Ketahui 10 Manfaat Makan Kangkung untuk Kecantikan dan Kesehatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juli 2021

“Tak hanya mencegah sembelit dan mengobati penyakit kulit, kangkung juga bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa di antaranya adalah mencegah kerontokan dan anti-aging untuk kulit tampak lebih awet muda.”

Ketahui 10 Manfaat Makan Kangkung untuk Kecantikan dan KesehatanKetahui 10 Manfaat Makan Kangkung untuk Kecantikan dan Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang biasa masyarakat tanam dan konsumsi sebagai makanan. Tumbuhan ini sering dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak ditemukan di kawasan Asia, meskipun asalnya tidak diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat dengan mudah kamu temukan.

Salah satu hidangan kangkung yang populer adalah cah kangkung dengan bumbu tauco atau terasi. Tak hanya lezat, nyatanya kangkung sebagai bahan hidangan tersebut juga memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kangkung

Dalam 100 gramnya, kangkung mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 19. 
  • Karbohidrat 3,14 gram.
  • Protein: 2,6 gram. 
  • Lemak Total: 0,20 gram. 
  • Kolesterol: 0 mg.
  • Serat: 2,1 gram. 
  • Kalsium: 77mg.
  • Zat besi: 1,67 mg.
  • Magnesium: 71 mg.
  • Mangan: 0,16 mg.
  • Fosfor: 39 mg.
  • Kalium: 312 mg.
  • Natrium: 113 mg.
  • Seng: 0,18 mg.
  • B1: 0, 03 mg.
  • B2: 0,1 mg.
  • B3: 0,9 mg.
  • B5: 0,141 mg.
  • B6: 0,096 mg.
  • B9: 57mg.
  • Vitamin C: 55 mg.

Berkat kandungan baik tersebut, tidak mengherankan jika water spinach bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Berbagai Manfaat Kangkung untuk Kecantikan dan Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat kangkung untuk kecantikan dan kesehatan:

1. Mengobati penyakit kulit

Tunas kangkung dapat kamu gunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti kurap dan tinea pedis (kaki atlet). Sayuran ini juga membantu dalam pencegahan kanker kulit dan bermanfaat dalam pengobatan jerawat, eksim dan psoriasis.

Hal ini dikuatkan oleh jurnal ilmiah berjudul Water spinach (Ipomoea aquatic Forsk.) reduced the absorption of heavy metals in an in vitro bio-mimicking model system, yang terbit pada Food and Chemical Toxicology

Penelitian ini menjelaskan kalau makanan yang mengandung serat makanan, polifenol, dan mineral dapat menghambat penyerapan logam berat. Paparan logam berat tidak hanya menyebabkan gangguan organ tubuh bagian dalam, tetapi juga penyakit kulit.

2. Anti-aging

Sayuran berdaun hijau kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh. Rutin mengonsumsinya dapat membantu sel-sel kulit lebih tahan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan meminimalkan kerutan secara signifikan. 

3. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam kangkung dapat melindungi kornea dan lapisan mata dari serangan bakteri dan virus. Selain water spinach, ada jenis sayuran lain yang kaya akan vitamin A. Baca selengkapnya pada artikel: Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A.

meningkatkan kesehatan mata

4. Mengatasi kerontokan rambut

Beragam nutrisi yang terkandung dalam kangkung bermanfaat untuk kesehatan rambut. Baik untuk pertumbuhan, mencegah kerontokan, serta  meningkatkan kualitas dan tekstur rambut.

5. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Antioksidan pada sayuran ini dapat menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel tubuh bumil, juga janin dalam kandungan. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat kangkung terhadap penyakit penyakit gula.

mencegah diabetes

6. Mencegah kerusakan hati

Manfaat selanjutnya adalah mencegah kerusakan hati. Ini termasuk  luka dan peradangan. Nutrisi pada kangkung  mampu memicu produksi enzim yang berguna untuk mendetoksifikasi hati dari zat sisa yang memicu kerusakan.

7. Mencegah dehidrasi 

Sejumlah kandungan mineral seperti kalium dan natrium dalam tanaman ini  dapat membantu tubuh untuk mencegah dehidrasi. Baik kalium dan natrium bertanggung jawab untuk menjaga kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh.

mencegah dehidrasi

8. Mengatasi gejala anemia

Kangkung mengandung zat besi yang penting bagi tubuh. Zat besi mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang tubuh perlukan untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

mengatasi gejala anemia

9. Mengurangi kolesterol

Konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta triglikosida. Terutama, bila kamu sedang mengonsumsi makanan berlemak dan daging merah. Memasukkan sayuran ini dalam menu “berat” bisa membantu menurunkan penyerapan kolesterol.

Meski begitu, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait batas aman konsumsi dan pengolahannya. 

10. Mengatasi sembelit

Sayuran khas Lombok ini kaya akan serat sehingga membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kangkung juga kerap digunakan dalam pengobatan infestasi cacing usus. 

Itulah informasi mengenai manfaat kangkung untuk kecantikan dan kesehatan. Jika kamu atau orang-orang terdekatmu mengalami masalah kesehatan dan butuh produk kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc untuk mendapatkannya. Klik gambar berikut untuk mendapatkannya dengan mudah:

toko kesehatan - tenang menjaga halodoc
Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2023. 15 Best Benefits Of Water Spinach For Skin, Hair And Health.
Nutrition and You. Diakses pada 2023. Kangkong (water spinach) Nutrition facts.
Aessensegrows.com. Diakses pada 2023. Ipomoea Aquatica/ Water Spinach.
The Woks of Life. Diakses pada 2023. Water Spinach: What It Is & How To Cook It.
Brawijaya Knowledge Garden. Diakses pada 2023. Identifikasi Kontaminasi Parasit Pada Kangkung (Ipomoea Aquatica F.) Dan Bayam (Amaranthus Spp.) Di Empat Pasar Induk Kabupaten Malang Tahun 2015.
Stylecraze. Diakses pada 2023. 14 Benefits Of Water Spinach For Skin, Hair, And Health.
Food and Chemical Toxicology. Diakses pada 2023. Water spinach (Ipomoea aquatic Forsk.) reduced the absorption of heavy metals in an in vitro bio-mimicking model system.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan