Manis dan Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Leci untuk Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Agustus 2022

“Tak hanya manis dan segar, buah leci juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, mencegah sembelit, hingga meningkatkan imunitas.”

Manis dan Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Leci untuk TubuhManis dan Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Leci untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Masih menjadi satu keluarga dengan kelengkeng dan rambutan, buah leci yang memiliki nama latin Litchi chinensis merupakan buah tropis yang masuk dalam famili soapberry. Buah ini memiliki rasa manis dan segar, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran minuman atau dikonsumsi langsung. 

Pertanyaannya, apa saja sih manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh?

Kandungan Nutrisi Buah Leci

Kandungan utama pada buah leci adalah karbohidrat sebesar 16,5 persen dan air sebanyak 82 persen. Selain itu, buah satu ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, magnesium, mangan, vitamin B3, B2, dan B6, fosfor, kalium, dan tembaga. 

Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung beberapa jenis senyawa tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Lalu, senyawa lainnya berupa:

  • Rutin, salah satu jenis flavonoid yang dihubungkan dengan penurunan risiko masalah kesehatan kronis, seperti jantung, diabetes, dan kanker.
  • Epikatekin, jenis flavonoid yang memiliki potensi untuk membantu menjaga jantung tetap sehat, dan turut dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan kanker. 

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

Kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama polifenol sebagai antioksidan tentu membuat buah leci kaya akan manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Konsumsi buah leci diyakini bisa turut membantu menunjang jantung lebih sehat. Ini berkat kandungan kalium di dalamnya yang ikut berperan aktif dalam menjaga kerja jantung tetap optimal. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada leci juga membantu mengurangi risiko peradangan, yang menjadi faktor yang berpengaruh pada timbulnya penyakit jantung.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat buah leci selanjutnya adalah membantu mencegah kanker karena kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi. Seperti diketahui, antioksidan memang memegang peran penting dalam mencegah paparan radikal bebas, yang menjadi penyebab kanker pada tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara rutin bisa membantu mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker.

  1. Mencegah Sembelit

Selain kaya antioksidan, buah leci juga tinggi serat. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk membantu melancarkan saluran pencernaan. Serat bisa membantu pergerakan usus menjadi lebih optimal dalam mendorong keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Alhasil, kamu pun akan terhindar dari risiko sembelit.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu kalau buah leci sangat kaya akan vitamin C? Bahkan, konsumsi buah segar ini sudah mampu memenuhi sebanyak 9 persen dari total kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah kerusakan pada sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sekaligus membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah leci buah leci selanjutnya yaitu mampu mengontrol kadar gula darah, berkat kandungan serat di dalamnya. Buah ini membantu membuat proses penyerapan glukosa pada tubuh menjadi lebih lambat. Artinya, kadar gula darah tidak akan mengalami peningkatan drastis secara mendadak.

Inilah mengapa, leci disebut sebagai buah yang baik untuk pengidap penyakit diabetes. Selain itu, buah ini juga baik dikonsumsi kalau kamu sedang diet karena kandungan seratnya dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

Meski banyak manfaatnya untuk tubuh, konsumsi buah leci juga harus ada batasnya. Selain itu, kamu juga harus tetap rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit terdekat. Buat janji berobat ke rumah sakit sekarang lebih mudah dengan memakai aplikasi Halodoc. Kamu bisa segera download aplikasi Halodoc di Play Store maupun App Store.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Lychee Fruit.
Healthline. Diakses pada 2022. Lychees 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
Emedicine Health. Diakses pada 2022. Lychee.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan