Mengalami Kehamilan Ektopik? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 April 2024

“Kehamilan ektopik merupakan kondisi saat kehamilan terjadi di luar rahim sehingga bisa mengganggu proses kehamilan dan berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera ditangani. Hubungi dokter di Halodoc segera jika muncul gejalanya.”

Mengalami Kehamilan Ektopik? Segera Hubungi Dokter IniMengalami Kehamilan Ektopik? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI:

  1. Rekomendasi Dokter Obgyn di Halodoc
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG
    3. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG
    5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Kehamilan ektopik seringkali terjadi di saluran tuba, yang berfungsi sebagai jalur untuk mengantarkan sel telur dari ovarium ke rahim. Jenis kehamilan di luar rahim ini dikenal sebagai kehamilan tuba. 

Terkadang kehamilan ektopik juga dapat terjadi di lokasi lain dalam tubuh, seperti ovarium, rongga perut, atau leher rahim yang terhubung ke vagina.

Kehamilan ektopik menyebabkan proses kehamilan tidak dapat berlangsung seperti yang seharusnya. Sel telur yang telah dibuahi tidak dapat berkembang dengan normal, dan pertumbuhan jaringan di luar rahim dapat menyebabkan pendarahan yang serius dan berpotensi mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Apabila mengalami tanda atau gejala kehamilan ektopik, penting untuk segera mencari bantuan medis. 

Gejala yang perlu diwaspadai termasuk nyeri perut atau panggul yang parah yang disertai pendarahan dari vagina, serta gejala lain seperti sakit kepala ringan atau pingsan yang parah, dan nyeri pada bahu. 

Jika mengalami kondisi ini, segera temui dokter atau pergi ke fasilitas medis darurat untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.

Rekomendasi Dokter Obgyn di Halodoc

Apabila ibu hamil mengalami kehamilan ektopik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Halodoc

Daftar dokter berikut dapat memberikan pengobatan dan informasi yang lengkap terkait kehamilan ektopik.

Mereka juga telah menerima ulasan positif dari pasien-pasien sebelumnya yang telah mereka tangani:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Para ibu hamil dapat menghubungi dr. Marsell Phang Sp.OG, seorang dokter yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, ia menjalankan praktik di Gresik, Jawa Timur, dan merupakan anggota dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Marsell Phang Sp.OG dapat memberikan konsultasi terkait kehamilan ektopik melalui layanan Halodoc

Selain itu, ia juga dapat memberikan saran tentang program hamil, perencanaan keluarga, dan masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Para calon ayah wajib tahu Cara Mendukung Pasangan Pasca Alami Kehamilan Ektopik.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Rekomendasi berikutnya adalah dr. Effendy Gunawan Sp.OG., alumnusFakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, ia berpraktik di Tangerang, Banten, dan merupakan anggota dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). D

engan pengalaman selama 16 tahun, dr. Effendy Gunawan Sp.OG. menyediakan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan kehamilan ektopik. 

Ia juga dapat memberikan saran terkait program hamil, gangguan haid dan hormon, kesuburan, kesehatan reproduksi, serta kehamilan dengan risiko tinggi.

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Para ibu juga dapat menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada tahun 2011 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2017. 

Saat ini, ia berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan merupakan anggota dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kehamilan ektopik dan berbagai masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Fitria Angela Umar Sp.OG, seorang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG kini aktif  berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kehamilan ektopik dan masalah kehamilan lainnya.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Setelah bicara dengan dokter, kamu mungkin perlu tahu Prosedur Operasi Laparotomi untuk Menangani Kehamilan Ektopik.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Ibu juga dapat menghubungi dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG saat ini tengah berpraktik di Tangerang, Banten, dan aktif tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kehamilan ektopik dan masalah-masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai rekomendasi dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang bisa kamu hubungi terkait perawatan kehamilan ektopik.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Yuk, Segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Ectopic Pregnancy.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Ectopic Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan