Mengapa Seseorang Bisa Memiliki Dagu Belah? Ini Penjelasannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Desember 2023

“Seseorang yang memiliki dagu belah bisa dikarenakan turunan genetik dari kedua orang tua. Namun, bentuk dagu yang unik ini juga bisa kamu dapatkan dari prosedur operasi atau filler dagu.”

Mengapa Seseorang Bisa Memiliki Dagu Belah? Ini PenjelasannyaMengapa Seseorang Bisa Memiliki Dagu Belah? Ini Penjelasannya

DAFTAR ISI

1. Alasan Seseorang Memiliki Dagu Belah

2. Apa Risiko Operasi yang Bisa Saja Terjadi?


Halodoc, Jakarta – Seorang pemilik dagu belah memiliki lesung pipit berbentuk ‘Y’ di tengah dagunya. Perbedaan bentuk dagu yang tidak biasa ini merupakan genetik yang diwariskan dari orang tua.

Variasi anatomi ini terbilang unik dan bisa menimbulkan kesan cantik tersendiri bagi pemiliknya. Jika tidak memiliki genetik ini, dagu belah bisa kamu dapatkan dengan filler atau prosedur operasi.

Nah, mau tahu fakta-fakta menarik lainnya mengenai dagu belah? Berikut ulasannya!

Alasan Seseorang Memiliki Dagu Belah

Memiliki dagu belah atau tidak sebagian besar ditentukan oleh genetika. Jika ada anggota keluargamu memiliki bentuk dagu tersebut, kemungkinan besar kamu juga akan memiliki ciri tersebut. 

Dagu belah terbentuk selama proses perkembangan janin di dalam kandungan. Proses ini melibatkan penyatuan dua sisi rahang bawah. Namun, pada kasus dagu belah, kedua sisi tersebut tidak sepenuhnya menyatu dengan sempurna, membentuk celah yang khas pada bagian tengah dagu. 

Dagu belah biasanya terjadi pada tahap-tahap awal perkembangan embrio dan dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, yang juga memainkan peran dalam penentuan bentuk wajah secara keseluruhan.

Kamu juga bisa memiliki bentuk dagu belah dengan operasi pengangkatan jaringan lunak di bawah kulit di mana tempat lesung pipit berada. Caranya dengan metode sedot lemak atau bedah tradisional tanpa menggunakan implan. 

Dalam beberapa kasus, jika seseorang tidak memiliki jaringan yang cukup, dokter bedah mungkin perlu mengangkat sebagian tulang menggunakan alat kecil yang dimasukkan melalui mulut. 

Jika operasi terlalu menyeramkan, kamu bisa melakukan prosedur penambahan volume dagu dengan metode filler. Dalam prosedur ini, dokter bedah kosmetik menggunakan asam hialuronat atau kalsium hidroksiapatit untuk menambah volume dan membelah bagian tengah dagu.

Bagian dagu menjadi salah satu area yang rentan terkena jerawat. Ketahui penyebabnya dalam artikel ini: Penyebab Munculnya Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya.

Apa Risiko Operasi yang Bisa Saja Terjadi?

Operasi untuk membuat dagu belah disebut dengan mentoplasty. Prosedur ini memiliki risiko efek samping, seperti:

  • Infeksi. 
  • Pendarahan berlebihan.
  • Munculnya jaringan parut.
  • Pembengkakan. 
  • Hasil yang tidak sesuai dengan keinginan.

Untuk membantu mengurangi risiko di atas, kamu bisa memberitahu dokter terlebih dulu jika:

  • Mengidap apnea tidur sentral atau obstruktif.
  • Merokok. 
  • Menggunakan obat-obatan atau alkohol.
  • Mengalami obesitas.
  • Mengidap diabetes.
  • Mengidap tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.
  • Mengonsumsi aspirin atau warfarin.
  • Mengidap penyakit paru-paru atau ginjal.

Semua faktor tersebut dapat membuat pembedahan menjadi lebih berbahaya dan meningkatkan risiko efek samping. Dokter bedah juga dapat menggunakan teknik berbeda untuk menurunkan risiko masalah.

Kamu juga perlu mempersiapkan proses pemulihan yang panjang. Jangka waktunya akan bervariasi, tergantung pada kesehatan masing-masing pasien secara menyeluruh.

Dengan pemahaman yang tepat tentang risiko operasi untuk membelah dagu dan dukungan dari tim medis yang berpengalaman, kamu bisa mendapatkan penampilan yang diinginkan.

Namun, keputusan untuk menjalani operasi estetika harus dibuat dengan cermat. Kamu juga perlu mempertimbangkan risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam perjalanan menuju penampilan yang diidamkan.

Dagu menjadi salah satu area yang rentan terjadi penumpukan jerawat. Untuk menghilangkannya, kamu bisa melakukan beberapa cara dalam artikel ini: Ini 7 Cara mengatasi Jerawat Meradang di Pipi yang Ampuh dan Cepat.

Itulah penjelasan mengenai dagu belah dan prosedur untuk membentuknya. Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Cleft Chin Surgery.
FDNA Health. Diakses pada 2023. Cleft of Chin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan