Khasiat, Manfaat, dan Kandungan yang Terdapat dalam Jeruk Purut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juni 2023

“Jeruk purut adalah jenis buah yang sering digunakan banyak orang ketika memasak dan untuk kesehatan. Manfaatnya antara lain untuk memperlancar pencernaan, mendetoks darah, dan mengurangi stres.”

Khasiat, Manfaat, dan Kandungan yang Terdapat dalam Jeruk PurutKhasiat, Manfaat, dan Kandungan yang Terdapat dalam Jeruk Purut

Halodoc, Jakarta – Jeruk purut atau tanaman dengan nama latin Citrus hystrix adalah jenis buah sitrus yang sudah terkenal di penjuru dunia. Buah ini tumbuh di negara-negara tropis Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Bentuknya cukup kecil, berwarna hijau, dan ketika kamu makan akan terasa asam.

Buah ini memiliki rasa yang khas, sehingga banyak orang gunakan dalam dalam makanan dan minuman. Selain itu, aromanya juga segar sehingga juga banyak digunakan sebagai produk perawatan tubuh dan pewangi. 

Selain memberikan cita rasa yang segar, jeruk purut juga memiliki sejumlah khasiat, manfaat, dan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Simak manfaat jeruk purut yang bisa kamu dapatkan berikut ini!

Kandungan dalam Buah Jeruk Purut

Jeruk purut mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa zat yang terkandung dalam buahnya:

  • Vitamin C.
  • Folat.
  • Minyak atsiri sitronelal.
  • Serat.
  • Mineral seperti potasium, kalsium, zat besi, zinc, dan magnesium.
  • Senyawa aromatik seperti limonen dan sineol.
  • Vitamin A.
  • Antioksidan seperti karoten dan xanthin.
  • Vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, pyridoxine, dan riboflavin.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Purut

Berbagai bagian tanaman jeruk purut mulai dari daun, buah, hingga minyaknya telah banyak orang-orang gunakan untuk berbagai tujuan berbeda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiatnya:

1. Memperlancar pencernaan

Jenis jeruk ini kaya akan serat dan asam sitrat. Kedua komponen ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa menstimulasi kerja sistem pencernaan sehingga bisa mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Sementara itu, asam sitrat bisa membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi. Tak hanya itu, limonen yang terkandung di dalam buah bisa meningkatkan motilitas intestinal tubuh.

Jadi kalau kamu sedang mengalami masalah pencernaan, kamu bisa mengonsumsi jeruk purut untuk memperlancar perjalanan makanan hingga bisa tercerna.

2. Mendetoksifikasi darah

Minyak di dalamnya sering dicampur ke obat-obatan tradisional atau modern bagi pengidap penyakit yang berkaitan dengan darah. Ini karena tanaman ini memiliki komponen-komponen yang bisa membunuh patogen atau agen-agen yang asing di dalam darah sehingga bisa kembali sehat.

Tanaman ini juga bisa membantu hati dan limfa untuk menyaring zat-zat berbahaya yang bisa merusak kesehatan.

3. Jeruk purut mampu mengurangi inflamasi

Jeruk purut mengandung senyawa-senyawa antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Senyawa seperti limonen, sitronelal, dan sineol yang terdapat dalam jeruk purut dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh dan membantu meredakan gejala peradangan. Karena sifatnya antiinflamasi, buah ini juga bisa mengurangi risiko infeksi.

4. Jeruk purut dapat mendorong sistem imun

Vitamin C di dalam jeruk purut menjadi salah satu antioksidan yang paling penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untungnya, jenis jeruk ini sangat tinggi akan vitamin C, sehingga dapat membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang bisa melawan infeksi. 

Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, serta melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa mencari tahu soal Manfaat Vitamin C yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah.

5. Mengurangi stres

Aroma jeruk purut yang khas telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda asal India untuk menenangkan otak dan mengurangi stres.

Seseorang yang mencium aromanya bisa merasakan efek menyegarkan yang meningkatkan mood. Buah ini juga bisa menjadi aromaterapi yang dapat membantu mengurangi kecemasan serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Itulah kandungan yang ada di dalam jeruk purut dan khasiatnya untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaat dari tanaman ini, kamu bisa membeli vitamin atau suplemen dengan ekstraknya melalui aplikasi Halodoc

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthier Steps. Diakses pada 2023. Kaffir Lime Nutrition
Mae Jum. Diakses pada 2023. Get to know: Thai Kaffir Lime
Nutrition and You. Diakses pada 2023. Kaffir lime leaves

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan