Kondisi Kesehatan yang Dapat Sebabkan Barrel Chest

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juni 2023

“Pengidap penyakit osteoarthritis, PPOK, emfisema, fibrosis kistik, dan asma kronis memiliki risiko mengalami barrel chest. Ini adalah kondisi yang menyebabkan dada dan tulang rusuk seseorang membesar seperti sedang mengambil napas panjang.”

Kondisi Kesehatan yang Dapat Sebabkan Barrel ChestKondisi Kesehatan yang Dapat Sebabkan Barrel Chest

Halodoc, Jakarta – Barrel chest adalah kondisi yang terjadi saat dada seseorang terlihat membesar seperti tong atau barrel. Seseorang dengan kondisi ini juga memiliki tulang rusuk yang meluas seperti sedang mengambil napas panjang. Pengidapnya cenderung mengalami masalah pernapasan karena masalah barrel chest.

Meski sebutan “barrel chest” sering diberikan pada individu dengan dada yang bidang, sebenarnya dalam dunia medis kondisi ini terjadi karena berbagai masalah kesehatan. Simak berikut ini untuk mengetahui apa saja penyakit yang bisa menjadi penyebabnya!

Kondisi Kesehatan yang Bisa Menyebabkan Barrel Chest

Dalam dunia medis, barrel chest merupakan gejala atau dampak dari beberapa penyakit serius, antara lain:

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit yang umumnya terjadi secara gradual pada lansia. Sama seperti jenis arthritis lainnya, penyakit ini menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di ujung tulang. Kondisi ini paling sering terjadi di tulang belakang, tangan, pinggul, dan lutut. 

Kondisi ini bisa memicu terjadinya barrel chest jika tempat terjadinya osteoarthritis adalah area tulang rusuk, khususnya pada bagian pertemuan dengan tulang belakang. Gejala yang paling umum terjadi adalah sendi di tulang menjadi kaku dan kehilangan fleksibilitasnya. Akhirnya, tulang rusuk mungkin akan tampak seperti membesar ke luar.

2. Penyakit paru obstruktif kronis 

Barrel chest umumnya merupakan dampak dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Ini adalah penyakit pernapasan kronis yang terbagi lagi menjadi beberapa jenis penyakit khusus. Kondisi ini tergolong dalam penyakit yang serius karena pengidapnya akan mengalami kesulitan bernapas.

PPOK bisa merusak paru-paru dengan beberapa cara, yaitu: 

  • Kerusakan terjadi pada dinding alveolus, bagian terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
  • Saluran napas paru-paru mengalami iritasi dan pembengkakan.
  • Terdapat produksi mukus secara berlebih sehingga menghambat saluran pernapasan.
  • Pada kasus yang parah, paru-paru kehilangan elastisitasnya dan terjadi hiperinflasi.

Beberapa kerusakan ini kemudian dapat menyebabkan dada membesar untuk membantu pengidap bernapas. Paru-paru bagian diafragma tubuh juga bisa berubah secara ketebalan dan kekuatannya. 

3. Emfisema

Emfisema merupakan salah satu contoh jenis penyakit PPOK yang bisa menyebabkan dada terlihat meluas. Paru-paru pengidap emfisema akan terus membesar dengan masuknya udara, sehingga memberi penampilan dada seperti bentuk tong. 

Biasanya, pengidap penyakit ini mengalami beberapa gejala umum seperti batuk kronis dan juga sesak napas setelah beraktivitas fisik. Namun beberapa gejala lain juga bisa pengidap alami, seperti sulit menghela napas, tingginya kadar karbon dioksida dalam darah, sering sesak napas, dan kemampuan olahraga terbatas.

4. Fibrosis kistik

Pada anak-anak, dada barel mungkin merupakan gejala cystic fibrosis atau fibrosis kistik. Ini adalah kondisi genetik turunan yang menyebabkan lendir menumpuk di organ-organ di seluruh tubuh, salah satunya paru-paru.

Ketika terjadi penumpukan, lendir di paru-paru ini dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan paru-paru. Pada kasus tertentu lendir juga menyebabkan barrel chest. 

Penyakit ini tidak dapat sembuh secara total, namun sejauh ini terdapat Penanganan Medis untuk Mengatasi Cystic Fibrosis yang bisa kamu cari tahu lebih lanjut.

5. Asma kronis

Anak-anak yang memiliki kasus asma akut cenderung lebih rentan mengalami masalah dada yang meluas. Kondisi ini bisa terjadi karena inflamasi pada pengidap asma akan menyempitkan saluran pernapasan paru-paru. Sehingga, individu tersebut sulit bernapas. Ketika saluran pernapasan tersumbat, paru-paru bisa mengalami hiperinflasi dan menjadi lebih besar.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan barrel chest. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan atau keluhan tentang kondisi ini, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What’s to know about barrel chest?.
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Barrel Chest and What Causes It?.
NHS. Diakses pada 2023. Cystic fibrosis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan