Manfaat Rutin Konsumsi Semangka Kuning untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 November 2021

“Semangka kuning adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan buah ini pada menu sehat yang dikonsumsi setiap hari.”

Manfaat Rutin Konsumsi Semangka Kuning untuk KesehatanManfaat Rutin Konsumsi Semangka Kuning untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Semangka identik dengan buah yang dimakan di musim panas dengan warna merahnya yang khas. Namun, tahukah kamu jika ada semangka yang dagingnya berwarna kuning? Meski begitu, masih banyak orang yang bingung terkait manfaat dari mengonsumsi buah ini secara rutin untuk kesehatan, atau sama saja seperti semangka merah? Ketahui beberapa manfaat makanan sehat ini di sini!

Manfaat Semangka Kuning Bagi Kesehatan

Semangka berasal dari Afrika Barat dan mendapat predikat salah satu buah yang paling sehat. Buah ini kaya akan nutrisi dalam daging dan kulitnya yang mengandung 92% air, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas. 

Semangka dengan daging berwarna merah merupakan varietas yang paling populer dibandingkan dengan yang berwarna kuning. Meski begitu, ada banyak manfaat semangka kuning mengingat berbagai nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin B, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, dan vitamin C. 

Dengan banyaknya nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, kamu perlu tahu segala manfaatnya yang bisa dirasakan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat semangka kuning bagi tubuh saat dikonsumsi secara rutin:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Salah satu manfaat semangka kuning adalah mampu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A dan karotenoid yang tinggi pada buah ini sangat baik untuk menjaga mata tetap berfungsi dengan normal dan menurunkan risiko dari berbagai penyakit mata. Dengan mengonsumsi semangka secara rutin dapat memastikan kebutuhan vitamin C tubuh tercukupi yang sangat baik untuk memperlambat terjadinya katarak.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan mengonsumsi semangka kuning, kamu juga dapat mendinginkan perut karena kandungan airnya yang tinggi. Bukan hanya itu, buah semangka juga dapat menyediakan serat yang dibutuhkan untuk menjaga pencernaan tetap sehat dan mencegah tukak pada saluran pencernaan yang memang salah satu gangguan yang rentan terjadi.

3. Membantu Menjaga Berat Badan

Semangka kuning memiliki senyawa yang dapat menekan sel adiposa, yaitu sel yang berfungsi untuk menyimpan energi sebagai lemak. Selain itu, kandungan air dan serat yang tinggi dari semangka juga dapat membuat kamu merasa kenyang tanpa perlu mengonsumsi terlalu banyak kalori. Maka dari itu, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi seseorang yang ingin menjaga berat badannya tetap ideal.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Vitamin B6 yang terkandung pada semangka kuning dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan produksi antibodi. Hal ini sangat baik untuk melawan mikroba yang menjadi penyebab penyakit. Kandungan ini juga sangat baik untuk membantu tubuh memecah protein agar dapat diserap lebih baik oleh tubuh. Selain itu, manfaat semangka kuning adalah sebagai sumber vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan infeksi.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat semangka lainnya adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Semangka kaya akan citrulline yang terdapat pada bagian putih dari daging semangka kuning serta kulitnya yang hijau. Asupan citrulline yang teratur dapat menjaga tingkat tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi yang sangat baik terhadap kesehatan jantung.

Nah, sekarang kamu tahu berbagai manfaat semangka kuning saat dikonsumsi secara rutin bagi kesehatan. Kamu bisa mengonsumsi buah ini untuk meredakan dahaga akibat cuaca yang panas dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh sebagai tambahan. Maka dari itu, saat cuaca sedang panas, ada baiknya menyiapkan buah ini di kulkas untuk dikonsumsi.

Mau tahu cara mudah untuk membuat jus semangka yang menyegarkan? Baca di artikel ini: “Ini 3 Cara Membuat Jus Semangka Ala Rumahan yang Enak dan Segar“.

Kamu juga bisa lho bertanya langsung pada dokter dari Halodoc terkait segala manfaat dari semangka terhadap kesehatan tubuh. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya dengan penggunaan smartphone. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Cure Joy. Diakses pada 2021. 8 Amazing Benefits Of Adding Yellow Watermelon In Your Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan