salah satu gejala batu ginjal pada wanita adalah perasaan nyeri atau sakit pada area perut dan punggung. Masalah ini disebut juga nyeri batu ginjal atau kolik ginjal.

Rasa nyeri yang muncul terasa sakit seperti melahirkan atau tertusuk dengan pisau. Kondisi ini dapat membuat mengidapnya harus mendapatkan perawatan ke ruang gawat darurat.

Rasa sakitnya mulai terasa saat batu bergerak ke ureter yang lebih sempit. Saat menyebabkan sumbatan, tekanan yang menumpuk di ginjal dapat terjadi. 

Tekanan tersebut menyebabkan saraf di area tersebut mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Gejala batu ginjal pada wanita ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan rasa sakitnya berubah saat batunya berpindah.

Salah satu cara mengatasi batu ginjal adalah dengan konsumsi obat batu ginjal. Berikut ini rekomendasinya: “Berbagai Obat Batu Ginjal Sesuai Jenisnya”.

2. Rasa sakit saat buang air kecil

Perasaan sakit atau terbakar saat buang air kecil juga dapat menjadi gejala batu ginjal pada wanita. Hal ini timbul saat batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, atau disebut juga disuria.

Meski begitu, banyak orang menyalahartikan gejala ini dengan gangguan infeksi saluran kemih. Kedua gangguan ini dapat terjadi secara bersamaan

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya melakukan pemeriksaan saat mengalami gejala ini untuk lebih pastinya.

3. Darah dalam urine

Kamu juga dapat menemukan darah di dalam urine sebagai salah satu gejala batu ginjal pada wanita. Gejala ini sangat umum untuk terjadi pada seseorang yang mengidap masalah ini dan disebut juga hematuria.

Darah yang keluar dapat berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Jika kamu menemukan darah saat buang air kecil, ada baiknya pastikan penyebabnya karena bukan hanya batu ginjal.

Simak penjelasan lebih lanjut terkait urin berdarah pada artikel berikut ini: “Ada Darah dalam Urine, Waspadai 8 Hal Ini”.

4. Urine keruh atau berbau

Jika kamu urine bersifat keruh dengan bau tidak sedap, ada baiknya berhati-hati. Bisa jadi hal ini merupakan gejala dari batu ginjal pada wanita. 

Faktanya, urine yang sehat berwarna jernih dan tidak berbau menyengat. Adanya masalah pada ginjal atau area saluran kemih dapat menimbulkan masalah pada urine yang dihasilkan.

Urine yang keruh dapat menjadi pertanda jika terdapat nanah di dalam urine, atau piuria. Selain itu, bau tidak sedap dapat berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih atau cairan kencing yang lebih pekat dari biasanya.

Nah, itulah dia beberapa gejala penyakit batu ginjal pada wanita. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Kamu juga bisa mendapatkan obat batu ginjal dengan mudah dari Toko Kesehatan Halodoc. Nikmati kemudahan berbelanja obat dari mana saja dan kapan saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. 8 Signs and Symptoms of Kidney Stones.
Urology Care Foundation. Diakses pada 2024. Kidney Stones.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan