Mengenal Berbagai Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Februari 2022

“Meskipun rasanya pahit, buah mahoni dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes, mengobati malaria, hingga melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.”

Mengenal Berbagai Manfaat Buah Mahoni untuk KesehatanMengenal Berbagai Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kayu mahoni dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang bisa dijadikan perlengkapan rumah tangga. Namun, bukan hanya kayunya, buah dari pohon mahoni pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan

Biji dan buah mahoni dipercaya menjadi salah satu obat tradisional yang sudah tidak diragukan lagi. Tidak ada salahnya simak lebih banyak mengenai manfaat buah mahoni untuk kesehatannya dalam artikel ini!

Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan

Pohon mahoni memiliki bentuk kayu yang tinggi dan besar. Tanaman ini memiliki buah yang berwarna cokelat dan berbentuk oval. Dalam buah mahoni terdapat biji mahoni yang berbentuk pipih dan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Biji mahoni dikenal sebagai obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan hingga penyakit kronis. Biji tanaman ini memiliki rasa yang pahit. Meskipun pahit, terdapat berbagai kandungan senyawa di dalamnya.

Kandungan senyawa dalam biji dan buah mahoni memiliki sifat antimikroba, antiperadangan, antioksidan, antikanker, antitumor, antimalaria dan antidiabetik. Selain itu, biji mahoni mengandung nutrisi, seperti serat, protein, flavonoid, saponin, dan phytochemicals.

Dengan beragam kandungan senyawa dan nutrisi didalamnya, biji mahoni dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat biji dan buah mahoni:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Di beberapa negara, seperti Malaysia, biji dan buah mahoni dipercaya sebagai obat tradisional yang bisa menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini disebabkan kandungan flavonoid pada buah mahoni yang bisa digunakan sebagai antihipertensi.

  1. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Pola makan tepat bisa membantu kamu mengontrol gula darah. Selain itu, buah mahoni juga dipercaya memiliki manfaat yang serupa.

Kamu bisa memanfaatkan ekstrak buah mahoni sebagai obat herbal diabetes. Menurut penelitian yang terdapat pada jurnal Heliyon, ekstrak buah mahoni memiliki anti diabetes yang sebanding dengan obat sintetis dan tidak menunjukkan efek toksik jika digunakan.

  1. Mengobati Malaria

Malaria adalah penyakit infeksi parasit yang penularannya disebabkan oleh gigitan nyamuk. Di Indonesia, biji dan buah mahoni terkenal menjadi salah satu obat herbal yang bisa mengatasi malaria. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa yang memiliki sifat antimalaria di dalam buah mahoni.

  1. Melawan Infeksi

Dalam biji dan buah mahoni memiliki kandungan senyawa dengan sifat antimikroba, seperti anti bakteri dan anti jamur. Hal ini membuat biji dan buah mahoni bisa digunakan sebagai obat herbal untuk melawan pertumbuhan bakteri dan jamur yang memicu berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari infeksi saluran kemih hingga gangguan pencernaan.

Itulah berbagai manfaat biji dan buah mahoni. Tentunya masih terus dilakukan penelitian terhadap manfaat tanaman tradisional ini untuk kesehatan tubuh. Jika kamu ragu, tanyakan langsung pada dokter mengenai manfaat biji dan buah mahoni melalui Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Vasodilation and Antihypertensive Activities of Swietenia macrophylla (Mahogany) Seed Extract.
Heliyon. Diakses pada 2022. The Recent Use of Swietenia mahagoni (L.) Jacq. as Anti Diabetes Type 2 Phytomedicine: A Systematic Review.
Molecules. Diakses pada 2022. Biological Activities and Phytochemicals of Swietenia macrophylla King.
Herbpathy. Diakses pada 2022. Swietenia Macrophylla Herb Uses, Benefits, Cures, Side Effects, Nutrients.
HSA. Diakses pada 2022. HSA Updates on Reports of Liver Injury After Consumption of Mahogany Seeds (Sky Fruit).
Research Gate. Diakses pada 2022. Antimalarial Activity of Khaya Senegalensis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan