Mempertimbangkan Homeschooling? Diskusi Juga dengan Psikolog

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Juni 2024

“Homeschooling untuk anak memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Orang tua bisa berdiskusi dengan psikolog di Halodoc sebelum memutuskan homeschooling untuk anak.”

Mempertimbangkan Homeschooling? Diskusi Juga dengan PsikologMempertimbangkan Homeschooling? Diskusi Juga dengan Psikolog

DAFTAR ISI

  1. Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling
  2. Sedang Pertimbangkan Homeschooling? Hubungi Psikolog Halodoc

Halodoc, Jakarta – Homeschooling adalah metode pendidikan saat anak-anak belajar di rumah dengan bimbingan orang tua atau tutor pribadi, bukan di sekolah formal. Dalam homeschooling, kurikulum dan metode pengajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar anak. 

Jenis sekolah ini tentunya lebih fleksibel dalam jadwal belajar dan memungkinkan pengalaman belajar yang lebih personal untuk anak. Selain itu, orang tua dan guru juga bisa lebih fokus pada perkembangan anak

Beberapa alasan keluarga memilih homeschooling misalnya untuk memberikan pendidikan yang lebih baik, kebutuhan khusus anak, atau nilai-nilai dan keyakinan yang ingin ditanamkan dalam proses belajar.

Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan homeschooling yang bisa orang tua pertimbangkan. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan

  • Waktu dan durasi belajar dapat disesuaikan oleh orang tua bersama anak.
  • Anak memiliki fleksibilitas dalam mengatur jadwal belajarnya sendiri, memungkinkan waktu istirahat yang lebih lama.
  • Orang tua dapat memilih topik dan metode pembelajaran yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan gaya belajar anak.
  • Pengawasan orang tua terhadap perkembangan belajar dan pergaulan anak lebih optimal, sehingga anak dapat terhindar dari pengaruh pergaulan negatif.

2. Kekurangan

  • Anak mungkin akan mengalami keterbatasan dalam kehidupan sosial.
  • Tidak adanya standarisasi kurikulum.
  • Anak bisa kurang memiliki daya saing, karena sekolah formal biasanya mengembangkan jiwa kompetitif anak.
  • Fasilitas belajar yang disediakan mungkin kurang lengkap.

Sedang Pertimbangkan Homeschooling? Hubungi Psikolog Halodoc

Apabila ayah dan ibu sedang mempertimbangkan homeschooling untuk anak, bisa diskusikan dengan psikolog di Halodoc. 

Mereka bisa menjelaskan lebih mendalam terkait homeschooling sekaligus memberikan saran yang tepat. 

Nah, berikut ini psikolog yang sudah memiliki pengalaman dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. Nisfie M. Hoesein S.Psi, Psikolog, CHt

Ibu dapat menghubungi Nisfie M. Hoesein S.Psi, Psikolog, CHt. Ia merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1996.

Saat ini, Nisfie M. Hoesein S.Psi, Psikolog, CHt menjalani praktik di Depok, Jawa Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berpengalaman sebagai psikolog klinis anak dan remaja selama lebih dari 28 tahun, ibu tidak perlu ragu lagi untuk berdiskusi bersama Nisfie M. Hoesein S.Psi, Psikolog, CHt di Halodoc terkait homeschooling untuk anak.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar gangguan mood, stres, keluarga dan hubungan, pengasuhan dan anak, pekerjaan dan karir, serta pengembangan diri.

Chat Nisfie M. Hoesein S.Psi, Psikolog, CHt mulai dari Rp 145.000,- di Halodoc.

Ketahui juga Cara Memilih Homeschooling untuk Anak dengan Autisme berikut ini.

2. Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog

Ibu juga bisa menghubungi Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog. Ia adalah alumnus Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang pada 2016 dan 2020.

Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog saat ini berpraktik di Cirebon, Jawa Barat. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis anak dan remaja selama 3 tahun, ibu bisa berdiskusi bersama Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait homeschooling.

Bukan itu saja, Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, gangguan mood, stres, pengasuhan dan anak, pengembangan diri serta gangguan kecemasan. 

Chat Angie Nathania Devi M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

Adapun 7 Tips Sukses Homeschooling untuk Anak di Rumah yang bisa orang tua terapkan. 

3. Risvi Rayhani S.Psi, M.Psi, Psikolog

Pilihan lainnya yaitu Risvi Rayhani S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Semarang pada 2013 dan Universitas Katolik Soegijapranata pada 2021.

Ia kini berpraktik di Semarang, Jawa Tengah. Risvi Rayhani S.Psi, M.Psi, Psikolog juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berpengalaman sebagai psikolog klinis anak dan remaja selama 3 tahun, ibu bisa melakukan sesi konseling bersama Risvi Rayhani S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc untuk mempertimbangkan homeschooling anak.

Chat Risvi Rayhani S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog

Selanjutnya, ibu juga dapat menghubungi Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2016 dan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang pada 2022.

Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog kini berpraktik di Semarang, Jawa Tengah. Ia juga tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Memiliki pengalaman sebagai psikolog klinis anak dan remaja selama 2 tahun, kamu bisa berdiskusi bersama Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog di Halodoc terkait homeschooling.

Chat Eny Dwi Harsiwi S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai psikolog yang bisa ibu hubungi untuk berdiskusi seputar homeschooling anak.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywelll Family. Diakses pada 2023. The Pros and Cons of Homeschooling.
Parents. Diakses pada 2023. What Is Homeschooling? A Guide for Parents and Students.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan