Lezat dan Pedas, Ini Resep Telur Balado Sederhana Khas Minang yang Mudah Dibuat

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Juli 2023

“Salah satu masakan olahan dari telur adalah telur balado. Untuk membuat resep telur balado yang enak, kamu perlu menyesuaikan bumbu-bumbunya dan durasi memasaknya.”

Lezat dan Pedas, Ini Resep Telur Balado Sederhana Khas Minang yang Mudah DibuatLezat dan Pedas, Ini Resep Telur Balado Sederhana Khas Minang yang Mudah Dibuat

Halodoc, Jakarta – Telur menjadi salah satu makanan praktis yang dapat diolah sedemikian rupa. Salah satunya menjadi telur balado. Makanan khas Minang ini memiliki rasa pedas, manis, dan gurih jadi satu.

Uniknya, masakan ini diolah dengan cara menumis bumbu cabai bersama dengan telur sampai meresap. Meski terlihat sederhana, lauk ini memiliki cita rasa yang enak, cocok untuk kamu santap dengan nasi putih hangat.

Resep Telur Balado Khas Minang

Telur adalah makanan sehat yang mengandung besi, fosfor, kalsium, tembaga, yodium, magnesium, mangan, potasium, sodium, zink, klorida, dan sulfur. Untuk membuat resep telur balado yang enak, kamu harus menyiapkan:

  • 8 butir telur.
  • 10 buah cabai merah keriting.
  • 5 buah cabai rawit merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 4 siung bawang merah.
  • 2 butir kemiri.
  • 1 sendok teh merica.
  • Terasi (optional).
  • 2 buah tomat.
  • 1 lembar daun salam.
  • 2 lembar daun jeruk.
  • ½ sendok makan garam halus.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 1 sendok teh kaldu bubuk.
  • Air secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bingung memilih jenis telur untuk membuat resep telur balado? Kamu bisa pilih telur biasa atau omega. Ketahui lebih dulu perbedaannya di sini: Ini Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

Cara Memasak Telur Balado

Untuk membuat resep telur balado ala Minang, haluskan semua bumbu di atas, kecuali daun salam dan daun jeruk. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan telur dan rebus selama 7 menit, lalu angkat dan masukkan ke dalam air dingin selama 5 menit. Langkah ini membantu mempermudah proses pengupasan kulit telur.

Langkah 2

Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya ke dalam wajan. Lalu, goreng telur yang sudah dikupas sampai warna telur sedikit kecokelatan. Langkah ini bertujuan agar telur tidak mudah hancur saat diaduk dengan bumbu.

Langkah 3

Angkat telur, lalu masukan bumbu halus. Tumis sampai mengeluarkan aroma wangi. Kemudian, tambahkan sedikit air dan tunggu sampai asat. Setelah airnya meresap, tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Langkah 4

Jika rasanya sudah pas, taruh telur goreng ke dalam bumbu. Masak bersamaan sampai bumbu meresap. Setelah matang, matikan kompor dan tuangkan telur balado dalam wadah.

Selain telur ayam, kamu juga bisa menikmati hidangan yang berasal dari telur bebek, yaitu telur asin. Ketahui manfaatnya di sini: Ini 11 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh

Pastikan Bahan Makanan Bersih dan Berkualitas

Agar terjamin mutu dan kualitasnya, kamu bisa membuat resep telur balado dengan bahan-bahan terbaik, serta harus segar dan higienis. Jika tidak, kamu mungkin terpapar mikroorganisme yang memicu gangguan pencernaan.

Telur juga bisa terkontaminasi dengan bakteri Salmonella. Untuk membunuhnya, kamu perlu memasaknya hingga benar-benar matang.

Manfaat telur dapat kamu rasakan dengan baik oleh tubuh dengan mengolahnya dengan cara yang tepat. Ketahui di sini kesalahan yang mungkin kamu lakukan saat memasak telur: Suka Mengonsumsi Telur? Berikut 5 Kesalahan dalam Memasak Telur.

Hubungi dokter di Halodoc jika kamu atau keluarga memiliki keluhan setelah mengonsumsi telur. Hal tersebut biasanya terjadi oleh orang yang mengidap alergi makanan. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter sekarang:

chat dengan dokter
Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Telur balado sederhana.
Produk Pangan Budaya Indonesia dan Tips Keamanan Pangan. Diakses pada 2023. Telur Balado.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan