Masih Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Jarak bagi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Oktober 2022

“Manfaat daun jarak telah lama dikenal sebagai pengobatan herbal. Salah satunya adalah untuk meredakan pembengkakan dan nyeri.”

Masih Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Jarak bagi TubuhMasih Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Jarak bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tanaman jarak (Ricinus communis L.) atau eranda merupakan tanaman perdu yang sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain bijinya yang terkenal berkhasiat saat diolah jadi minyak, daun jarak juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. 

Daun jarak bisa dimanfaatkan dengan cara direbus dan diminum, atau ditumbuk hingga menjadi pasta dan dioleskan ke tubuh. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak pembahasannya!

Manfaat Daun Jarak bagi Tubuh

Tanaman jarak memiliki antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, pelindung hati dan berbagai khasiat obat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan:

1. Obat Herbal untuk Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan mata dan terjadi karena adanya terlalu banyak bilirubin dalam tubuh manusia. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk karena pemecahan sel darah merah yang mati di hati. 

Penyakit ini merupakan indikasi tidak berfungsinya hati, kantong empedu, atau pankreas. Salah satu obat herbal yang dipercaya bisa membantu mengatasi penyakit ini adalah daun jarak.

Cara menggunakannya adalah menumbuk daun menjadi pasta yang halus, lalu dicampur air kelapa. Racikan ini dapat diberikan secara oral kepada pasien yang mengalami penyakit kuning.

2. Mampu Melawan Bakteri

Daun jarak memiliki sifat antimikroba, sehingga sering dimanfaatkan untuk melawan infeksi bakteri. Teruma bakteri seperti E. coli, S. aureus, K. pneumonia, dan bakteri jenis Strep.

Namun, manfaat daun jarak untuk hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Jadi, jika kamu mengalami infeksi bakteri, sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter, ya. 

3. Meredakan Pembengkakan

Daun jarak juga sering digunakan untuk mengatasi pembengkakan pada tubuh. Untuk memanfaatkannya, kamu perlu daun yang sudah cukup tua, lalu olah menjadi pasta halus. 

Setelah ditumbuk halus, tambah sedikit garam dan hangatkan. Lalu, oleskan pasta di area tubuh yang mengalami pembengkakan. Ini dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

4. Mengatasi Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi atau biasa dikenal dengan sebutan sembelit adalah kondisi ketika kamu mengalami kesulitan buang air besar dengan lancar. Kondisi ini konon juga bisa diatasi dengan racikan daun jarak, terutama jenis jarak pagar.

Cara mengolahnya adalah dengan merebus daun jarak di dalam air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut untuk mengobati sembelit. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, ya. 

5. Mengatasi Ketombe 

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang umum terjadi. Jika kamu sedang mengalami masalah ketombe, mungkin bisa coba manfaatkan daun jarak. 

Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa helai daun jarak hingga benar-benar jadi pasta lembut. Lalu, oleskan pasta pada rambut secara merata. Diamkan selama setidaknya 15 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa, menggunakan sampo. 

Adakah Efek Sampingnya?

Karena alami, daun jarak umumnya aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Namun, bukan berarti tidak ada risiko efek samping yang bisa terjadi. 

Meski banyak manfaatnya, sangat penting untuk tidak menggunakan daun jarak secara berlebihan. Apalagi banyak dari manfaatnya yang masih kurang bukti ilmiahnya. 

Berikut ini risiko efek samping yang dapat terjadi jika menggunakan daun ini secara berlebihan:

  • Gangguan pencernaan 
  • Gangguan lambung 
  • Iritasi usus 
  • Mual-mual

Itulah pembahasan mengenai manfaat hingga efek samping daun jarak. Meski obat herbal mungkin bisa membantu, pastikan untuk tidak menjadikannya pengganti pengobatan medis.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, segeralah periksakan diri ke dokter. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter, ya.

Referensi:
International Journal of Economic Plants. Diakses pada 2022. Medicinal Uses of Castor Plant.
Easy Ayurveda. Diakses pada 2022. Castor Benefits, Remedies, How To Use, Research, Side Effects. 
Bimbima. Diakses pada 2022. Medicinal Use Of Castor Plant(Eranda).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan