Langkah Mudah untuk Mengatasi Banyak Pikiran

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Mei 2024

“Banyaknya pikiran yang muncul terus-menerus seringkali dapat membuat terbebani. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu mengatasi banyak pikiran.”

Langkah Mudah untuk Mengatasi Banyak PikiranLangkah Mudah untuk Mengatasi Banyak Pikiran

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Menghadapi banyak pikiran yang mengganggu merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam era modern yang penuh dengan tekanan dan stimulasi. 

Pikiran-pikiran yang terus-menerus berputar dalam benak dapat membuat merasa terbebani, cemas, dan bahkan kehilangan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Mungkin pikiran tentang pekerjaan, hubungan, kesehatan, atau masalah keuangan terus-menerus muncul, menyebabkan sulit untuk rileks atau tidur dengan nyenyak. 

Mengatasi banyak pikiran tidak selalu mudah, tetapi dengan kesadaran diri dan langkah-langkah yang tepat, dapat mengelola stres dan cemas dengan lebih efektif.

Langkah-Langkah Mengatasi Banyak Pikiran

Ada berbagai langkah untuk mengatasi beban banyak pikiran yang mengganggu. 

Berikut ini langkah yang bisa kamu coba menerapkan untuk mengatasi banyak pikiran: 

1. Fokus pada pernapasan

Bernapas adalah langkah yang efektif dalam mengubah respons tubuh dari reaksi melawan atau lari, yang dikendalikan oleh sistem saraf simpatik, menjadi respons yang lebih santai dari sistem saraf parasimpatis. 

Cobalah menghitung hingga tiga saat kamu menghirup napas dan lima saat kamu mengeluarkannya. 

Fokuslah sepenuhnya pada pernapasan kamu dan cobalah untuk memperlambatnya. 

Meskipun pikiran kamu mungkin terus berkelana, tetapi kembalikan perhatian secara perlahan ke pernapasan kamu.

2. Buat mantra

Mantra merupakan kata atau frase yang diciptakan sebagai manifestasi positif. 

Mantra ini dapat diulang-ulang oleh seseorang untuk menenangkan pikiran mereka, terutama dalam situasi panik atau ketika pikiran terasa kacau.

Mengulangi kalimat seperti, “Aku bisa menghadapinya,” atau “Semua akan berjalan baik,” dapat memberikan dukungan yang diperlukan.

Mantra memungkinkan pikiran untuk berkonsentrasi pada satu pemikiran yang positif atau membangkitkan semangat, yang membantu mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang membingungkan atau menyebabkan kecemasan.

Nah, kamu harus tahu, Pikiran Negatif Memicu Gangguan Mental, Kok Bisa?

3. Fokus pada masa kini

Fokus pada keadaan saat ini dapat membantu kamu menghadapi dan menerima hal-hal yang berada di luar kendali. 

Ini juga membantu kamu menyadari bahwa tidak mungkin mengubah masa lalu dan masa depan masih harus dijalani, sehingga terus memikirkannya hanya akan sia-sia. 

Namun, bukan berarti kamu tidak memperhatikan apa yang terjadi di masa lalu atau memperhitungkan apa yang akan terjadi di masa depan. 

Cobalah untuk bernapas dalam-dalam, fokus dan refleksikan perasaan kamu untuk saat ini.

4. Berolahraga

Rutin berolahraga memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental, dan menjadi alat yang berguna saat mengalami episode pikiran yang berpacu. 

Ketika pikiran mulai terasa terlalu cepat dan gelisah, melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, jogging, atau bahkan latihan ringan dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dan menenangkan pikiran yang terlalu aktif. 

Selain memberikan manfaat fisik, olahraga juga membantu mengalihkan perhatian dari pikiran yang memicu kegelisahan dan merasakan koneksi yang lebih baik dengan tubuh.

Selain langkah di atas, penting untuk mencari bantuan profesional jika mengalami banyak pikiran yang semakin mengganggu kehidupan kamu sehari-hari.

Kamu juga perlu baca: “Jangan Samakan, Ini Bedanya Khawatir dan Kecemasan“.

Hubungi Psikolog Ini untuk Jadi Teman Curhat Atasi Banyak Pikiran

Jika pikiranmu yang berlebih tak kunjung dapat diatasi, mungkin saatnya untuk mencari dukungan dan konseling yang tepat. 

Kamu dapat mencari bantuan dengan menghubungi daftar psikolog yang menjadi pendengar yang baik dan siap membantu kamu. 

Tidak perlu ragu untuk berbicara terbuka kepada seorang psikolog tentang keluhan yang kamu alami.

Kamu bisa menghubungi daftar psikolog yang berpengalaman dan telah mendapat ulasan positif dari pasien sebelumnya yang mereka tangani. 

Berikut adalah daftar psikolog yang mungkin bisa membantu: 

1. Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog

Kamu dapat berkonsultasi dengan Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, yang merupakan lulusan Universitas Mercu Buana pada tahun 2014 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada tahun 2019. 

Saat ini, Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, berpraktik di daerah Tangerang Selatan, Banten, dengan pengalaman praktiknya selama 4 tahun, kamu dapat membuat janji konseling melalui layanan Halodoc jika kamu memerlukan pendengar yang penuh perhatian. 

Selain itu, ia menyediakan layanan konseling yang berfokus pada berbagai aspek kehidupan seperti hubungan dan keluarga, gangguan kecemasan, serta berbagai masalah kesehatan mental lainnya.

Chat Indah Sevti Wardani S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 80.000,- di Halodoc.

2. Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, ahli psikologi lulusan Universitas Brawijaya pada tahun 2013 dan telah mendapatgelar magister di Universitas Indonesia pada tahun 2018. 

Saat ini, Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, aktif berpraktik di daerah Bekasi, Jawa Barat, dan aktif sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). 

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, kamu dapat mengatur jadwal sesi konseling dengan Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, melalui layanan Halodoc

Chat Annisa Prasetyo Ningrum S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rp 55.000,- di Halodoc

Kamu perlu tahu: Pantang Menyerah, Ini 8 Tips Mengembangkan Pikiran Optimis.

3. Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog

Selanjutnya, ada Munazilah S.Psi, M.Psi, seorang psikolog yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada tahun 2015 dan gelar magister di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2019.

Munazilah S.Psi, M.Psi, berpraktik di beberapa wilayah, termasuk Semarang, Jakarta Pusat, dan Depok, dan juga aktif sebagai anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). 

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, kamu dapat mengatur jadwal sesi konseling dengan Munazilah S.Psi, M.Psi, melalui layanan Halodoc yang berkaitan dengan aspek psikologis.

Chat Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. Adisti Natalia M.Psi, Psikolog

Pilihan psikolog berikutnya adalah Adisti Natalia M.Psi, Psikolog, ia merupakan alumnus Universitas Gunadarma pada tahun 2015 dan memperoleh gelar profesi psikolog pada tahun 2020 dari universitas yang sama. 

Saat ini, Adisti Natalia M.Psi, Psikolog, membuka praktik di daerah Bekasi dan merupakan anggota aktif Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia.

Dengan pengalaman selama 4 tahun di bidangnya, Adisti Natalia M.Psi, Psikolog, siap memberikan layanan konsultasi psikologi melalui platform Halodoc mengenai berbagai masalah psikologis.

Chat Adisti Natalia M.Psi, Psikolog Mulai dari Rp 70.000,- di Halodoc.

5. Linota Dasril Mamayo S.Psi, M.Psi, Psikolog

Berikutnya, terdapat Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi yang telah menyelesaikan studi psikologi di Universitas Gunadarma pada tahun 2014 dan mendapatkan gelar profesi psikolog pada tahun 2020 dari universitas yang sama. 

Saat ini, Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi, menjalankan praktiknya di wilayah Depok dan masih aktif sebagai anggota Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia.

Dengan pengalaman selama 4 tahun di bidangnya, Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi, mampu memberikan layanan konsultasi psikologi melalui platform Halodoc mengenai berbagai topik masalah psikologis

Chat Linota Dasril Mamayo, S.Psi, M.Psi Mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi banyak pikiran, serta rekomendasi psikolog yang bisa kamu hubungi.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter yang tersedia 24/7 melalui layanan Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kamu juga bisa merasa tenang karena privasi kamu terjamin aman.

Tidak perlu tunggu lebih lama, manfaatkan layanan Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi kesehatan yang lebih mudah dan cepat!

Referensi:

Psychology Today. Diakses pada 2024. 5 Ways to Stop Your Racing Thoughts.
Medical News Today. Diakses pada 2024. How to Stop Racing Thoughts.
Healthline. Diakses pada 2024. Racing Thoughts: What to Do When Your Mind Is Racing.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan