Kondisi yang Dapat Menyebabkan Cardiac Arrest atau Henti Jantung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2023

“Cardiac arrest adalah suatu kondisi saat segala aktivitas jantung terhenti secara tiba-tiba karena ritme jantung yang tidak beraturan. Kondisi ini mayoritas terjadi karena dampak penyakit jantung, namun juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lain.”

Kondisi yang Dapat Menyebabkan Cardiac Arrest atau Henti JantungKondisi yang Dapat Menyebabkan Cardiac Arrest atau Henti Jantung

DAFTAR ISI

Kondisi Kesehatan Penyebab Cardiac Arrest


Halodoc, Jakarta – Cardiac arrest atau henti jantung adalah suatu kondisi saat segala aktivitas jantung terhenti secara tiba-tiba karena ritme jantung yang berjalan seperti seharusnya.

Ketika hal ini terjadi, pernapasan akan terhenti dan seseorang akan kehilangan kesadaran. Maka dari itu, henti jantung bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapat penanganan segera.

Cardiac arrest bisa terjadi karena banyak penyebab, mayoritasnya adalah permasalahan jantung yang bisa berdampak pada ritme jantung. Beberapa kondisi tersebut misalnya ventrikel takikardi atau detak jantung yang terlalu cepat, bradikardi atau detak jantung terlalu lambat, dan ventrikel fibrilasi.

Kondisi Kesehatan Penyebab Cardiac Arrest

Mayoritas penyakit yang bisa menyebabkan henti jantung adalah penyakit serius yang memiliki risiko kesehatan yang tinggi, seperti:

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang umum terjadi. Penyebab kondisi ini adalah penumpukan kolesterol di dalam tubuh menjadi sebuah lapisan plak.

Kemudian, lapisan kolesterol ini akan mempersempit dinding arteri sehingga peredaran darah akan sulit.

Ini adalah proses yang bernama atherosclerosis. Ketika darah sudah terhambat dan tidak bisa mengalir, jantung akan terhenti dan menyebabkan cardiac arrest

2. Serangan jantung

Penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan serangan jantung. Nah, serangan jantung kemudian bisa kemudian memicu henti jantung. Ingat, dua kondisi ini ternyata tidak sama dengan henti jantung, meski banyak orang mengira seperti itu.

Serangan jantung terjadi saat darah tidak bisa mengalir ke jantung karena ada hambatan.

Sementara itu, henti jantung adalah hal yang terjadi ketika seseorang mengalami serangan jantung. Penyebab henti jantung itu sendiri adalah perubahan ritme jantung, bukan penyumbatan darah.

3. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah sebutan untuk penyakit jantung yang terjadi ketika otot yang melapisi dinding jantung tertarik hingga menjadi lebih tipis atau menjadi lebih tebal.

Kondisi ini terjadi karena adanya kebocoran atau penyempitan katup jantung. Ketika seseorang mengalami kardiomiopati, ritme hati memiliki risiko untuk berubah menjadi abnormal dan memicu cardiac arrest. 

4. Sindrom Long QT

Kondisi kesehatan tertentu yang tidak berhubungan dengan jantung juga bisa menyebabkan henti jantung terjadi. Salah satunya adalah sindrom Long QT.

Ini adalah suatu kelainan jantung yang menyebabkan ritme jantung menjadi lebih cepat dan tidak beraturan.

Jika hal ini terjadi dan penangannya tidak cepat, pengidap kelainan ini bisa mengalami henti jantung secara tiba-tiba. 

5. Pengobatan untuk sakit jantung

Dalam kondisi tertentu, obat penyakit jantung yang seharusnya mengobati ritme jantung yang tidak normal (aritmia) malahan bisa menyebabkan kondisi yang sama. Ini yang dokter sebut dengan efek proaritmik.

Selain itu, obat yang menyebabkan perubahan jumlah potasium dan magnesium yang drastis bisa menyebabkan henti jantung. Untuk menghindari komplikasi ini, kamu bisa mencari tahu tentang Metode Pengobatan pada Pengidap Aritmia.

6. Overdosis narkoba

Selain penyakit, overdosis narkoba juga bisa menjadi sebab cardiac arrest. Penggunaan narkoba jenis tertentu seperti kokain, marijuana, dan metamfetamin bisa mempercepat detak jantung.

Cardiac arrest atau henti jantung bisa sangat berbahaya apabila dibiarkan. Kamu bisa hubungi Dokter Spesialis Ini yang Bisa Bantu Penanganan Cardiac Arrest

Selain itu, narkoba seperti heroin dan opioid bisa memperlambat detak jantung. Ketika seseorang mengonsumsinya dalam jumlah banyak, henti jantung dapat terjadi dan menyebabkan kematian.

Itulah beberapa kondisi kesehatan yang bisa memicu terjadinya cardiac arrest. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang kesehatan jantung, jangan ragu untuk segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Heart.org. Diakses pada 2023. Causes of Cardiac Arrest
MayoClinic. Diakses pada 2023. Sudden cardiac arrest
CDC. Diakses pada 2023. Coronary Artery Disease
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2023. Mengenal Long QT Syndrome
NHS. Diakses pada 2023. Cardiomyopathy

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan