Ketahui Teknik Gaya Renang Kupu-Kupu yang Benar

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 September 2022

“Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan gaya renang kupu-kupu. Mulai dari posisi tubuh, gerakan tangan, hingga cara menarik napas.”

Ketahui Teknik Gaya Renang Kupu-Kupu yang BenarKetahui Teknik Gaya Renang Kupu-Kupu yang Benar

Halodoc, Jakarta – Hingga saat ini terdapat beberapa jenis gaya atau teknik dalam olahraga renang. Salah satunya adalah gaya kupu-kupu, yang merupakan variasi dari renang gaya dada. Namun, gaya renang ini dinilai menjadi yang tersulit jika dibandingkan dengan gaya renang lain. 

Pasalnya, gaya renang kupu-kupu juga memerlukan kekuatan kaki dan tangan yang prima, sekaligus pernapasan yang stabil. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba teknik gaya renang yang satu ini, sebaiknya ketahuilah tekniknya yang benar. Penasaran bagaimana gerakannya? Yuk, ketahui ulasannya di sini! 

Teknik Gaya Renang Kupu-Kupu yang Benar

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan gaya renang kupu-kupu. Mulai dari posisi tubuh, gerakan tangan, hingga cara menarik napas. 

1. Posisi Tubuh 

Posisi tubuh untuk teknik gaya renang kupu-kupu serupa dengan gaya dada dan bebas. Di mana kepala perenang akan menghadap ke permukaan air. Nah, ketika melakukan teknik renang kupu-kupu, kamu perlu memposisikan dagu pada permukaan air. Kemudian, saat kepala berada di dalam air, bagian pinggul tubuh akan terangkat ke atas. 

Namun, bilamana kepala berada di permukaan air, posisi pinggul akan turun ke bawah. Posisi tubuh saat menjalani gerakan gaya kupu-kupu ini akan menimbulkan kesan seperti membentuk sebuah gelombang. Di mana posisi dada akan menghadap ke permukaan air. Nantinya, gelombang tersebut yang berlanjut ke kaki akan terlihat seperti kibasan ekor lumba-lumba. 

2. Gerakan Tangan 

Penting untuk diketahui bahwa gerakan tangan pada gaya renang kupu-kupu memerlukan kedua tangan untuk direntangkan di depan tubuh. Nah, ketika kamu akan menggerakan kedua tangan, posisinya harus selebar bahu dengan siku ditekuk dan lebih tinggi dibandingkan tangan. 

Kemudian, gerakan tangan ke bawah, lalu diputar ke luar, sehingga membentuk gerakan yang menyerupai huruf Y di depan tubuh. Kamu perlu mengusahakan untuk senantiasa menjaga siku lebih tinggi, dibandingkan tangan. Setelahnya, putar tanganmu ke atas dan belakang. Ketika melakukan gerakan tangan ini, usahakan juga untuk tidak menurunkan pinggul agar tubuh tetap dekat dengan air. 

3. Gerakan Kaki 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau gerakan kaki atau tendangan dalam gaya renang kupu-kupu menyerupai kibasan ekor lumba-lumba. Gerakan kaki ini perlu dilakukan dari pinggul, dan pastikan untuk melakukannya dengan sekuat tenaga. Sebab, gerakan kaki yang kuat dapat mendorong tubuh ke depan, dengan lebih cepat. 

Selain itu, gerakan kaki juga harus dilakukan bersamaan dengan gerakan tangan saat masuk ke dalam air. Untuk melakukannya, posisi lutut kaki perlu ditekuk sedikit. Jika diperhatikan, gerakan kaki gaya kupu-kupu hampir sama dengan gerakan kaki gaya bebas, yaitu bergerak naik turun secara vertikal. 

4. Cara Menarik Napas 

Cara menarik napas pada gaya renang kupu-kupu dilakukan dengan mengangkat kepala keluar dari dalam air. Sementara itu, posisi dagu perlu di atas permukaan air. Alih-alih dengan hidung, usahakan untuk menarik napas dengan menggunakan mulut. Kemudian, buanglah napas di dalam air, melalui mulut serta hidung. 

Manfaat Gaya Renang Kupu-Kupu

Meski sulit untuk dilakukan, nyatanya ada beberapa manfaat tehnik renang kupu-kupu, seperti: 

  • Dapat membakar kalori sekitar 450 kkal selama 30 menit berenang. 
  • Efektif mengencangkan dan membangun otot bagian atas. Khususnya dada, perut, lengan, dan otot punggung. 
  • Mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga diyakini dapat memperbaiki postur. 

Itulah penjelasan mengenai teknik gaya renang kupu-kupu yang benar. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar olahraga renang, atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang tepat. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Kompas. Diakses pada 2022. Renang Gaya Kupu-kupu: Pengertian, Sejarah, dan Teknik. 
Swimming.org. Diakses pada 2022. The best swimming stroke for weight loss. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan