Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Cara Menggunakannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Oktober 2023

“Tomat memiliki banyak manfaat, termasuk mengatasi jerawat di kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsinya atau membuatnya jadi masker wajah.”

Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Cara MenggunakannyaManfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Cara Menggunakannya

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah masalah kulit yang sering kali membuat tidak nyaman. Menurut dr. Astrid Teresa, Sp.KK. dalam kanal Youtube Halodoc, jerawat atau acne vulgaris adalah penyakit peradangan yang terjadi akibat kelenjar namanya pilosebasea.

Banyak orang mencari berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, mulai dari yang alami hingga mengandalkan perawatan medis. Salah satu metode alami yang dapat kamu coba adalah menggunakan tomat. Yuk, simak lebih lanjut pembahasannya!

Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat

Tomat merupakan buah yang terkenal kaya akan likopen, suatu jenis pigmen tumbuhan yang memberi warna merah pada tomat. Likopen memiliki sifat antioksidan yang kuat, mampu melawan radikal bebas yang merusak kulit. 

Selain itu, tomat juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, C, dan K, serta potasium. Tomat juga memiliki kemampuan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. 

Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit. Kandungan likopen dalam tomat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Selain itu, likopen dalam tomat juga memiliki manfaat untuk kulit berjerawat, karena punya sifat antibakteri. Dengan begitu, tomat bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat di kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Setelah mengetahui apakah tomat bisa menghilangkan jerawat, penting juga untuk tahu cara memanfaatkan buah ini. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat dengan tomat:

1. Konsumsi Rutin

Mengonsumsi tomat secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Sebab, kandungan nutrisi penting seperti likopen dan vitamin C dalam tomat dapat berperan dalam menjaga kesehatan kulit dari dalam. 

Terlebih lagi ketika memasak tomat dengan lemak nabati, seperti minyak zaitun, konsumsinya dapat meningkatkan penyerapan likopen oleh tubuh.

Jika kamu konsumsi tomat setiap hari, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Cek informasi lengkapnya dalam artikel: Ini 11 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Jika Kamu Makan Setiap Hari

2. Membuat Masker Wajah Tomat

Manfaat tomat untuk kulit berjerawat juga bisa kamu dapatkan dengan cara menjadikannya sebagai masker wajah. Cara ini bisa membantu mengatasi jerawat dan mengontrol minyak berlebih pada kulit. 

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menghaluskan tomat dan mengaplikasikannya sebagai masker wajah selama beberapa menit, dan bilas dengan air hangat.

Selain itu, ada juga cara lain yang dapat kamu coba, yaitu:

  • Campurkan dengan Yoghurt dan Tepung Besan. Mengombinasikan potensi tomat dengan asam laktat dalam yogurt dan efek pengelupasan fisik dari tepung besan dapat membantu menjaga tingkat pH kulit yang seimbang. Hal ini juga bermanfaat dalam mengurangi produksi minyak berlebih. Kombinasi ini dapat kamu gunakan sebagai masker wajah yang berguna dalam upaya mengatasi masalah jerawat.
  • Campurkan Mentimun. Mentimun dan tomat memiliki sifat astringen yang bermanfaat untuk kulit berjerawat. Kombinasi keduanya dapat membantu mengontrol minyak berlebih dan menjaga keseimbangan pH kulit. Haluskan keduanya, dan aplikasikan sebagai toner alami pada wajah.

Meskipun tomat memiliki potensi manfaat untuk kulit berjerawat, efektivitasnya dapat bervariasi pada setiap individu. Setiap kulit memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga hasil yang kamu peroleh dari penggunaan tomat juga mungkin berbeda. 

Sebelum kamu atau anggota keluargamu mencoba metode ini untuk mengatasi jerawat, sebaiknya hubungi dokter kulit di aplikasi Halodoc guna mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kulit.

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2023. Yes To Tomatoes Acne Fighting Paper Mask.
Healthline. Diakses pada 2023. Carotenoids: Everything You Need to Know
WebMD. Diakses pada 2023. Health Properties of Tomatoes.
Health Shots. Diakses pada 2023. Pop those zits with these 3 easy tomato face packs for acne-prone skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan