Memilih Jenis Buah untuk Penyajian Salad Buah yang Sehat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Februari 2022

“Salad buah adalah cara mudah dan sehat untuk makan lebih banyak buah. Untungnya di Indonesia terdapat banyak buah segar yang bisa kamu temukan sepanjang tahun. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai bahan sehat lain, seperti yoghurt. Tak hanya menyenangkan, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat baik dari buah segar tersebut.”

Memilih Jenis Buah untuk Penyajian Salad Buah yang SehatMemilih Jenis Buah untuk Penyajian Salad Buah yang Sehat

Halodoc, Jakarta – Musim panas adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan semua pilihan buah segar yang ada. Kamu pun bisa membuat salad buah yang penuh cita rasa. Apalagi kamu juga sangat beruntung tinggal di Indonesia karena berbagai jenis buah dapat ditemukan dengan mudah sepanjang tahun.

Membuat salad buah yang ringan dan sehat adalah salah satu cara termudah untuk mengolah buah. Cara membuatnya pun mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Kamu bisa mendapatkan berbagai rasa darinya, mulai dari manis, sedikit asam dan pastinya menyegarkan. 

Pilihan Buah yang Tepat untuk Salad

Kamu harus memastikan untuk memilih buah yang tinggi nutrisi untuk disajikan dalam salad buah. Nah, kamu bisa menyajikan buah-buahan berikut dalam menu salad buah untuk mendapatkan rasa yang nikmat dan manfaat dan nutrisi darinya: 

  • Apel

Buah ini dikenal mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan flavonoid pada apel juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Nanas

Nanas adalah buah khas negara tropis yang kaya akan kandungan vitamin C. Dalam satu cangkir nanas saja, kamu sudah melebihi kebutuhan vitamin C harian. Buah ini juga mengandung zat yang bisa membantu meredakan peradangan.

  • Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah. Tak hanya itu saja, buah ini juga kaya akan kalium, mangan, dan serat.

  • Anggur

Baik itu anggur merah, ungu, maupun hijau, mereka semua kaya akan antioksidan dan zat anti radang dan cocok dijadikan pelengkap dalam salad buah.

  • Delima

Kandungan antioksidan dalam buah delima dikenal tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau. Selain itu, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah delima ini memiliki sifat anti radang dan bisa membantu mengurangi risiko penyakit kanker.

  • Stroberi

Jika dibandingkan buah lainnya, stroberi mengandung indeks glikemik yang paling rendah. Mengonsumsi stroberi juga tidak akan membuat gula darah naik. Stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi dengan cita rasa manis dan sedikit asam yang sangat cocok untuk salad buah.

  • Mangga

Buah tropis yang satu ini juga banyak ditemukan di Indonesia, bahkan sering ditanam di halaman rumah. Buah ini mudah diolah dan pastinya kaya akan vitamin C, serat, antioksidan, dan zat anti radang.

  • Semangka

Semangka adalah buah yang kaya air dan punya banyak kandungan vitamin A dan C. Buah ini juga mengandung lycopene yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah, serta mencegah kanker.

  • Jeruk

Jeruk mengandung sejumlah besar vitamin C dan kalium. Ia juga merupakan sumber vitamin B yang baik dan cocok dicampurkan dalam salad buah sehat.

  • Pepaya

Pepaya juga merupakan buah yang masih sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ia terkenal baik untuk melancarkan pencernaan. Pepaya juga kaya akan vitamin C, vitamin A, asam folat, dan kalium.

Namun, untuk mengambil manfaat salad buah, tidak dianjurkan disajikan menggunakan mayones. Mayones memang membuat salad semakin lezat, tetapi ia sangat tinggi lemak dan kalori. Kamu bisa menggantinya dengan yoghurt yang kaya kalsium dan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan.

Itulah beberapa buah yang cocok untuk melengkapi salad buah. Namun, jika kamu masih ingin tahu buah apa saja yang bagus untuk menjaga kesehatan atau bahkan menurunkan berat badan, kamu bisa tanyakan pada dokter gizi di Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 20 Healthiest Fruits on the Planet.
Pop Sugar. Diakses pada 2022. 10 Hacks For Putting Together the Freshest Fruit Salad This Summer.
Taste of Home. Diakses pada 2022. 40 Stunning Fruit Salads You Need to Make Now.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan